Food Truck Festival SDC Menyajikan Kuliner Unik Barat dan Timur


Akhir tahun 2014 yang lalu saya tidak sempat untuk datang ke acara Food Truck Festival yang berlangsung di Summarecon Digital Center (SDC), Tangerang. Untunglah SDC kembali menyelenggarakan acara serupa dengan mengusung tema “Digitalicious” yang dihelat dari tanggal 27 Meret hingga 5 April 2015 di lapangan parkir Utara SDC.

Yang menarik adalah ketika kita masuk ke area Food Truck Festival Digitalicious 2015 (FTF), sebuah gapura besar dan unik berbentuk headphone raksasa ditempatkan baik di sisi barat maupun sisi timur sebagai akses masuk dan keluar. Yang unik dari gapura tersebut, headphone raksasa tersebut bukan sekedar hiasan, tetapi juga bisa mengeluarkan suara dari performance band yang sedang berlangsung di panggung utama.

Kali ini seperti biasa saya mengajak anak dan istri saya untuk menikmati kuliner asal dari dua budaya yang berbeda, Barat dan Timur yang berkumpul semuanya di FTF SDC Tangerang. Tercatat ada 15 food truck yang menyajikan berbagai kuliner unik yang dijajakan dengan istimewa. Sebut saja beberapa diantaranya seperti Loco Mama, Amerigo, Food Stop Indo, Street Ramyun, Taco Truck, Retro Gourment, Jakarta Food Truck, Tobanco Coffee dan Road Chef berhias di lapangan parkir SDC dengan food truck uniknya masing-masing.

Food Truck ini memang cukup unik, awalnya berkembang di Amerika, kini food truck diadopsi dibeberapa negara termasuk di Indonesia. Beberapa kendaraan besar umumnya menggunakan truck bahkan bus medium yang dimodifikasi menjadi bak sebuah restauran berjalan. Didalamnya lengkap terdapat peralatan masak, sebuah etalase untuk menjajakan makanannya dan tempat kasir melayani pelanggan. Modifikasi ini tidak bisa sembarangan karena menyangkut keamanan.

sate.co
sate.co/share.america.gov

Salah satu kisah sukses chef asal Indonesia yang berjualan sate di Amerika dengan menggunakan food truck bahkan kabarnya hingga ke Indonesia. Dia adalah Martin Setiantoko yang berbisnis kuliner di Amerika dengan menggunakan Food Truck. Meskipun memiliki sebuah restauran, namun pendapatan terbesar ternyata berasal dari Food Truck. Kelebihannya, Food Truck inilah yang mencari pelanggan. Berbeda dengan sebuah restauran yang selalu dicari pelanggan. Konsep jemput bola benar-benar cocok diterapkan untuk konsep kuliner Food Truck.

Keseruan Food Truck Festival di SDC Serpong ditambah lagi dengan suguhan bagi para konsumen karena disajikan hiburan di panggung utama. Beberapa performance yang selalu ditunggu adalah IM Robot, DJ Performances dan beberapa musisi Indonesia yang ikut memeriahkan suasana FTF SDC Serpong. Ketika kami datang pada hari Jumat, 3 Arpil 2015 kebetulan yang mengisi hiburannya adalah Aron Ashab yang sudah dikerubuti para fansnya, yang juga akrab disebut ashabat, di depan panggung utama. Suasana sore itu sangat meriah karena didukung dengan cuaca yang sangat bersahabat.

Selain gelaran kuliner menggunakan Food Truck, ternyata ada beberapa acara yang sudah diselenggarakan sebelumnya seperti Eat Your Noodle Competition, Spectacular Fireworks, Community Meet Up, Lelang On The Spot iPhone 6 yang disajikan untuk memeriahkan penyelenggaraan Food Truck Festival 2015 di SDC Serpong.

