Cara Melaporkan Gangguan Listrik PLN


cara melaporkan gangguan listrik pln
Sumber ekplorasi.id

Sekitar tiga hari yang lalu listrik di rumah saya mengalami gangguan. Setelah di cari masalahnya, ternyata NCB listriknya kendor atau dol. NCB yang rusak bukan NCB instalasi rumah melainkan NCB dari KWH prabayar. Walhasil listrik tidak bisa menyala sama sekali selama hampir lebih dari lima jam.

Karena rumah saya masih dalam kawasan PLN Pamulang, kemudian saya langsung menelpon ke nomor layanan gangguan listrik di kantor pelayanan Pamulang 021-7428974. Sayangnya ternyata pada hari Ahad, tidak ada satupun operator yang menjawab baik melalui ektension gangguan maupun operator utama.

Akhirnya ditemani oleh paman saya, kami berdua langsung datang ke kantor PLN layanan Pamulang yang jaraknya hanya sekitar 1 km saja. Setelah tiba disana, kami hanya diterima oleh seorang petugas dengan kaus loreng seperti seragam TNI yang mengaku bernama pak Leman, saat itu dia sedang mencuci motor dan tidak terlihat ada petugas jaga di dalam kantor. Saya melaporkan gangguan listrik di rumah saya kepadanya. Dia hanya meminta alamat rumah saya dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Baca juga: Mau pasang listrik baru? Begini caranya. Jangan sampai tertipu!

Setelah melapor, dia menjanjikan akan ada petugas yang datang ke lokasi sekitar satu jam. Setelah mendapatkan jawaban tersebut akhirnya saya kembali ke rumah dan menunggu petugas datang.

Saat itu kondisi saya memang sedang kurang sehat, jadi saya langsung masuk ke kamar dan istirahat. Ketika ada petugas PLN datang dengan menggunakan motor matic, saya tidak bisa bangun karena masih merasa lemas. Akhirnya petugas tersebut diterima oleh bapak mertua saya. Singkat cerita petugas tersebut meminta uang 300 ribu rupiah untuk penggantian NCB. Namun, oleh bapak mertua saya tidak di iyakan. Akhirnya petugas tersebut kembali ke kantornya lagi.

Menurut penuturan istri saya, petugas tersebut tidak berseragam dan hanya menggunakan motor matic. Istri saya pun lupa tidak menanyakan nama petugas yang datang. Saat saya datang ke kantor untuk melapor, memang saat itu pak Leman sedang mencuci motor varionya. Tapi saya tidak yakin bahwa yang datang ke rumah saya adalah orang yang sama dengan yang saya temui di kantor.

Akhirnya, ibu mertua saya memanggil seorang kenalan yang bekerja di PLN juga.  Namanya bang Andi. Kebetulan istrinya adalah teman pengajian ibu mertua saya. Ternyata bang Andi adalah pegawai outsourcing di PLN. Meskipun bukan pegawai tetap, bang Andi sangat membantu kami. Ketika ia datang bersama istrinya ke rumah saya pada sore hari, ia langsung mencoba menelpon ke layanan pengaduan PLN call center 123.

Sebetulnya saya sempat menelpon call center 123 dari handphone, tapi selalu gagal. Entah karena telpon GSM jadinya selalu tidak tersambung. Bang Andi menggunakan telpon CDMA, mungkin sebab itulah lebih mudah menghubungi call center 123.

Kemudian kami menceritakan kronologis kejadian oknum petugas PLN yang datang dan meminta bayaran 300 ribu rupiah untuk penggantian NCB. Menurut bang Andi, urusan KWH meter adalah tanggung jawab PLN dan free of charge. Jadi, kalau ada yang berusaha meminta bayaran, seharusnya di catat namanya dan bisa langsung dilaporkan melalu call center. Ya sayangnya, saat itu saya tidak bertemu dengan petugas nakal yang meminta bayaran 300 ribu rupiah tersebut.

Sambil menunggu petugas datang, bang Andi banyak bercerita tentang pengalamannya selama bertugas menjadi petugas PLN di lapangan sebagai tenaga outsourcing. Mulai dari sampai tidak ikut sholat Idul Fitri dan berkumpul bersama keluarga karena harus memperbaiki sambungan listrik untuk dua Masjid, sampai pernah melihat sosok asing berwarna hitam yang memegangi tangganya saat ia naik ke tiang listrik.

