Stimulearn Dancow Mendorong Multi Intelegensia Anak


Stimulearn Aplikasi – Kebetulan Dzakwan  (4 th) baru punya iPad dan bingung mau download apps apa saja. Kabarnya iPad punya segudang apps pendidikan yang bagus. Penasaran dengan apps yang ditawarkan, akhirnya saya mulai browsing-browsing cari apps yang cocok untuk Dzakwan yang akan berusia genap 4 tahun pada November mendatang.

Setelah cari sana, cari sini akhirnya ketemu beberapa apps yang katanya recommend banget buat anak-anak usia 3-5 tahun. Salah satunya adalah Dancow Stimulearn. Awalnya sempet bingung juga, kok namanya malah Nido bukan Dancow di appsnya. Tapi jadi sempet inget, dulu ada salah seorang TKI yang pernah ngasih tau kalau Nido dengan Dancow itu sama aja.

Karena penasaran dengan gamesnya, akhirnya saya telusuri dan perdalam secara detail. Sebagai orang tua tentu harus ngulik dulu apps yang akan digunakan anaknya. Sekedar jaga-jaga untuk tindakan preventif agar konten yang ada benar-benar cocok untuk anak-anak.

Pertama-tama saya mengunduh StimuLearn Aplikasi kemudian disusul dengan lima permainan atau games didalamnya. Sepertinya games Stimulearn memang dikerjakan untuk project global dan tidak hanya dikhususkan untuk Indonesia saja. Hal ini memang terlihat sekali kesiapan dan panduan yang diberikan oleh Stimulearn Aplikasi. Nah, Stimuleran Aplikasi ini lah yang menjadi manual apps bagi kelima games yang akan dimainkan oleh anak-anak yang di khususkan untuk pasar Indonesia.

Stimulearn Aplikasi ini memang terlihat sekali dipersiapkan secara serius dan matang. Terbukti bahwa aplikasi edukatif ini disiapkan dengan menggandeng para ahli yang juga mendapatkan support dari ASQ (Ages and Stages Questionnarie), yang di klaim sebagai spesialis perkembangan anak.

Stimulearn Aplikasi memiliki lima games yang mendorong multi kecerdasan anak melalui Stimulearn Island. Kelima games tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Story House (Buku Cerita Multimedia yang mengasah kecerdasan bahsa dan afektif)
  2. Mr. Skylab (Puzzle yang mengasah kecerdasan problem solving)
  3. Island Market (Belajar Berhitung dengan Berbelanja)
  4. Pearl Beach (Games yang merangsang perembangan psikomotorik anak)
  5. Forgotten Castle (Games yang mengembangkan daya ingat anak)

Agar ada rekam jejak permainan anak, sedianya bunda mendaftarkan dulu secara online. Dengan begitu perkembangan anak akan sangat mudah dipantau dan dapat memonitor progresnya di kemudian hari. Uniknya pencapaian-pencapaian anak juga terkam dalam bentuk rewards Badge.

Dengan mendaftarkan diri pada Stimulearn Aplikasi, perkembangan anak dalam belajar dan bermain di Stimulearn Island bisa dianalisa kekurangannya, sehingga nanti muncul rekomendasi yang paling tepat yang disarankan oleh para ahli. Rekam jejak ini sangat penting sebagai bahan evaluasi. Dengan begitu bunda hanya tinggal mengarahkan anak untuk mencoba permaian lain atau meningkatkan levelnya sambil melakukan beberapa kegiatan lain yang bisa lebih mengasah kecerdasannya.

Satu hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah bunda hanya mengarahkan dan tidak ikut lebih dari itu, agar anak-anak benar-benar secara mandiri mengeksplore games Stimulearn sehingga hasil evaluasinya benar-benar berdasarkan cerminan kemampuan anak dan bukan karena bantuan dari Bunda. Disini juga Bunda harus sabar jika anak masih mengalami kegagalan dalam beberapa games yang dimainkannya. Hasil akhir bukan disebabkan karena faktor intelegensia yang rendah atau tinggi. Karena masing-masing anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda sehingga tidak semuanya bisa di pukul rata. Maka, disini orang tua harus hati-hati sambil mengidentifikasi kira-kira anaknya lebih cerdas di bidang apa. Apakah dalam kecerdasan bahasanya, musik, hitungan, atau mungkin mengidentifikasi cara belajarnya apakah secara visual, auditori atau kinestetik.

