Inilah Mengapa Narkoba Lebih Berbahaya Bagi Kaum Hawa


indonesiabergegas
Illustrasi (sumber tentangwanita.com)

Oleh: Dzulfikar Alala

Kaum wanita sejatinya memang diciptakan untuk menemani para lelaki. Bahkan dalam salah satu ayat kitab suci Al-Quran, disebutkan bahwa setiap yang di ciptakan di muka bumi ini adalah berpasang-pasangan. Disisi lain, ada pula ungkapan yang menyebutkan bahwa dibalik kesuksesan seorang lelaki pasti ada wanita hebat dibelakangnya. Pun tidak ada yang meragukan pula bahwa di balik kecerdasan seorang anak, ada seorang ibu dibelakangnya yang senantiasa mendidik dan mendorong anak-anaknya hingga dewasa dan berguna bagi keluarga dan lingkungannya.

Sebagai salah satu teladan nyata adalah almarhumah Ibu Ainun Habibie. Atas jasa-jasa dan pengabdiannya sebagai seorang istri dari ilmuwan kebanggaan Indonesia, B.J. Habibie, Ainun membuktikan bahwa ia bisa menjadi ibu rumah tangga super karena suaminya sampai saat ini terbukti sebagai seseorang jenius yang sukses, memilki banyak karya dan sangat berdedikasi terhadap bangsa dan Negara. Tentu, salah satunya berkat perhatian ibu Ainun kepada pak Habibie yang begitu besar. Tanpa perhatian dan kasih sayang yang diberikan oleh ibu Ainun, mustahil nama Habibie akan sebesar seperti sekarang ini. Kecintaannya kepada suami dan anak-anak dibuktikan dengan kesuksesan suami dan anak-anaknya yang mengikuti karir sukses ayahnya.

Sebaliknya hancurnya seorang lelaki dan atau seorang anak, tidak jauh berbeda. Salah satu faktornya adalah wanita. Sudah berapa banyak koruptor yang terjerat kasus korupsi dan semuanya terkait dengan wanita-wanita cantik. Begitu juga anak-anak yang terkait beberapa kasus karena kurangnya perhatian dari seorang ibu yang semestinya bisa menjadi tempat curahan hati bagi anak-anaknya. Anak-anak yang dibesarkan dengan kasih sayang seorang ibu, akan tumbuh besar menjadi anak-anak yang dapat belajar menghargai orang lain. Sedangkan anak-anak yang dibesarkan tanpa kasih sayang seorang ibu akan sulit menerima pendapat orang lain. Begitulah sosok wanita yang ternyata peranannya sangat vital baik sebagai seorang pendamping maupun sebagai seorang pengayom keturunan-keturunannya.

Besarnya peran vital wanita dalam kesuksesan sebuah keluarga perlu di jaga sejak dini mungkin mulai dari buaian hingga akhirnya nanti dapat membina rumah tangga. Jika seorang wanita sudah terjerumus pada jurang narkoba maka ada beberapa akibat yang akan mendekat. Hal ini tentu supaya dijadikan perhatian lebih bagi para kaum hawa agar kelak dapat memembina rumah tangga dengan baik serta memberikan keturunan yang sehat dan berbudi pekerti luhur.

Seorang wanita harus berpikir ulang, ulang dan ulang sebelum mencoba-coba narkoba, karena bahaya sudah menghadang di depan mata jika saja terpeleset pada jurang narkoba. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut;