Meskipun bukan pegawai tetap, bang Andi bekerja dengan giat dan tanpa pamrih. Beberapa koleganya yang nakal saat ini dirumahkan oleh PLN. Karena prestasinya yang baik selama bekerja di wilayah Pamulang, saat ini bang Andi bekerja di wilayah Mampang, Jakarta. Boleh dibilang, bekerja di daerah Mampang menurutnya harus lebih disiplin. Karena setiap ada laporan gangguan listrik, setengah jam sesudah laporan, teknisi sudah harus ada di lokasi. Berbeda jauh dengan layanan di Pamulang. Meskipun kantornya selemparan batu, tapi bisa tiba satu jam lebih lama hahahaha.

Akhirnya setelah menunggu selama beberapa jam, datang petugas resmi PLN yang menggunakan seragam dan motor dinas. Mereka sempat kesulitan mencari alamat rumah saya. Sampai beberapa kali mondar-mandir di depan gang rumah. Setelah di periksa kerusakannya, mereka memutuskan aliran listrik di rumah saya sementara waktu di loss kan. Wal hasil saya mendapatkan listrik gratis selama 24 jam. Lumayan lah.

Esoknya datang lagi petugas PLN dengan menggunakan mobil. Kali ini yang datang ada empat orang. Sebelumnya hanya menggunakan motor dan berdua saja. Semua teknisi yang datang rata-rata masih sangat belia. Umurnya kisaran 18-25 tahun menurut perkiraan saya. Kemudian mereka menyelesaikan pekerjaannya dengan mengganti NCB yang rusak tersebut. Akhirnya setelah selesai saya hanya mengucapkan banyak terimakasih dan sudah menyediakan suguhan seadanya. Perbaikan tersebut sepenuhnya gratis. Jadi jika ada gangguan atau kerusakan inilah yang perlu di perhatikan.

  1. Telpon hanya melalui call center 123 (Jika menggunakan handphone, awali dengan kode lokasi misalnya Jakarta maka tekan 021-123)
  2. Sampaikan gangguan yang terjadi secara detail beserta nomor telpon dan alamat lengkap sampai RT dan RW-nya juga agar petugas tidak kesulitan mencari alamatnya.
  3. Kedatangan petugas teknisi antara 30 menit sampai dengan 2 jam tergantuang area layanan.
  4. Pastikan petugas yang datang menggunakan kendaraan dinas entah itu motor atau mobil.
  5. Catat nama petugas dengan lengkap, jika sewaktu-waktu ada perlakuan atau layanan yang dirasa kurang memuaskan dari petugas yang datang sehingga kita bisa melaporkan pada call center 123.
  6. Setelah perbaikan atau selama perbaikan belum selesai, petugas akan memberikan form sebagai bukti resmi dari petugas bahwa kwh tidak di bongkar paksa oleh pemilik rumah.
  7. Setelah selesai perbaikan pastikan kembali kwh tersegel dengan sempurna.
  8. Suguhi petugas yang datang sewajarnya saja.
  9. NO TIPPING!

Laporkan Gangguan Listik Menggunakan Aplikasi Qlue (sumber Liputan6.com)

Pelanggan yang telah memiliki aplikasi Qlue di smartphone mereka dapat memilih layanan Lapor Swasta setelah sebelumnya memiliki akun Qlue. Kemudian laporan ditujukan kepada PLN, setelah itu pelanggan dapat memilih review terkait layanan setelah mengunggah foto, menuliskan judul dan deskripsi laporan yang sedang dialami.

021923800_1465546571-cara_lapor_ganguan_listrik_pln_via_qlue
Sumber dari Liputan6.com

Dalam tahun ini Qlue memiliki target agar seluruh keluhan dari pelanggan kepada perusahaan swasta yang masuk di Qlue dapat di respon langsung oleh perusahaan swasta tersebut.

Aplikasi keluhan kepada PLN ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh pelanggan PLN di seluruh Indonesia. Contact center 123 PLN akan menerima laporan dari dashboard QLUE Help Desk untuk kemudian diteruskan kepada petugas di lapangan dan ke berbagai daerah agar dapat ditindaklanjuti secara optimal.

