Foto Levitasi Menggunakan Kamera Smartphone


cara-membuat-foto-levitasi-2
Sumber: IG @dietabegin

Teknik fotografi levitasi bukanlah sesuatu yang baru. Saya sendiri malah baru mengenalnya beberapa tahun lalu. Karena keunikan dan perbedaan foto dengan yang lainnya, menjadikan salah satu alasan mengapa saya menyukai foto levitasi. Selama ini saya merujuk pada foto levitasi mas Junanto Herdiawan yang bisa dilihat melalui akun instagramnya yang sudah mendunia.

Entah mengapa foto mas Junanto begitu memikat orang yang melihatnya. Caranya meloncat juga sungguh seperti terbang dan bukan seperti melompat biasa. Tapi, setelah saya konfirmasi secara langsung, dia mengatakan bahwa dia meloncat seperti biasa. Tak ada efek kamera atau photoshop sekalipun. Padahal orang yang melihat cara mas Junanto meloncat dan melakukan levitasi hampir sulit untuk di percaya. Dia bahkan beberapa kali menunjukkan foto levitasi layaknya seperti terbang seperti contoh fotonya dibawah ini.

Screen Shot 2014-02-11 at 8.13.07 AM
dokumen junanto herdiawan

Mas Junanto memang sangat beruntung karena pernah bertemu dan berbincang dengan Natsumi Hayashi, sang Dewi Levitasi yang pertama kali memopulerkan foto levitasinya ke seluruh dunia. Apa yang membuat foto levitasi mas Junanto berbeda dengan foto levitasi lainnya? Mas Junanto mejawab dengan rendah hati, ia mengatakan bahwa kebetulan saja background saat dia melakukan levitasi memang menarik dan kebetulan di luar negeri. Itulah yang menjadikan foto-foto levitasinya mendunia.

Namun ada hal yang menarik untuk saya catat. Cara dia meloncat memang berbeda. Ia bisa meloncat sehingga tubuhnya seperti garis diagonal seperti tutorial cara ia melakukan loncatan levitasi seperti gambar di bawah ini. Cara meloncat seperti ini memang tidak mudah. Bahkan saya perlu mencobanya beberapa kali untuk menekuk kedua kaki saya kebelakang seperti seolah terbang. Sayang posisi tubuh saya masih tegak seperti foto pertama diatas.

Screen Shot 2014-02-11 at 8.11.17 AM
dokumen Junanto Herdiawan

Selain cara meloncat, juru foto juga memiliki peranan penting dalam hasil yang memukau. Tidak penting kamera apa yang digunakan. Yang penting adalah momen yang tepat untuk memotret objek yang sedang melakukan levitasi.

Salah satu apps yang saya gunakan dalam ponsel Android saya untuk menghasilkan foto levitasi adalah Burst Mode Camera. Dengan apps ini, kita dapat memotret beberapa kali dalam satu jepretan saja. Siapkan saja memory yang cukup besar. Karena, dalam satu kali jepretan bisa menangkap lebih dari 20 foto. Artinya akan banyak foto yang sebetulnya tidak digunakan.

Screen Shot 2014-02-11 at 8.03.05 AM
capture pribadi dari google play

Boleh dibilang saya masih cukup amatir dalam fotografi levitasi. Jangan bandingkan hasil levitasi saya dengan mas Junanto. Namun, kuncinya memang kita harus mau berkeringat dan mengulang beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Kini sebetulnya sudah tidak perlu lagi menggunakan aplikasi. Smartphone yang terupdate sudah memiliki fitur burst mode sendiri. Bahkan juga bisa menggunakan fitur mode Sport. Jadi, kalian bisa membuat foto levitasi tanpa aplikasi, melainkan memaksimalkan fitur yang sudah tersedia di smartphone masing-masing.

Begini contoh Levitasi yang keren

rt2bkreatif2blevitasi2balfaemedia-com
Sumber alfaemedia.com
foto-levitasi-3
sumber savesava.com

Ciri Foto Levitasi Yang Keren:

  • Memiliki konsep cerita. Misalnya seperti foto pertama terlihat foto proses levitasi. Foto kedua terlihat ada pasangan, foto ke empat terlihat proses keluar dari bus.
  • Memiliki Obyek lain yang menarik mata. Bangunan atau benda seperti payung dan benda lainnya, bisa menjadikan foto levitasi kamu semakin hidup. Eksplorasi lebih dalam lagi foto levitasi dengan menggunakan benda-benda yang ada yang bisa digunakan untuk berlevitasi. Dengan topi saja kamu sudah cukup bisa mengeksplorasi foto levitasi.
  • Top jump yang tepat. Sesi ini memang paling susah. Titik tertinggi saat meloncat merupakan momen yang pas untuk ditangkap oleh kamera sehingga tidak terlihat seperti melompat.
  • Outfit yang mendukung. Pakaian memang sangat mendukung sekali hasil foto levitasi kamu. Gunakan pakaian yang cerah dan terkesan luwes tapi tetap trendi. Supaya tidak kelihatan seperti meloncat, gunakan alat bantu seperti jepit rambut atau jepit jemuran baju untuk bagian-bagian baju yang kira-kira akan mengemabang saat levitasi.
  • Ekspresi wajah. Jangan pernah mengarahkan wajah ke kamera apalagi tersenyum. Foto levitasi yang keren adalah dengan mimik muka yang natural dan terkesan kaku atau dingin. Namun sesekali juga bisa menunjukkan ekspresi muka ceria. Coba saja lihat perbedaannya lebih dalam lagi.

Salam Levitasi

 

@DzulfikarAlala

 

 

16 thoughts on “Foto Levitasi Menggunakan Kamera Smartphone

    1. monggo mas, sekalian olahraga

      *Regards,Dzulfikar* *081322929329*

      [image: Dzulfikar Al-A’la on about.me]

      Dzulfikar Al-A’la about.me/dzulfikar

      On Wed, Dec 24, 2014 at 3:42 PM, Creative Learner wrote:

      >

    1. bener, skrg kamera default juga sudah byk yg mendukung continuous shutter

      *Regards,Dzulfikar* *081322929329*

      [image: Dzulfikar Al-A’la on about.me]

      Dzulfikar Al-A’la about.me/dzulfikar

      2015-03-28 14:59 GMT+07:00 Creative Learner :

      >

  1. hihiiii, ane baru tau malah kalo ada foto” kaya gini. sering liat beberapa teman di FB foto gaya gini tapi ane pikir tadinya photoshop aja.

    ikut nyoba jg ah… :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s