Nikmati saja prosesnya. Jika anak masih gagal, Bunda cukup memberikan dorongan semangat dengan lembut agar anak terus mencoba dan mencoba hingga mendapatkan pencapaian yang diharapkan. Dengan mengenali masing-masing karakter games StimuLearn, setidaknya Bunda dapat memiliki gambaran awal dimanakah minat anaknya.

Dzakwan bermain StimuLearn Dancow ditemani Bundanya

 

Story House

Story House bisa menjadi teman sebelum tidur yang menarik bagi anak-anak. Selain isinya yang menarik, ceritanya pun sudah cukup dikenal seperti Kelinci dan Kura-Kura, Singa dan Tikus dan cerita yang ketiga adalah kisah persahabatan antara Matahari dan Angin. Ketiganya memiliki moral value yang berbeda-beda.

Bunda tidak perlu khawatir karena dalam setiap games terdapat manual bagaimana cara memainkannya atau menggunakannya. Story House ini juga sangat menarik karena sudah dilengkapi dengan effek suara yang mengagumkan. Buku ceritanya jadi terasa lebih hidup. Bahkan Bunda bisa merekam suaranya sendiri. Cocok bagi Ayah atau Bunda yang suka dinas diluar kota sehingga anaknya tidak merasa kesepian karena masih bisa mendengarkan suara Ayah Bundanya yang bercerita melalui Story House. Sayang ada beberapa tampilan effect yang menghalangi gambar, namun hal tersebut tak mengurangi Dzakwan untuk meminta di ceritakan berulang kali kisah-kisah dalam Story House sebelum tidur.

Mr. Skylab

Dzakwan juga sangat menyukai puzzle ini, karena di rumah sudah memiliki puzzle manual bergambar Angry Bird, otomatis tidak mengalami kesulitan sama sekali dengan Mr. SkyLab. Sementara ini Dzakwan baru mencapai level medium.

Island Market

Diantara games lainnya mungkin inilah game paling sulit untuk anak usia 3-5 tahun. Pasalnya disini anak harus sudah bisa mengenal angka dan operasi hitungan sederhana yang bagi mereka tidak sederhana. Game Island Market ini rasanya lebih cocok untuk anak usia SD yang sudah mengenal operasi hitung dalam Matematika. Tapi, Bunda bisa mengarahkan dengan warna, karena setiap pecahan uang memiliki warna yang berbeda, ini yang dilakukan pada Dzakwan sehingga ia pun selalu excited untuk berbelanja buah-buahan.

Pearl Beach

Game Pearl Beach adalah game yang paling di sukai oleh Dzakwan dengan tipe pembelajar kinestetik meski awalnya dia takut dengan kepiting dengan capitnya yang besar-besar. Disini Dzakwan pun belajar untuk menyeimbangkan iPadnya untuk saling berkoordinasi agar tiram bisa memakan semua mutiara dan menuju garis finish.

Forgotten Castle

Awalnya game ini sangat sulit bagi Dzakwan, tapi setelah beberapa hari ternyata Dzakwan sudah bisa menyelesaikan level hard sekalipun. Ikon-ikon binatang memang sangat cocok dengan anak-anak.

Evaluasi dan Rekomendasi

Untuk mendapatkan evaluasi pembelajaran jangan lupa untuk selalu terkoneksi dengan internet. Sayang setiap kali berpindah games harus selalu login terus sehingga agak merepotkan. Karena lebih sering bermain offline dan tidak login akhirnya record Dzakwan tidak terrekam dengan sempurna seperti gambar diatas.

Kesimpulan

Secara keseluruhan games Stimulearn sudah sangat baik. Antarmukanya sederhana sehingga anak dapat mengoperasikannya dengan mudah. Tulisan dan tombol didesain besar dan mudah dibaca. Ikon sangat colorful dan menarik. PR-nya hanya tinggal bagaimana caranya agar tetap login meski berpindah game. Mudah-mudahan ceritanya juga bisa diupdate.

Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog StimuLearn Aplikasi kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan DANCOW Parenting Center

14 thoughts on “Stimulearn Dancow Mendorong Multi Intelegensia Anak

    1. Iya, awalnya dzakwan juga eksplore dl. Krn berulang ulang akhirnya jd lbh mahir🙂 Alma mungkin juga butuh waktu kyk Dzakwan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s