Salam Hangat

@DzulfikarAlala

116 thoughts on “Cara Melaporkan Gangguan Listrik PLN

    1. kebanyakan oknum nakal PLN itu .berada pada tukang survey pemasangan listrik baru.kebanyakn di situ mereka mintak”uang? ada tu oknum nakal atas nama ARIFIN,ciri” badan besar ,warna kulit putih, tukang surve di daerah wonorejo gondang rejo karanganyar .masak aku pasang listrik katanya engak bisa ,alasanya sebaiknya KWnya di gedein .eeeh ujung”nya minta uang. baru bisa di pasang . itu kan aneh . sya_harap orang ini di pecat .trimahkasih

      1. Berita komplain
        A.N. Yusup Alamat : kp cisarua goalapara rt 03 rw 03.
        Nomor telepon : 081294304181
        Dengan nomor KWH 46001612863
        Keluhan gangguan bilamana terjadi mati lampu/ spaneng tertera di KWH kata ‘PERIKSA’. Dari mulai pemasangan sampai hari sudah melapor ke PLN terdekat tapi tidak ada konfirmasi. Beberapa kali minta penggatian KWH tidak tanggapan juga. Mohon segera ditindak lanjuti.

      1. Kenapa area salatiga sering listriknya padam terus setiap hari. Mau ngeces hp listriknya padam. Sudah bayar tapi listriknya padam terus. Benerin!!.

  1. Saya juga simpan no telp kreo mas, suka tanya2 juga kalau ada gangguan
    oh ya…reply dari @pln_123 juga cukup cepat koq, saya sdh coba pagi ini🙂
    TFS Sharingnya ya

      1. pak klo gak ada twitter lapornya kemana ya? mau minta geser meteran lama banget di respon, dari tgl 12 Nov 14 kemarin blm ada tehnisinya yang datang

      2. lapor via tlp gan ke 123 nih dibawah udah kasih info klo pake gsm tambahin kode areanya dl sebelum ni 123. gud luck

        *Regards,Dzulfikar* *081322929329*

        [image: Dzulfikar Al-A’la on about.me]

        Dzulfikar Al-A’la about.me/dzulfikar

        2014-11-17 10:04 GMT+07:00 Creative Learner :

        >

      1. setuju bang Andry, rumah gw juga sering banget mati lampu. Tapi tetangga sebelah malah nyala krn beda gardu.

  2. Disamping rumah sy ada jalur pln putus sy melaporkan berkali2 ke123 karna api nyambar kemana mana bahkan ada beberapa org kena percikan namun dari pihak pln 5jam kemudian baru datang. Pas lagi perbaikan mlm cuaca hujan. Jadi penyambungan gamaksimal. Katanya besok dilanjut namun besoknya takunjung datang padahal masih ada beberapa sambungan dan kabel yang klupas keliatan kabel dalamnya lalu sy tlp lg ke123 setelah 24 jam takunjung datang juga tuh petugas padahal sy hub berkali2 sampai pulsa abis lebih 100rb. Capedeh gmn playanannya !

  3. Daerah rumah saya di jl. Chairil anwar skrg sdh sering mati lampu terus.. Kadang siang sore dan malam.. Kenapa seperti dulu lagi sering lampu?..no telp pemgaduan 021 7310509 tidak pnh diangkat kalau mati lampu.
    Seperti skrg .. Daerah sini mati lampu lagi ….

  4. mohon dtinjau kembali didaerah kmpung poncol bulak rt 002 rw 017 kel. jaka setia bekasi selatan. setelah mengalami pemadaman listrik kmarin malam tgl 7 okt dari pukul 00.00 wib hingga pagi hari jam 06.00 baru menyala kembali, namun voltage listrik setelah menyala tidak normal seperti biasanya seblum pemadaman…. alat2 elektronik tidak bisa dgunakan dgn listrik akibat voltage yg tidak normal tersebut. sudah berusaha melapor dan infonya akan dtindak lanjuti namun sampai saat ini masih belum ada perubahan sama sekali setelah melapor siang tadi…. dengan keadaan listrik seperti ini akan mengakibatkan banyak krusakan peralatan elektronik . banyak warga yg sama mengalami hal ini ! tolong di tinjau kembali dan dikondisikan voltage seperti semula… trimakasih.

  5. Tolong di tinjau kembali tegangan listrik d daerah kami….semenjak pemadaman listrik ddaerah kami di kp poncol bulak rt 002/ o17 kec. Bekasi selatan jaka setia tgl 7 okt 15 , mengalami voltage listrik yg tdk stabil. Alat2 elektronik sperti kulkas, jet pump dan elektronik lainnya mengalami hambatan tdk bs dgunakan krn tegangan listrik yg tdk stabil tersebut. Mohon d perbaik pak d gardu dsb bila mngalami masalah…..salam hormat trimakasih.

