Mencari Ilmu Hingga ke Kantor Google Indonesia


kantorgoogle

Siapa sih yang tak mengenal Google sebagai perusahaan raksasa dunia? Hampir setiap orang yang mengunakan internet selalu menggunakan layanan dari Google, mulai dari pencarian, email, cloud, video bahkan yang terbaru (buat saya) adalah siaran live via Google Hangouts Air sendiri, iya bener kita bisa narsis live sendiri dan bisa langsung di akses via channel Youtube kita. Untuk yang satu ini nanti pasti saya bahas di artikel lain yah. Nah, saat Kompasiana membuka kesempatan untuk mengunjungi kantor Google, Jumat, 7 Maret 2014 lalu, kesempatan tersebut tidak saya sia-siakan begitu saja. Saya langsung mendaftar pada kunjungan gelombang kedua. Karena terbatasnya tempat yang bisa disediakan Google Indonesia, hanya sekitar 15 orang saja yang diperkenankan ikut pada setiap gelombang kunjungannya.

Lokasi kantor Google Indonesia terletak di Gedung Sentral Senayan II lantai 28, Jakarta. Karena kantornya terletak di kawasan niaga dan perkantoran elit, membuat saya harus menyiapkan uang parkir yang kencang hahahahaha. Saya masih trauma parkir di Grand Indonesia saat gelaran Kompasianival 2013 lalu. Hampir seharian mengikuti acara, saat keluar pada malam hari harus bayar parkir motor tiga puluh ribuan bhahahahaha. Itu rekor biaya parkir paling mahal buat saya. Parahnya lagi, teman saya yang bawa mobil harus bayar dua kali lipat bahahahaha. Langsung abis tuh gaji buat sebulan. #abaikan

peta kantor

Nah kalau yang ini sketsa ruangan-ruangan yang ada di kantor Google Indonesia. Denah ruangan kayak gini sangat penting! Terutama setiap kali ke gedung bertingkat, saya suka liat-liat denah terlebih dahulu. Bukannya mau sok pernah di Jepang, tapi saya paling trauma sama gempa bumi. Iya bener, gak tau kenapa. Bukan cuma gedung yang tinggi aja, tapi tiap masuk mall yang paling pertama saya cari itu dimana pintu darurat sama toilet ehehe. Sebenernya kalau lantainya ada 28, gak logis juga sih bisa menyelamatkan diri dengan cuma lari lewat tangga darurat saat gempa bumi ahaha, keburu gedungnya ambruk klo gempanya sampe 6 SR. Setidaknya itu membuat saya nyaman lah hehehe #ngeles. Yap, pokoknya hidup mati kita, kita serahkan aja deh saya yang diatas. Yang jelas mengetahui pintu darurat udah jadi protap standar buat saya tiap kali masuk ke sebuah gedung yang gak kita kenal dengan baik hehehe.

peta

Setiap pengunjung yang datang pasti dapat tanda pengenal/id pengunjung kayak gini nih. Sayang tanda pengenal ini gak bisa di bawa pulang meskipun cuma kayak struk parkir. Tapi meskipun cuma selembar tipis, kartu pengenal buat tamu ini bisa di lacak lewat google maps loh hahahahaha. Makanya jangan coba-coba bawa kartu ini buat jadi souvenir, cukup di foto aja trus upload deh ke instagram atau social media lainnya hehehe.

idpengunjung

Kesan pertama masuk ke Kantor Google tentulah saya norak abis kayak anak lainnya ahahaha #loh. Abis tempatnya nyaman banget yaahhh, cozy gitu deh. Ada sofa di mana-mana dengan warna-warni indah yang bikin kita kayaknya ikutan jadi kreatif hahaha. Alasan Google mendesain kantornya dengan kreatif memang untuk memancing juga supaya karyawannya pada kreatif dan gak kehabisan akal untuk melakukan inovasi. Makanya orang kreatif cenderung males makan apalagi nyuci baju. Jadi untuk urusan tetek bengek kayak gitu udah di kasih solusinya sama Google, makan gratis sepuasnya dengan kulkas isi segala rupa minuman. Kalau di kantor Google di Amerika udah ada fasilitas laundry, kalau di Google Indonesia mungkin bisa juga buka laundry kiloan kali yah supaya lebih Indonesia gitu loch ahaha.

kulkas

Banyak hal yang memang “Indonesia banget” di Kantor Google. Saya mikir kantor kementerian pariwisata Indonesia aja gak mungkin se-catchy kantor Google deh hahaha. Dan lagi, kantor Google kayaknya udah memprediksi kurikulum 2013 yang bersifat tematik. Pasti booming tuh di pencarian Google sejak lama. Makanya mereka bisa bikin kantor tematik kayak gitu ahahaha. Makanya gak ragu deh kalau tema-tema di kantor Google Indonesia itu udah sesuai dengan Kurikulum 2013, tematik bingiiitttt huahahahahaha. Di beberapa kaca yang menjadi partisi ruangan-ruangan di gambar dan didesain dengan mural-mural khas Indonesia. Ada tema pewayangan, membatik, pokoke jogeeetttt #lah.