Setiap Food truck memiliki sajian khas dan istimewa baik dari Eropa maupun modifikasi kuliner dari Timur. Ditambah lagi beberapa warna dan ornamen Truck yang sedap dipandang seperti The Roffie yang bersinar seperti matahari.

foodstop

Sajian khas dari Negeri Sakura pun tersaji di Food Truck Festival ini. Contohnya salah satu Food Truck Foodstop ini yang lengkap dengan ornamen ikan di samping kanan dan kiri sehingga kuat mencirikan khas Jepang.

tabanco

Penggemar kopi pun bisa mencicipi kopi fresh yang di giling langsung di tempat. Kenikmatannya sama dengan ketika kita menikmati kopi racikan di cafe. Memang kendaraan VW kombi sangat lekat dengan pelopor Food Truck. Selain antik, VW inipun cukup memiliki space yang cukup lega untuk memuat beberapa perkakas dan kebutuhan dapur food truck.

warungmie

Untuk sajian mie inilah yang jadi khas makanan favorit orang Indonesia. Dengan berbagai macam toping dan rasa disajikan secara istimewa dan tidak biasa. Sulit untuk mendapatkan kepedasan yang menggoda selera. Setiap orang yang melewatinya seperti tak sanggup untuk menolak membelinya.

kabab

Salah satu yang berbeda dari yang lain adalah Food Truck Gusto yang menyajikan makanan ala timur tengah dengan Kebabnya.  Karena berdekatan dengan tempat duduk yang saya tempati, saya sempat berbicara dengan pemiliknya. Ia mengaku sebagai keturunan Suriah dan memiliki ibu yang berasal dari Italia. Sehingga sedikit jauh perpaduan antara orang barat dan orang arab. Kasirnya sendiri orang Indonesia yang menikah dengannya.

kabab2

Karena menghidangkan sosis beef, saya pun memesan kebab dengan sosis beef. Maklumlah karena anak saya paling suka makan sosis. Roti kebabnya saya yang menghabiskan dengan saladnya.

cheegen

Sajian ayam pedas Chee Gen ini yang semakin malam semakin mengular antriannya. Food Truck yang digunakan semacam bus medium yang diubah menjadi warung makanan.

karameljuice

juice Karamel ini benar-benar godaan juga. selain aktif berpromosi juga bisa dijadikan sebagai teman minum sambil menunggu antrian. Dengan pilihan rasa dan aroma buah yang menyehatkan.

yogurt

Frozen Youghurt pun tak luput dari serbuan anak muda. Dengan modifikasi kudapan istimewa dan topping rasa yang berbeda sudah cukup banyak menarik minat anak muda untuk mencicipinya. Sajian unik dan menarik!

fatbelly

Yang paling juara Food Trcuknya dan makanannya FatBelly dengan black burgernya. Semua pengungjung rela mengular demi mendapatkan si-item. Saya yang membawa anak istri rasanya sudah tidak sanggup untuk mengantri lagi. Meskipun masih penasaran dengan black burgernya yang konon rasanya juara. Melihat antriannya yang mengular pun saya sudah merasa kenyang hehehe. Next time semoga bisa mencicipinya.

jktfoodtruck

Food Truck Jakarta FT ini paling nasionalis dilihat dari pemilihan warna. Putih Merah mengingatkan pada bendera Indonesia, Merah Putih.

blackjack

Salah satu saingan berat FatBelly untuk antriannya adalah BlackJack dengan sajian black burgernya. Untuk yang ini saya sempat mencicipinya.

taco

Sajian khas Italia, Taco pun hadir di SDC Food Truck Fest. Lokasinya sangat strategis karena berada di sisi kanan panggung utama.

sabusabu

Salah satu ikon food truck adalah VW kombi yang unik ini. tak kenal apa yang di jual baik itu makanan atau minuman tetap mobilnya VW kombi yang antik dan unik.

miras

Salah satu istilah-istilah kreatif seperti yang diterapkan oleh Sukatman ini memang salah satu strategi untuk menarik pengunjung terutama dari kalangan anak muda.

gusto

Inilah salah satu Kebab yang saya pilih, Gusto yang menyajikan masakan timur tengah. Siapa yang tak mau di layani oleh bule-bule ganteng, walhasil selain saya ada juga beberapa ibu ibu yang antri dengan sabar makanan disajikan fresh dari tempat panggang.

gusto

gustokompastv

Karena penjualnya bule Suriah campuran Italia, termasuk unik dan menjadi salah satu bahan liputan KompasTV yang saat itu langsung mewawancari pemiliknya. Untuk sesi wawancara ini bahkan pesanan sempat dihentikan beberapa saat karena mereka juga manfaatkan untuk sementara break karena pesanan yang tak kunjung habis dan terus menerus berdatangan.