  6. Pak..tlng ditindak lanjuti..tetangga sy sudah 3th..mengambil.listrik secara lost/tanpa me teran(nyolong)..karna sama sj dia korupsi..ini alamatnya jl.cagar alam 1,,,Rt02/03 No11,, gg flamboyan 1,,,Depok kd pos 16436..trims

  7. N/b…masalah/pengaduan sy tlong jngn diberitahukan jika sy yg memberi tahu …trims karna kalau di biyarkan sama sj sy membiyarkan maling berkeliaran..

  8. PLN yang terhormat…. maap saya bilang anda gagal di daerah kami desa batukajang kabupaten paser kaltim… listrik padam 12 jam sehari dan berlangsung tiap hari.sampai detik ini belum ada perbaikan.asap makin tebal,sementara listrik mati.jika PLN pengen membunuh kami secara perlahan jgn seperti ini.kami juga bayar listrik.dari hasil kekayaanmu hai PLN juga terkandung uang kami.mikir

  9. YTh PT. PLN
    Pusat di jakarta
    kami dari RS. Pusat Otak nasional yang letaknya di Jln . MT. Haryono Cawang , jakarta timur dan kami sebagai pelanggan TM . mau melaporkan bahwa tanggal 19 Oktober 2015 sekitar pukul 09.20 terjadi tiga kali mati lampu dan jaraknya kira -kira satu jam dan mengakibatkan peralatan elektronik di RS kami mengalami gangguan / troble di server dan ini sangat mengganggu pelayanan di rumah sakit,. kami mohon kepada pihakPT. PLN Pusat apabila mau diadakan perbaikan di panel PLN yang berkaitan dengan instalasi listrik di rs pusat otak nasional mohon kami diinformasikan ke Tempat kami karena peralatan medik di rumah sakit sangat berkaitan listrik , dan perlu kami laporkan mati lampu sering terjadi, karena sudah beberapa kali alat kami mengalami masalah karena keandalan listrik dari PLN tidak terjamin , tiba tiba mati , kami mohon pihak PLN menjalankan aturan sesuai UU Ri.No.30 tahun 2009 tentang ketenaga Listrikan dan PUIL tahun 2009 kepada pelayanan publik dan masyarakat.

  10. sepertinya sudah menjadi kebiasaan PLN untuk mematikan lampu karena di daerah kami Talaud – Mangaran sudah seperti lampu disko entah apa alasannya, yang jelasnya sudah menjadi kebiasaan.
    muda-mudahan roh-roh dan arwah pencaut nyawa bisa mengambil mereka yang tangannya jahil supaya jadi bukti di makan strom karena terlalu membuat dosa banyak orang.
    tolong kinerja PLN harus di perbaiki

  11. PT. PLN Yth saya melaporkan bahwah di daerah talaud khususnya PLN Mangaran Kecamatan kabaruan sejak bulan april 2015 telah membuka pemasangan meteran baru dengan harga yang dapat di jangkau oleh masyarakat yaitu 900 = Rp.1.500.000 namun hingga saat ini puluhan anggota pemasang meteran baru hanya bermimpi di siang bolong sedangkan uangnya sudah di tagih sejak waktu pendaptaran ( bulan januari 2015 ) dengan kepala PLN kalau tidak salah marganya ” ELUNGAN ” yang saya tanyakan :
    1. Apakah uang pemasangan terebut dapat di kembalikan kembali ?
    2. Apakah benar ada pemasangan meteran seperti yang dijanjikan oleh Bapak Elungan ?

  12. Mohon Realisasi Perubahan Jalur Kabel Jaringan PLN yang Melintas diatas Rumah Kami . ( Tepat Di atas Atap ) Kami sudah pengajuan Tertulis tgl. 10 Okt 2015 ke PLN Area Surakarta Rayon Kartasura .
    Tapi Informasi dari CS Untuk Survei Ngantri ,, Realisasi Ngantri ,, Hadeeh….
    Mohon di Bantu .
    Terima Kasih .

  13. Untuk Data Geser / Rubah Jaringan tersebut Rek An . Gatot Raharjo ID Pel. 520 550 983 974 Area Surakarta Rayon Kartasura .

  14. Tolong dong PLN secara tegas melakukan tindakan tegas dan pelayanan yang baik didaerah saya cengakareng tepat nyaa dii jl.flamboyan II Rt012/08 kel.cengkareng,sering sekali mati lampu.tolong dii tindak lanjuti.terima kasih

  15. Maaf tolong pak didaerah jl.prima,menceng cengkareng sering banget mati lampu seminggu bisa berapa kali mati lampu. Mohon ditinjau lagi .