burger

Saya hampir terlena sama uniknya desain kantor Google. Saking serunya melototin dan nyobain tiap sofa yang ada di kantor Google, burger dari Steak Holycow cuma saya gigit setengahnya. Sisanya buat di rumah maksudnya hahahaha. Mumpung karyawan Google udah pada pulang, saya bisa selonjoran di kasur-kasur yang ada di lantai dua, tapi gak pake ngiler kok sumpah! Kasur-kasur itu emang disediakan buat istirahat siang. Konon 15 menit tidur siang itu bisa mengembalikan kebugaran dan kreatifitas. Nah, makanya di setiap sekolah harusnya bisa mengaplikasikan seperti apa yang ada di kantor Google. Nyiapin kasur warna-warni minimal buat gurunya dulu bhahahaha #modus. Oh iyaa dong, kerja guru itu berat man! Bayangin aja untuk bikin soal harus mikir sampe dua hari dua malem, kadang itu belum sama rekap jawaban dan kisi-kisisnya. You know what? Murid cuma ngerjain selama 30 menit. Nyesekkkk bingiiiiitt dah! Abis itu harus koreksi yang bisa makan waktu seharian. Hadeuh….

warung

jajanananak

kasur

Terus terang ada beberapa blogger yang baru saya kenal, selebihnya banyak yang kenal saya #dijitakadmin wuahahahaha. Yaa kita ngoplak bareng yaah disana meskipun gak ada anggota KoplakYoBand. Eh tapi ada deng anggota koplak yang dateng waktu gelombang pertama.

Sayangnya gak semua ruangan di Google Indonesia bisa di publish disini. Entah kenapa, entah alasannya. Yang jelas area terlarang itu ada di memori hape saya ngahahahaha. Kayaknya senang banget yaah memiliki apa yang tidak dimiliki orang lain. Koleksi pribadi yang berharga. Siapa tahu puluhan tahun kedepan bisa jadi sesuatu yang menghasilkan #mataduitan. Puas puas puas #tukulmodeon

dapur

muralsekolah

tongsampah

Meskipun banyak orang sukses yang DO, tapi Google Indonesia tetap menyarankan sekolah loh. Buktinya ada mural anak-anak sekolah sampai mahasiswa yang baru lulus kuliah. So, gak ada alasan untuk tidak sekolah. Meskipun Google gak sepenuhnya menerima karyawan yang super genius. Justru uniknya Google cari calon karyawan yang pernah gagal berkali-kali. Nah, ini penting yah. Kalau ngelamar ke Google cantumin juga beberapa hal gagal yang pernah kamu alamin. Lumayan loh buat nambahin halaman CV. Ini terobosan jeniusssss sepanjang masa. Ntar ya pasti cantumin juga daftar kegagalan yang pernah saya rasakan. Hal tersebut menunjukkan bahwa sesorang ternyata mampu bangkit dari kegagalan dan itu penting, karena cuma sedikit yang bisa bangkit dari kegagalan #eaaaaaa #ditabokMarioTeguh.

projekiseng

enjoy

Inget, apa yang kita posting ke dunia maya pasti meninggalkan jejak. Dan jejak itu bakal susah di hapus. Makanya Google punya filosofi “Enjoy the food but leave no trace” inget tuh sob baik-baik. Jangan asal nyablak di social media kalau gak perlu ok? ok dahhhhh. Lanjuttt…..

sofa

sofa

siapsiap on air

Setelah icip-icip kemudian kita di kumpulkan di mini teater. Mini teater ini kalau di denah disebut alun-alun. Tempatnya assyiikk bingit buat nonton film. Ada dua layar ukuran jumbo dihadapan kita. Saya milih duduk deket colokan di barisan kedua paling kiri dari podium. Yang lainnya nyebar ada yang didepan, di belakang bahkan cuma kongkow-kongkow di luar dan nongolin kepala dikit kalau yang didalem lagi pada ketawa-ketawa hahahaha.

360

Nah di masing-masing ruang meeting (gudang rezeki dan merdeka) ada layar besar lagi buat teleconference pake google hangout kali yahhh hehehe. Entahlah yang jelas dua ruang meeting tersebut idaman gue banget buat di sekolah. You know kalau institusi pendidikan itu kadang abai dengan yang namanya ruang meeting keren. Padahal prestige sebuah institusi zaman sekarng itu bukan dilihat dari kamar mandinya yang bersih tapi juga ruang meeting yang hi-tech dan super duper keren hahaha #lebay. Btw, ada yang nyeletuk juga “kapan yaaa ruang meeting gw kayak gini?” hahaha kayaknya yang suka bawa-bawa badge kayak detektif nih yg ngomong gitu.

