Class Meeting, Ngadain Lomba Apa Ya?


Class meeting kayaknya lagi trending terutama setelah UAS usai. Class Meeting udah kayak tradisi yang turun temurun terjadi di setiap sekolah. Class meeting udah jadi program sekolah yang diurusin sama OSIS. Disinilah ajang dimana setiap kelas menunjukkan kebolehannya. Bisa juga jadi ajang buat cowok-cowok unjuk kebolehan dalam bidang olahraga didepan cewek-cewek. Terutama di depan cewek yang ditaksirnya #uhuk.

Sementara buat guru, class meeting gak seindah yang dibayangkan oleh murid muridnya. Justru disaat krusial  itulah pada waktu yang bersamaan, para guru harus berjibaku dengan nilai rapot. Apalagi yang masih menjalankan kurikulum 2013. Para guru harus menjabarkan pengetahuan, keterampilan dan sikap murid-muridnya selama satu semester yang telah dilalui.

Nah, kira-kira apa ya lomba-lomba yang menarik untuk diselenggarakan saat class meeting? Mungkin beberapa kegiatan class meeting di SMP dan SMA Ehipassiko School BSD ini bisa memberikan sedikit inspirasi atau gambaran buat sekolah lainnya. Memang masih lebih didominasi dengan lomba dalam bidang olahraga. Tapi ada baiknya juga lebih bervariasi karen bakat tiap siswa pasti beda-beda.

basket
sayangi.com

Pertandingan Basket (putra/putri)

futsal
gobekasi.co

Pertandingan Futsal (putra/putri)

beritasatu

Kasti (Campuran)

perpusbb

Nonton Bareng, biasanya dipilih film yang bertemakan pendidikan terutama film lokal.

antarafoto

Pertandingan persahabatan murid vs guru

sammamishreview.com

 

Lomba masak

Lomba kebersihan Kelas

Lomba yang terakhir sebetulnya bisa dirancang dengan konsep yang berbeda. Khususnya buat sekolah swasta yang punya office boy khusus, disinilah ajang yang sesungguhnya. Setiap kelas selama class meeting punya tanggung jawab untuk menjaga kebersihan kelas. Well, selama itulah office boy off duty buat ngebersihin kelas. Itung-itung cuti sementara. Tapi, office boy tetap memantau. Misalnya mengarahkan apa yang harus dibersihkan dan apa yang tidak perlu dibersihkan secara berkala.

Bukannya apa-apa. Kebanyakan anak-anak yang punya si mbak di rumah udah pasti jarang bersih-bersih. Makanya kalau guru pasti bisa ngebaca mana anak-anak yang mandiri dan mana anak-anak yang kurang mandiri. Bisa dilihat dari tanggung jawabnya terhadap barang-barang pribadi dan kelasnya.

Kelas itu ibarat rumah kedua. Jadi kalau kelasnya berantakan kayak kapal pecah, jadi gak usah heran kalau dirumahnya barangkali kurang lebih kondisinya sama. Nah dengan lomba kebersihan model ini. Guru juga bisa melakukan penilaian secara autentik. Melihat faktanya aja dilapangan kayak gimana. Aspek tanggung jawab, disiplin dan kerjasama bisa jadi poin yang dinilai dalam lomba kebersihan kelas.

Salam Hangat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s