  16. Saya tinggal di kemiling bandar lampung,listrik di rumah saya sering mati hidup setiap malam sejak 6 bulan yg lalu saya menggunakan kwh meter jenis pulsa,dan sudah hampir 6 bulan yg lalu saya juga sudah datang ke kantor pln cabang bandar lampung dan juga saya selalu menghubungi 123.tetapi tidak pernah ada yg datang.sampai saya harus datang malam hari dan sampai mrnunggu petugas pln datang,setelah di cek katanya tegangan listrik saya kecil dan harus membeli kabel seharga 200 rb saya turuti agar listrik di rumah saya tidak mati hidup yg mengakibatkan peralatan elektronik saya rusak semua.tetapi kenyataannya sampai saat ini listrik saya tetap saja mati hidup.saya sangat kecewa dengan pelayanan pln saya merasa di tipu

  17. Saya tinggal di Desa Kuluri, Bungadidi, Kec. Tanah Lili, Luwu Utara. Selama saya berada di kampung ini sejak bln maret 2015 hingga sekarang , tiap malam Listrik PLN pasti padam, minimal 3x . Menurut informasi dari masyarakat yg sdh lama tinggal di daerah Kec.Tanah Lili ini, kejadian semacam ini ( padam listik min. 3x tiap malam) sdh berlangsung lama. Tapi herannya kok pihak PLN tidak merasa bersalah/bertanggung jawab klu kejadian semacam ini bsa membuat PLN digugat di Pengadilan. Karena akibat kejadian semacam ini banyak perangkat elektronik milik masyarakat jdi rusak.

  18. Mati 5dtik nyala 2mnit,mati lg 15dtik nyala lg 1jam…apa sih penyebabnya???rutin ganti bohlam pakai uang..by:ali,rt 01 ds.pudak,kec.kumpeh ulu jambi.

  19. warnet kami akhir2 ini sering rusak, jika listrik padam mendadak pasti komputer kami rusak, sering aku betuli” tapi listrik padam lagi dan lagi sehingga 4 buah komputer kami rusak parah dan yg satu masih diakali bisa,masih hidup kadang mati juga’ mohon claim kerusakan barang Elektronik” alamat saya Warnet Aisyah net”.jl.wijaya kusuma x/2 kav.nahrawi ujung menteng cakung jakarta timur nama saya R.Djoko Mulyono.

  20. Kenapa di wilayah kami sering mati lampu,apa lagi di sa’at pgi mau berangkat kerja sama menjelang maghrib di kala itu orang sedang membutuhkan tenaga listrik untuk mompa air.klu mati’a sebentar tdk knapa,ini mati’a lama dri sy berangkat kerja smpi sy pulang kerja.pelanggan banyak yg kecewa dan di rugikan oleh puhak pln.tp pln sendiri klu rugi berkoar langsyng ada tanggapan tp knapa kluhan kami tidak pernah ada tanggapan dri phak pln.harus’a dri pihak pln,pelayanan harus di utamakan untuk para planggan jangan di belakangin terus.tlong kerja pln di tingkatan lagi jangan ambil duit doang dari pelanggan.wilayah kami di gardu SWQ.pelayanan dong di utamain,jangan klu ada duit doang di utamain.tenaga pln yg bayar para planggan bukan pln yg bayar pelanggan.tingkatkan pasilitas pelanggan.dri sy pasir putih sawangan depok

  21. Maaf pa setiap mati lampu… Trus pas listrik yang lain nyala… Tetapi listrik pinya saya tidak nyala…
    Kadang tidak ada gangguan apapun. D kwh suka ada tulisan periksa… Mohon bantuan nya pa

  22. PLN di wilayah segah dan sekitarnya sudah lebih 2 minggu rusak dan belum di perbaiki sampai sekarang.mohon bantuan dan solusinya dalam mengatasi hal ini.

  23. kenapa ya listrik pascabayar gak pernah di kontro di daerah jaten1 rt01rw08 pedurungan tengah kota semarang

  24. di daerah wai ratai padang cermin kabupaten pesawaran lampung aneh stip mlm listrik padam bisa 3x tar hidup lagi tar mati lagi yg pas kesel nya lagi stiap pas mau sholat maghrib pasti itu listrik padam kan parah gx menghargain org yg mau ibadah tolong dong bantuan nya buat pln jngan pernah gitu lagi

  25. apa yg di alami sdr. rudi tabuti persis sama dg yg terjadi di Desa Bungadidi dan desa2 sekitarnya. kt org2 krn dayanya kurang, klu demikian kenapa tidak digilir sj matinya. tp perkiraan saya sengaja PLN melakukan cara demikian adalah sebagai slh satu cra untuk menyedot/menguras uang rakyat. Krna cara2 demikian yg dapat menguras pulsa

  26. D0JNA4N 

    f0joqct

    J0REVE

    K0JRY5F

    Ini beberapa code yg kita laporkan … 

    diluar yg tidak tercatat … 

    Sebenernya PLN itu comitmen nya bagaimana ?