Tidak hanya makanan barat yang lebih banyak digandrungi anak muda, dalam Food Truck Festival di SDC Sepong ini juga tetap menyejikan kuliner khas Indonesia seperti sate, lekker, kue cubit, baso, asinan hingga nasi ulam. Pembelinya juga sama ramainya hingga harus sampai bersabar untuk antri.

sate

Salah satu sajian tradisional favorit di SDC adalah sate blok S. Antrian sate ini mengular hingga gate gapura SDC di pintu utama.

esdoger

Kesegeran es doger tak ada yang bisa menolaknya terutama disaat cuaca sedang panas-panasnya.

lekker

lekker yang terus menerus dikerubuti oleh pembeli muda. Sajian topping yang unik menjadi salah satu kunci sukses menimbulkan antrian.

ice cream

basosapi

asinan

nasiulam

bakmi

pisang

Seperti biasanya pengunjung bisa memilih tempat duduk yang telah disediakan. Baik dalam bentuk kursi dengan model cafe maupun bangku bangku panjang yang bisa memuat lebih banyak orang. semakin malam semakin sedikit tersedia bangku kosong karena sangat ramai dipadati pembeli dari sekitar Gading Serpong dan Tangerang.

pengunjung

karamelpengunjung

blackburger

Salah satu yang berbeda adalah truck yang memboyong bioskop mini 4D yang menghadirkan film film pendek. Saya di akhir akan pulang sempat mencoba dengan anak saya. Film yang dipilih adalah roller coaster. Efek semprotan angin dan air berbaur mengikuti efek video dan irama gesekan roda kereta meliuk liuk dengan kursi yang bergerak naik turun. Anak saya sangat excited karena ini merupakan pengalaman pertama kalinya menyaksikan langsung film 4D.

bioskop4D

burger

Salah satu sajian unik, Black Burger.

siomay

sukatman

pengunjung

Berapa pengunjung tampak menikmati sore mereka di kawasan parkir SDC Serpong.

sate

nasduk

kebabsyiria

kerupukasinan

rujakbumarla

keripik

Kerikip keju non Cholesterol ini salah satu sajian yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh. Untuk ukuran tas plastik bersar ini dibandrol hingga 45 ribu rupiah.

perform

selain disuguhi dengan berbagai sajian istimewa nan unik para pengunjung juga di hibur dengan live musik.

wideangle

Suasana keramaian Food Truck Festival di SDC Serpong yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

senjaftf

Senja sore menemani kami semua di SDC Srpong.

drone

Kamera Drone yang berputar putar di angkasa menyajikan tampilan video yang mengesankan. hasilnya bisa kita lihat di layar panggung utama.

bca

Sponsorship yang sangat membantu para pelanggan karena tersedia ATM Truck yang langsung bisa digunakan oleh para nasabah. Pembeli yang menggunakan kartu flazz pun mendapatkan bonus Rp. 10.000 untuk sekali transaksi.

xl

Promo yang menguntungkan konsumen seperti yang dilakukan XL dengan mengobral kartu perdana 4G LTE dengan kapasitas kuota internet 5GB yang dijual setengah harga dari 100 ribu menjadi 50 ribu rupiah saja. Pendaftarannya pun dapat langsung dilayani on the spot untuk migrasi kartu dari 3G ke 4G LTE. Cepat, Mudah, dan Murah.

taman

Salah satu wahana alami yang berada di tengah-tengah kota, Scientia Square Park tepat berada di belakang SDC Serpong. Untuk memasukinya para pengunjung dikenakan biaya Rp 50.000, namun karena masih promo sehingga dikorting sampai dengan setengah harganya. Harga yang sangat worthed dengan fasilitas yang disajikan.

uangtransaksi

Semua transaksi di gunakan dengan memakai uang kertas seperti uang monopoli pecahan 1000, 5000, 10.000, dan 20.000.

sdcftf

Suasana malam yang semakin hangat karena didukung dengan cuaca yang cerah.

robot

Penampilan ImRobot yang mengecoh penontonnya. gerakannya benar-benar seperti robot aslinya.

