Cerita Dari Foto Instagram #5


bdse5fulbqg.jpg
Credit Daniel Mashudi

Mungkin kalian bakal gak percaya kalau hampir semua foto ini dijepret dengan kamera smartphone. Iya, teman-teman Newmont Bootcamp yang ke Buyat kali ini berkesempatan melihat keindahan daerah sekitar Teluk Buyat di Minahasa.

Banyak sekali yang bisa kami temukan disini mulai dari potret kerukunan antar umat beragama hingga kehidupan para nelayan pasca Tambang Newmont Minahasa Raya.

Nah beberapa foto teman teman inilah yang menggambarkan Teluk Buyat saat ini, apa yang mereka dapatkan saat mengeksplorasi kecamatan Ratatotok, Minahasa, Sulawesi Utara.

Simbol kerukunan umat beragama dengan dua bangunan ibadah yang bertetangga. Masjid An-Namira dan Gereja Masehi Injil di Pantai Lakban

wp-1459634946898.jpeg
Credit Raiyani Muharramah

 

image

Bukit Kasih, Bukit Harapan dengan simbol berupa salib dan menara masjid bulan sabit. Di puncak bukit inilah kami bisa mengabadikan sunrise.

image

image
Credit Daniel Mashudi
wp-1459634857298.jpeg
Credit Arif Rahman

Teluk Buyat Minahasa

 

wp-1459634865302.jpeg
Credit Raiyani Muharramah
image
Credit Raiyani Muharramah

 

wp-1459634979357.jpeg
Cerdit Raiyani Muharramah

Gimana? Keren keren kan hasil fotonya. Foto saya disini tanpa caption. Semua menggunakan kamera ponsel dengan aplikasi edit sederhana. Handphone yang digunakan ada iPhone6, Xiaomi, LG dan saya gunakan Himax Octa Core dan Xiaomi Yi.

Ini hanya teaser saja. Beberapa memang belum dikeluarkan oleh teman teman. Kegiatan mengunjungi Teluk Buyat ini menjadi salah satu program Newmont Minahasa Raya untuk menunjukkan pada kami hasil reklamasi.

Baca juga Seperti Apa Perjalanan Peserta Newmont Bootcamp ke Manado?

Para peserta ini gabungan antara Newmont Bootcamp Batch IV dan Batch V yang pernah mengunjungi Tambang Batu Hijau di Sumbawa.

Nah, Tambang Minahasa Raya ini sudah berhenti beroperasi sejak tahun 2005. Kami diajak melihat dampak lingkungan hingga dampak sosial pasca tambang.

Satu hal yang menjadi salah satu prestasi Newmont Minahasa Raya adalah reklamasi hutan dari area bekas tambang kini menjadi satu satunya di dunia yang berhasil dijadikan sebagai kebun raya. Sebagai infrormasi, tim penilai dari Pemerintah pun memberikan nilai skala 1-100 dengan nilai 93 untuk hasil reklamasi hutan bekas tambangnya.

Lalu bagaimana kondisi teluk Buyat tempat penempatan tailing yang dianggap mencemari lingkungan dan mengurangi tangkapan nelayan?

Simak kisahnya nanti ya🙂

Manado, 3 April 2016

11 thoughts on “Cerita Dari Foto Instagram #5

  1. disana pemandanganya indah, plus langit dan cuacanya bagus jadi mendukung kamera ponsel kita menangkap gambar-gambar cantik. saya pakai Xiaomi Redmi Note 3. nice writing. Gak kepikiran ide nya. hahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s