    Sudah 1-2 minggu ini setiap sekitar jam 10 malam padam … 
    Travo sampai keluar oli nya … 

    BTL asal pasang jaringan baru tidak diperhitungkan kekuatan travo … 

    Apa nunggu travo kebakar + kampung kebakaran baru di perbaiki travo … 

    Kalau seperti ini terus maunya PLN seperti apa …? 

    Apa arti Slogan PLN
    SEMANGAT MENERANGI PELANGGAN …? 

    Coba pertimbangkan lagi kl bikin SLOGAN …? 

    Kalau pejabat PLN semarang timur tidak becus atasi masalah seperti ini … 
    Kenapa tdk di ganti saja …

    Nama : bagus
    Jl tlogo kenanga no 1
    Perum pondok indah
    Semarang

    085866668666

    1. Terimakasih kepada med sos & pihak PLN semarang timur …

      Setelah coment keluhan gangguan PLN di jln tlogo kenanga perum pondok indah semarang …

      Masalah jaringan listrik … sudah teratasi … alhamdulilah …

      Bagus TILAM

      085866668666

  27. di daerah kecamatan Anyar Kab.Serang Prop.Banten,tepatnya di Kp.Salatuhur Rt.01/01 Ds.Cikoneng,di salah satu tiang listrik kabel yang tersambung ke rumah warga – warga sudah rusak parah dan apabila tidak segera di tindak lanjuti akan membahayakan warga di sekitarnya.kami tidak tau harus melapor kemna lg,sdh lapor ke PLN terdekat tp tidak ada respon apapun.mohon masalah ini untuk dapat segera di tindaklanjuti…

  28. Pemadaman listrik d rajadesa sering trjadi meski cuaca lagi tak hujan apalagi d malam hari kami merasa tak nyaman mohon d perhatikan

  29. apaan ,PLN area ciputat KURANG TANGGAP !!! listrik di tempat saya sudah satu tahun tegangan listrik nya berkurang,sudah lapor 2 kali dan udah 2 x juga di cek,tapi yang di cek doang ga mau di benerin,alhasil alat2 elektronik ya jebol semua,,IKUT YA PLN GARDU CIPUTAT,,

  30. Kepada bapak petugas pln yg terhormat saya melaporkan wilayah dupak margersari kecamatan bubutan ,kelurahan jepara ,kenap akhir2 ini sering turun voltasenya apa ada perbaikan?

  31. yandi suhandi

    daerah kami sindang asih.kec simpenan kab sukabumi.. bulan-bulan ini mati lampu terus dri pagi bisa bisa nyampe pagi lagi.. sekarang mati lampu dri jam 3 sore smpe skrng masih mati lampu.. giliran bayarn suruh bayar tepat waktu giliran mati tiap hari mati.. mending pake genset sekalian saja uang habis lampu nyala terus kan puas.. ini pke listrik dari PLN yang ada bikin emosi pelayanan nya..

  32. 1.Saya Mau tanya kenapa pembelian token listrik diatas jam 12 malam error..?
    Sedangkan listrik saya di rumah tiba2 mati krn kehabisan pulsa di jam tersebut…
    2. Knpa kilometer saya dirumah tdk ada alarm disaat pulsa akan habis..?
    Sehingga saya tdk bisa mengantipasi jika voucher akan habis

  33. Bos.. TOLONG PERHATIANNYA DONK, PEMADAMAN SERING KALI , DI KEMANG PONDOK! JADI MENGHAMBAT PEKERJAAN! TKS ATAS PERHATIAN DAN PEMADAMANNYA.. (JANGAN TAGIHANNYA AJA YG NO 1)

  34. Didaerah taman surya 3, pegadungan cengkareng, jakarta barat dalam bulan mei sudah 4x padam listrik. Bln april sebelumnya jg beberapa kali padam. Sedangkan citra 3, palem, citra 6 sekitarnya tidak pernah padam. Tolong pln perhatikan apa penyebabnya padam listrik yg terjadi.