ashab

Penampilan salah satu artis ibukota Aaron Ashab yang sudah ditunggu oleh penggemarnya sejak sore hari. Bahkan ada sesi meet and greet bareng Aaron Ashab berserta para fansnya sebelum pertunjukan. Beberapa lagu pun dinyanyikan dan ditutup dengan lagu andalannya “Lambaikan tangan ke kamera”.

sdc1

SDC Serpong yang merupakan Mall Penyedia alat-alat gadget, laptop, dan assesorisnya menjadi salah salah satu magnet baru di kawasan Tangerang. Konsep Mall yang berbeda karena didalamnya terdapat beberapa fasilitas seperti lapangan futsal indoor, hingga taman bermain yang sangat memanjakan pengunjungnya.

balap1

Setiap sudut taman sudah disedikana air mineral dan gelas-gelas yang dapat dipakai secara free. Anak-anak bisa bermain sambil belajar di SSP ini. Untuk memacu adrenaline ada track balap radio control dan motocross. Ini salah satu pertunjukan yang menarik karena bisa melihat mobil mobil radio control memacu kecepatan dan kegesitannya di jalur balapan.

balap2

Meloncat, bermanuver hingga terpelanting, membuat penontonnya pun ikut merasakan deru kecepatan mobil mobil kecil ini.

kolamikan

Konsep alam yang dipadukan dengan modernitas sangat mencolok terlihat disini. Serasa ada kampung di tengah kota. kolam pembibitan ikan ini menjadi salah satu ciri khas desa yang lekat dengan air.

kupukupu

Di taman ini pula pengunjung bisa melihat langsung proses metamorfosis ulat menjadi kempmpong kemudian menjadi kupu-kupu yang cantik. Proses belajar bisa disaksisakan langsung. SSP bisa dijadikan tempat bermain sekaligus belajar sains. Salah saatunya adalah taman kupu-kupu ini yang dibangun dengan cukup menarik.

kupu

Salah satu jejeran kempmpong yang tengah menetas dan sudah kering karena sudah berubah menjadi kupu-kupu yang cantik. Ada sekitar 18 jenis kupu-kupu yang dikembang biakkan di SSP ini.

sawah

Tak bohong jika SSP benar-bernar sebagai tempat rekreasi sambil belajar yang cukup lengkap. Lihat saja keberadaan sawah dan kerbau ini. Sangat langka bisa melihatnya berada di tengh kota dan gedung tinggi.

sawah2

sawah2

taman

Taman pun dibangun dengan sangat baik sehingga pengunjung bisa menikmatinya. Semua tertata dengan rapih dan nyaman.

shaun

tamanmalam

ayunan

Wahana permainan yang aman dan nyaman serta banyak pilihan.

jungkatjungkit

lihatlah anak saya pun mencoba semua permaian dengan gembira dan riang.

wallclimbing

Wall ini pun tak luput dari percobaannya. Semua anak-anak pasti suka memanjat, dan di SSP inilah mereka bisa belajar bagaimana memanjat dengan aman dibantu oleh beberapa instruktur yang sudah berpengalaman.

skate

Area skate ini tak perah sepi dari deru roda roller blade dan skateboard. Lalu lalang mereka menjadi tontonan yang menarik bagi pengunjung yang melihatnya.

skate1

skatemeja

Bahkan yang menggunakan skate tangan pun disedikan meja dengan rintangan yang mirip dengan aslinya. Mereka begitu menikmati permainnya dengan menunjukkan masing-masing keahliannya mengolah papan luncur berroda ditangannya.

counterhp

Toko gadget dan assesorisnya lengkap tertata rapi di SDC Serpong yang sudah dilengkapi oleh beberapa vendor ternama mulai dari Apple, Samsung, ASUS, Lenovo, HP, Garmin dsb.

urban

Saya pun sempat membeli pulsa internet bolt di salah satu toko. Semua lengkap dan dengan harga yang bersaing.

Salam hangat

@DzulfikarAlala

Tulisan ini dilombakan dalam Food Truck Festival Digitalicious SDC Serpong 2015

lomba

9 thoughts on “Food Truck Festival SDC Menyajikan Kuliner Unik Barat dan Timur

    1. sayang ini semua makanan fast food alias lebih enak makan di tempat hehe. klo buat oleh oleh bisa beli keripik non cholesterolnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s