  1. Menganggu siklus menstruasi dan terkadang tidak akan mendapatkan menstruasi selama memakai narkoba.
  2. Membuat kering peranakan (rahim) sehingga bisa menyebabkan mandul dan resikonya adalah berpotensi menimbulkan kista.
  3. Terganggunya alat reproduksi sehingga berpotensi melahirkan anak-anak dengan disabilitas bahkan yang paling fatal adalah keguguran atau bayi meninggal dunia dalam kandungan.
  4. Pengaruh terhadap hormon estrogen yang menyebabkan payudara mengecil dan postur tubuh cenderung seperti lelaki dan akibatnya tidak terlihat menarik lagi dimata seorang lelaki seperti layaknya wanita lain.
  5. Nafsu makan berkurang sehingga badan menjadi kurus, wajah kusam dan layu. Demi mendapatkan narkoba, pikiran menjadi kacau dan kebutuhan pokok pun terabaikan.
  6. Terkadang jika sudah sakaw, seorang wanita yang sudah ketagihan narkoba akan dengan rela menyerahkan dirinya demi mendapatkan atau memuaskan kebutuhannya. Dalam beberapa kasus wanita yang sudah ketagihan malah dijadikan kurir oleh bandar-bandar narkoba. Hanya dengan bayaran narkoba, semua akan dilakukan.
  7. Menghalalkan segala macam cara untuk mendapatkan/membeli narkoba. Bahkan terkadang mencuri barang-barang orang tua dan keluarga pun sudah dianggap halal.
  8. Berpikiran pendek karena apa yang ada didalam pikirannya hanyalah bagaimana dia bisa bertahan selama mungkin hanya untuk mengkonsumsi narkoba dari waktu ke waktu.
  9. Hidupnya akan berantakan dalam taraf tertentu dan jika sudah tidak bisa terselamatkan karena sudah tidak bisa lagi mengejar mimpi, membagun keluarga bahkan memiliki keturunan dari rahimnya sendiri.
  10. Semakin lama akan semakin fatal karena kecenderungan seorang pecandu akut akan selalu merasa kurang dengan narkoba yang dikonsumsinya, sehingga takaran demi takaran akan selalu bertambah dan bertambah lagi. Tubuh akan merasa kebal dengan takaran yang sedikit. Akibatnya adalah terjadi overdosis karena semakin bertambahnya dosis/takaran narkoba yang di konsumsi. Maka, ketika dosisnya melewati kemampuan tubuhnya akan berujung pada kematian.

Dari berbagai penjelasan yang sudah disebutkan, tentu akibat yang ditimbulkan jika seorang wanita terjerat narkoba menjadi persoalan yang sistemik nan kompleks. Satu sama lain saling berhubungan dan berkaitan. Ketika berhenti menstruasi karena narkoba maka terindikasi sistem reproduksinya rusak. Hanya karena satu sebab yakni narkoba, tapi akibat yang ditimbulkan terhadap kondisi fisik sangat berlipat-lipat dan cenderung berpotensi permanen.

Maka sudah saatnya kita memerangi narkoba secara nyata. Gerakan anti narkoba bukan hanya harus di kampanyekan di lingkungan sekolah atau institusi dan lembaga pendidikan saja, tapi juga pada elemen yang paling dasar yakni ketahanan keluarga. Indonesia harus bebas dari segala macam dan jenis narkoba. Jangan sampai wanita-wanita Indonesia yang akan melahirkan generasi-generasi cemerlang penerus bangsa, terjerumus jeratan narkoba. Jika sudah terkena narkoba, masih ada kesempatan untuk mengikuti program rehabilitasi pengguna narkoba dengan harapan bisa sembuh total dan tidak kembali lagi pada kebiasaan lama. Namun jika boleh memilih jangan sampai jatuh pada jerat narkoba, karena sekali terperangkap maka akan sulit lepas dari jeratan yang sangat keras dan memilukan.

Referensi:

Booklet makalah Dialog Interaktif tentang “Moralitas Remaja Dalam Jeratan Narkoba dan Seks Bebas” yang bersumber dari majalah Gadis namun tidak disebutkan edisinya. Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka lustrum I Fakultas MIPA Universitas Islam Indonesia tanggal 20 Mei 2000 dengan pembicara; Drs. Wijayanto (Dosen Sastra UGM), Drs. M. Kuswandi (Dosen Fakultas Farmasi UGM) dan Ust. Drs. Syatori AR (Direktur Pengkajian Islam). Penulis merupakan peserta dalam seminar tersebut.

2 thoughts on “Inilah Mengapa Narkoba Lebih Berbahaya Bagi Kaum Hawa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s