  35. Kepada yth.
    PT.PLN persero

    Saya memberitahukan d daerah SEMPER BARAT, JAKARTA UTARA tlah trjdi pemadaman listrik, tlong bpk nyala kembali listrik yg padam.

  36. Kepada yth.
    PT.PLN persero

    Saya memberitahukan d daerah SEMPER BARAT, JAKARTA UTARA tlah trjdi pemadaman listrik, tlong bpk nyala kembali listrik yg padam.
    Terimakasih

    Hormat saya

    ANDIKA PRIYOGO

  37. Bapak pln sy baru ganti meteran karna rusak tp setelah diganti 3x lipat lebi cepat prmakaian pulsanya dari sebelumnya suda perna diceksama orang pln tp katanya suda tidakbisa diruba lagi

  38. Pak, saya sudah melakukan register tambah daya dan sudah melakukan pembayaran tanggal 13 juni 2016, info dari call centre 5 hari kerja. tapi sampai sekarang sudah tanggal 27 Juni 2016. Belum ada realisasi..
    Mohon bantuannya

      1. untuk transaksi token(listrik prabayar)yg GAGAL(tidak bisa masuk kemetran).siapa yg harus bertanggung jawab ya pak…???? mohon bantuannya.trims

  39. sudah sering terjadi.transaksi token/listrik prabayar.GAGAL infut kemeteran(tidak bisa masuk kemeteran)mohon agar pihak yg terkait bisa menyelesaikan masalah ini dgn baik.dan bersedia menggantinya dgn nomor token yg baru.agar tidak ada pihak yg dirugikan.trims

  40. Pak rumah saya jln raya pedeng no:96 kecamatan socah bangkalan madura jatim.
    Keluhan:
    Rumah saya di pinggir jalan umum kabel listrik rumah saya melintang ke seberang jalan karena gardu listriknya ada di seberang jalan.nah yg melewati jlan umum itu sering truk2 besar dan tinggi muatannya selalu nyangkut kabelx pak n putus hingga tengah mlm kami sekeluarga hrus gelap gelapan . Tolong pak di pantau dan beri solusi.supaya gak nyangkut kabelnya.

  41. Saya Cakra Waluya Wirapati alamat rumah Jl Bima 141, RT 05/02 Kelurahan Arjuna Kecamatan Cicendo Bandung. Pada bulan Desember 2015 memasang listrik dengan daya 1300 KVA. Kepada petugas PLN yang bernama ANWAR. Istri saya diminta biaya sebesar Rp 1.800.000, padahal biaya pemasangan listrik
    1300 KVA sebesar Rp 1.218.000. Jelas saya merasa dirugikan & dibodohi oleh petugas tersebut. HARAPAN SAYA KELEBIHAN UANG TERSEBUT MOHON BISA DIKEMBALIHAN. Kami mohon bantuan PLN demi CITRA BAIK PLN. Terima kasih.

  42. …sy mau complain….perusahan kami di manado..awal tahun 2015 mengajukan pemasangan Gardu listrik kusus perusahan Manado INN hotel dgn al Jln Samrat .No .138 Manado,, dan semua proses dipasang oleh Tenaga dari PLN cab Manado….dan sampai sekarang gardu sudah terpasang hampir setahun dan semua masih posisi tersegel,,,, tpi bulan kemarin awal bulan juli thn 2016, ada pemeriksaan dari tim P2TL PLN rupanya ada kesalahan saat pemasangan yg lalu mengakibatkan kami selaku pelanggan dibebankan wajib bayar kira kira RP.12.000.000an hasil pemeriksaan ktanya wiring S dan T terbalik…mengakibatkan penghitungan pemakaian tidak maksimal…..padahal semua pemasangan dikerjakan oleh tenaga dari kantor PLN setempat……ini sama saja akibat ulah tenaga PLN sendiri,,,kami perusahan dirugikan dan keberatan krn harus membayar …..Ini berarti Tenaga PLN tidak Profesional saat pemasangan sehingga kami konsumen dirugikan…? pa tidak ada solusi lain..? kami sudah mendapat surat panggilan no.279/DIS.00.03/RMS/2016…..tx Management hotel Manado inn..

    1. saya mau melaporkan adanya pencurian listrik negara. tepatnya di ruko2 asrama yonkav 1 cijantung dekat asrama brigif linud 17. padahal kemaren semua listrik di ruko disini baru diganti token. saya sebagai pelanggan listrik sangat dirugikan karna saya harus bayar token sedangkan yg nyolong tidak bayar. mohon pln brani tindak tegas oknum2 pencuri, jgn takut sama anggota2 karna dsni kawasan militer ini pencurian.

