Wali Kelas Teladan Itu Biasa, Koplak Baru Luar Biasa :D


IMG_3739

Pernah terpikir gak sih saat akhir tahun ajaran kita sedih luar biasa karena sudah tidak jadi wali kelas? Kayaknya rasa itu beberapa hari ini muncul gitu aja pada diri saya. Oke, selama setahun ini memang melelahkan, menjengkelkan, capek hati dan bikin makan hati. Tapiiiiii….rasanya ada sesuatu yang hilang justru setelah akan berakhir sampai di ujung perjalanan. Kayak benci tapi rindu #eaaa. Entahlah tapi itu yang saya rasakan.

Menjadi wali kelas untuk remaja yang sedang mengalami masa transisi itu gak mudah sob. Penuh perjuangan dan peluh. Yap, harus diakui ini pertama kalinya saya jadi wali kelas anak SMA, masih amatiran dan penuh dengan kekoplakan ahahaha. Tahun lalu baru ngerasain jadi wali kelas anak SMP. Rasanya memang beda. Atmosfir perlawanan itu memang lebih banyak dirasakan di SMA. Tapi memang gak bisa di lawan juga. Api sama api yang jadi malah tambah besar kebakarannya. Yang ada kita yang harus memahami mereka lebih dulu. Baru setelah itu biasanya mereka mau memahami. Kadang meskipun ujungnya mereka gak paham-paham hahahaha.

Intinya memang tidak mudah menghadapi remaja masa kini. Apalagi dengan trend perkembangan chibi-chibi yang gak bisa saya ngerti hahaha, belum lagi terong terongan dan cabe cabean yang semakin merajalela. Hadeuh puyeng kan? Suka gak suka saya udah jauh berbeda dengan mereka. Emang sih pengennya berasa muda terus, tapi ternyata ketika disatukan kita memang jauh berbeda, bagaikan air dan minyak wangiii #ealah. Wali kelasnya pengen kemana, anak-anaknya pengen kemana.

Makanya penting di awal tahun ajaran untuk menentukan begin with the end in mind. Mungkin yang lupa saya terapkan di awal tahun ajaran. Jadi sepanjang perjalanan ini hubungan kita udah kayak Tom and Jerry. Untungnya sih kita punya sesi curhat yang gak ada di kelas lainnya. Jadi setiap problema masih bisa diselesaikan dengan cara yang baik. Alhamdulillahnya sih makin kesini mereka nampaknya makin banyak belajar cara berkomunikasi. Tentu saya juga jadi ikutan belajar cara berkomunikasi dengan remaja seperti mereka.

Yang jelas tahun ini, saya belajar untuk lebih banyak mendengar. Ternyata keluh kesah mereka samalah dengan apa yang saya alami waktu SMA dulu. Intinya mereka memang ingin di dengar. Maka, beberapa anak memang sering curhat ke saya entah itu masalah di sekolah maupun masalah di rumah. Yang paling penting buat saya adalah mendengarkan dan menjaga rahasia mereka. Itu aja sebetulnya udah cukup buat mereka. Lepas dari kesedihan yang mereka alami, saya memang selalu meresponnya dengan penuh kekoplakan, kesedihan tak perlu di tanggapi dengan terlalu serius. Makanya saya cuma bisa ngajak mereka haha hihi entah itu dikelas maupun melalui jejaring sosial.

Satu hal yang jadi hutang saya buat mereka, mereka ingin dikirimin surat ternyatah. Iya surat, bukan email loh. Pasalnya saya pernah minta mereka berkirim surat. Alasannya sih sederhana, saya cuma ingin ngasih mereka pengalaman baru bagaimana caranya berkirim surat secara tradisional. Setidaknya yang dulunya gak tau kantor pos jadi tahu hehehe. Mudah-mudahan dalam beberapa hari ini bisa di susun “surat cinta” buat mereka masing-masing.

Di hari terakhir kemarin saya cuma bisa mengucapkan permohonan maaf atas segala sikap dan perkataan saya yang disengaja atau tidak disengaja sehingga menyakiti mereka. Somehow, saya amat bangga punya anak didik seperti mereka. Mereka semua punya talentanya masing-masing. Utamanya memang lebih banyak yang berbakat di bidang seni dan olahraga. Semoga mereka tidak cepat puas dengan keadaan sekarang jadi bisa lebih baik lagi di tahun selanjutnya.

Ini video yang bikin saya yakin kalau mereka akan selalu kompak dan solid

So sorry yaaa semuanya udah bikin kalian susah setahun belakangan ini hehehehe, tapi jangan khawatir masih ada dua tahun lagi kok😀 #kode

3 thoughts on “Wali Kelas Teladan Itu Biasa, Koplak Baru Luar Biasa :D

  1. Keren mr,,Sorry juga mr kalo kelas x banyak nyusahin mr sama buat mr matah-marah mulu..pokoknya mr itu the BEST lah buat kelas x

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s