Perpanjang Pajak STNK Hanya 45 Menit di Samsat Ciputat


stnk
Contoh STNK Motor (kaskus)

Sudah hampir sepuluh tahun saya bolak balik kantor samsat Ciputat. Lima tahun terakhir ini saya melihat sudah ada pembenahan di pelayanan. Bahkan terakhir ke kantor ini, suasana didalam kantor sudah tidak sesibuk dulu, mungkin dipenuhi oleh calo hehehe tapi entahlah. Yang jelas sekarang tertera dengan jelas siapa petugasnya yang sedang on duty disana. Ada tabel nama lengkap dengan jabatan dan pos yang diisinya. Jujur hal ini yang perlu di apresiasi dari kepolisian RI khususnya di Samsat Ciputat. Entah yang lainnya…

Kebetulan, Jumat (20/2) kemarin saya baru saja mengurus perpanjangan pajak tahunan motor kelahiran 2008. Dokumen yang disiapkan standar saja. Foto Copy KTP, Foto Copy BPKB dan Foto Copy STNK. Nama di KTP dan nama di BPKB serta STNK haruslah sama. Jika berbeda bawalah surat kuasa dan siap-siap untuk harus segera balik nama. Kebetulan motor saya atas nama istri saya jadi saya tetap bawa surat kuasa untuk jaga-jaga saja. Yang penting saya tetap bawa KTP aslinya.

Baca juga: Begini Cara Mutasi SIM. Jangan Sampai Tertipu Oknum Ya!

Prosesnya sederhana aja sih. Memilih jam kerja memang bisa mengurangi antrian. Apalagi kalau sudah nongkrong di depan loket sebelum jam 8 pagi. Setelah mengambil form di untuk diisi dengan data kendaraan lalu langsung ke loket pemeriksaan dokumen. BPKB asli wajib dipegang sendiri. Nanti hanya cukup ditunjukkan saja kepada petugas sebagai cross check.

Setelah pemeriksaan dokumen lengkap, lalu diberi form notice pembayaran. Disitu tertera jelas jumlah pajak yang harus dibayarkan. Kalau bisa bawalah uang pas. Setelah itu tinggal menunggu panggilan dari bank yang berada di loket yang berbeda tapi masih di tempat yang sama. Cuma geser loket aja dikit hehe.

Disini kudu pasang telinga dalam-dalam alias full konsentrasi. Karena suara speaker beradu antara loket satu dengan loket yang lain. Proses dari penyerahan dokumen hingga pembayaran kurang lebih sekitar 30 menit. Setelah membayar sejumlah uang yang tertera dalam notice, kemudian kita tinggal duduk manis dipanggil untuk penyerahan STNK dengan pajak tahunan yang baru.

Mungkin yang harus dibenahi masalah fotocopy yang kelewat mahal yang terletak di belakang kantor samsat, masih dalam area kantor samsat. Biasanya sih ini koperasi pegawai gitu. 1 KTP lbr, 1 STNK lbr, 1 BPKB lbr, map cokelat dan plastik STNK tanpa logo POLRI di bandrol lima ribu rupiah. Mungkin salah saya juga sih, belum pernah nyobain foto copy dan nyiapin semuanya sendiri sebelum datang. Well, tahun depan bisa di coba kali hehehe.

Overall, dengan waktu 45 menit dari mulai loket pertama hingga dapet hasilnya saya anggap cukup cepat. Konon katanya di Depok bisa lebih dari itu. Mungkin juga tergantung kapan datangnya, hari apa dan jumlah antrian. Faktor yang bikin lama sih cuma itu aja. Selebihnya yaa bawa aja camilan atau minuman ringan sambil internetan ria untuk mengusir rasa bosan ketika menunggu.

Jangan pernah mengurus perpanjangan STNK melalui Calo

One thought on “Perpanjang Pajak STNK Hanya 45 Menit di Samsat Ciputat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s