  43. Saya mau melapor kan gardu listrik di PMD panjang bandar lampung, masalah nya sering kluar percikan api. Mohon di cek. Trima kasih.

  44. JL PISANGAN BARU RT 14/13NO 14 PISANGAN BARU MATRAMAN JAKARTA TIMUR ADA YG AMBIL KEUNTUNGAN DARI TIANG LISTRIK BUAT JUALAN UDH ME3LAPORKAN 2 X

  45. LAPOR PLN RUMAH SAYA JL. SASTRADIKARTA RT 006 RW 007 KEL. JOMBANG WETAN KEC. JOMBANG KOTA CILEGON PROPINSI BANTEN
    KENAPA YA DILINGKUNGAN SAYA TERUTAMA DARI RUMAH SAYA KEBELAKANG SAMA SAMPING KIRI RUMAH SAYA SERING MATI LISTRIK SEBELAH YANG LAIN AMAN TAK PERNAH GELAP MISKIPUN MATI HANYA SEBENTAR, KAMI HARI INI RABU, 14-09-2016 MATI DARI JAM 09.00 S/D JAM 15.30 BELUM NYALA JUGA MOHON PLN UNTUK MENINDAKLANJUTI PENYEBAB INI SUPAYA KAMI DAPAT MENIKMATI SEPERTI WARGA LAINNYA, TERIMA KASIH

  46. Jl.hoscokroaminoto gg.masjid no 10 rt01/04( depan ramayana ciledug ) meteran tulisa” periksa” dari jam 5sore tadi saya sudah tlp ke 123 sampai 4kali laporan…. saya tunggu sampai sekarang jam 9 malam blom ada konfirmasi petugas dateng .mohon di cek terima kasih

  47. kami masyarakat sulawesi tenggara sangat sangat kecewa dgn pelayann listrik kmi di sulawesi tenggara di kabupaten kolaka timur khususnya. yg mana alat rumah tangga kmi rusak semua akibat arus listrik yg sgt tdk stabil. hingga sampai tdk mencapai 220vol.pdhal ttp jg pembyaran sm dan malahan dgn arus listrik yg tdk stabil membuat masyarakat merugi hingg 85 persen perbln. tlg di antisipasi paling tdk kmi membutuhkn travo listrik untuk mengimbangi arus listrik yg tdk stabil

  48. bayar listrik naik 400 %dari bayar 70 ribu sekarang bulan september bayar 300 bulan kedua bayar 200 karna aku hmatin pengluaran listrik dan bulan depan mungki akan bertambah lagi karna setiap hari aku cek kwh meteranya….aku sudah lapor ke kantor pln katanya ada penunggakan kwh yang aku tanyakan sampai kapan kwh nya akan normal kembali.trimakasih

  49. beberapa bulan ini listrik saya bayarknya terlalu murah dari hitungan pemakaian. sudah ke kantor PLN juga tidak ditanggapi. solusinya bagaimana? daya 900 pemaikaian untuk AC 1/2Pk, kulkas, mesin cuci, magic com, pompa air, setrika, lampu 10 buah LED, TV 1 unit max saya cuma bayar 50rbAn.

  50. Di daerah saya banyak banget oknum merugikan dengan cara mencuri aliran listrik …. jadi kita yg benar2 murni merasa kawatir … dan banyak meteren yg sudah tua belum di ganti …. kususnya di jl.kota bambu selatan raya …mohon di tindak lanjuti buat oknum2 yg merugikan PLN

  51. To kantor PLN daerah cipinang jakarta timur.koneksi kwh di rumah saya kendor saat ini listrik suka mati semdiri .saya mau perbaiki tapi di mcb ada segel tolong segera di follow up karna rentan kebakar.alamat jl.cipinang lontar 1 rt.03,rq.08 kel.copinang jakarta timur atas nama sjarip nurjamin CENB11000. 085777593868.URGENT

  52. Daerah green ville blok BA dan jl mangga 14, duri kepa, tj duren, kebon jeruk, jakarta barat 11510 sudah 3 minggu terakhir,@minggu 1x mati sekitaran 8 – 10 jam langganan mati listrik, hal ini sangat menggangu n merugikan kami yg membutuhkan listrik untuk kerja,anak2 msh balita dll, mohon jika mmng ada masalah bisa segera di perbaiki tuntas jgn setengah2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s