tanggaOh iyaa, di ruang teater (alun-alun) tadi kita dapet pencerahan tentang Goolge dan fasilitas live streaming tentang Google Hangouts Air. Acara saat itu juga live disiarkan via youtube salah satu admin. Mbak Keke menjelaskan secara singkat tentang Google dan visi misi perusahaannya. Overall meskipun waktu diskusinya gak cukup, tapi bermanfaat banget. Soalnya saya langsung praktik cara Google hangouts Air, jadi bisa live, siaran tiap hari hehehe, sayangnya belom ada penontonnya hahaha yang di undang untuk nonton pada no respon atau lebih parah lagi decline huahahaha.

meeting

punakawan

pangkalan ojek

Oh yaa saat masuk ke ruang kerjanya, kita dilarang foto sama security, tapi sama mbak Keke dibolehkan asal cuma jadi koleksi pribadi aja hehehe. Jadi sorry ya bro, gak semua foto bisa saya cantumin disini. Kalau mau tahu ada apa aja disana mendingan ngajuin aja deh langsung ke kantor Google Indonesia untuk melakukan kunjungan. Mereka pasti welcome bingiiit.

Nah, ternyata di ruang kerja ini kita bisa corat-coret meninggalkan jejak di dinding-dinding pilar. Ada sekitar tiga pilar yang sudah penuh dengan coretan. Saya milih meninggalkan jejak di sudut tersembunyi, soalnya spidolnya ternyata bisa di hapuss hahaha.

fotobareng

Nah, area ruang kerja inilah bagian yang bisa di publikasikan. Soalnya ada becak yang menjadi simbol perjuangan. Keren juga yah imajinasinya. Seberat apapun kerjaan, masih lebih berat tukang becak yang ngais rezeki dengan menggunakan otot. Kadang mereka tidak membawa uang, padahal mereka punya keluarga, entah makan apa mereka ketika ayahnya tak membawa pulang, tapi mereka tetap berjuang dengan penuh kejujuran. Itulah tafsiran saya kenapa becak jadi simbol penyemangat karyawan Google Indonesia di ruang kerjanya.

Asosiasi ini ternyata sangat penting yah. Kayaknya bisa di terapkan di dunia pendidikan. Misalnya pajang foto orang tuanya dikelas. Jadi pas mereka nakal atau gak ngerjain tugas, suruh liat aja foto orang tua mereka. Mereka pasti sedih karena orang tua udah banting tulang pontang-panting buat masa depan anak-anaknya. Kalau gak sadar juga kebingitan banget dah!

Oke yahhh,,,, saya udahan dulu deh ceritanya, mending liatin aja deh sisa-sisa foto yang bisa saya publish disini. Pengalaman ke kantor Google Indonesia bikin kita terinspirasi untuk membuat sebuah ruangan atau tempat kerja yang nyaman bukan hanya untuk pekerjanya tapi juga untuk tamu-tamu yang datang. So, bagi dunia pendidikan khususnya sekolah desain kantor Google ini bisa jadi inspirasi betapa sekolah itu tidak harus membosankan. Karena untuk bekerja di tempat yang menyenangkan tidak harus menjadi orang yang super jenius, yang penting bisa bangkit dari kegagalan dan belajar untuk tidak mengulanginya dan memiliki hati untuk melakukan yang terbaik dengan niat agar bisa bermanfaat untuk orang lain. Itu sih filosofi yang saya dapet dari kantor Google Indonesia.

Cekidot….

ngebaso

pingpong

jamdinding

sasaktinju

dapethadiah

meeting

gudang

merdeka

Salam Hangat

@DzulfikarAlala

Note: Semua foto adalah koleksi pribadi

27 thoughts on “Mencari Ilmu Hingga ke Kantor Google Indonesia

    1. kontaknya sih tidak ada mas, klo mau langsung dtg aja ke Gd. Sentral Senayan 2 lt 28 Jl. Asia Afrika Jakarta🙂

    1. kata salah satu karyawannya, kantor google di Indonesia termasuk kecil. klo di amerika, kanada atau negara lainnya kantor google udah kayak pabrik😀

      *Regards,Dzulfikar* *081322929329*

      [image: Dzulfikar Al-A’la on about.me]

      Dzulfikar Al-A’la about.me/dzulfikar

      2014-09-04 12:34 GMT+07:00 Creative Learner :

      >

  1. permisi mw berguru. aku ad rencana mw ngadain kunjungan perusahaan k google. tp setelah dtang k kantor ny untuk ngajuin proposal aj mesti ad rujukan dr org yg kerja di google itu sendiri. dr pihak google pun ngk mw memberikan info contact yg bisa d hubungi. trus coba” search d google pun ngk ad yang mberikan info ttg contact yg bsa d hubungi jika ingin mengadakan kunjungan ilmiah. mohon pencerahan dr para guru🙂

  2. Seneng nih kak baca postingan jalan2 di kantor google…. kalau mau kunjungaan gitu biasanya daftar dimana mas? Terus antri atau gimana? Rencananya saya dan teman2 saya mau mangadakan internal discussion terkait hal IT di google, kira2 dari google nya ada yg berserdia menjelaskan gak? Makasih kak hehe…

  3. Alasan kita kalau cuman mau liat ,tapi misalkan gak ada touring/pengenalan produk google.kira kira dibolehin masuk gak ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s