Payah, Komplain via SMS di Spesial Sambal Tidak di Tanggapi!


image

Sebagai orang Bandung, saya sangat menyukai sambal. Apalagi jika ditambah dengan sayuran segar sebagai lalapan. Sambal itu bagi saya adalah seni sebuah makanan. Tanpa sambal rasanya selalu ada yang kurang. Karena itulah restauran Spesial Sambal selalu menjadi pilihan saya di awal bulan. Selain menyajikan berbagai pilihan sambal, harganya pun masuk akal.

Sayangnya pada tanggal 18 Desember 2013 lalu saya mendapatkan pengalaman yang bagi saya cukup mengecewakan di Warung Spesial Sambal cabang BSD, Tangerang Selatan. Ini semua bermula ketika saya menemukan sebuah lalat kering yang berada di balik-balik nasi yang hendak saya makan. Beruntung saya mengetahuinya sesaat sebelum saya suapkan.

image
Lalat kering yang saya temukan dalam sajian nasi di restoran Spesial Sambal

Langsung saja saat itu saya memanggil seorang waitress. Tanpa berkata apa-apa saya hanya menunjukkan seekor lalat kering dihadapannya. Tanpa mengucapkan  permintaan maaf dia hanya bilang “baik pak akan segera saya ganti nasinya”. Kemudian saya menolak nasi tersebut dibawanya ke belakang. Karena saya pikir dia belum menyatakan permintaan maaf.

Beberapa saat kemudian dia datang membawakan nasi baru. Memang di restauran spesial sambal terpampang berbagai media poster. Salah satunya pelanggan bebas komplain jika sambalnya kepedesan, gelas bau sabun dan lain-lain. Sayang ternyata media tersebut barangkali dijadikan pembenaran tanpa ada tata krama untuk menyatakan permintaan maaf sekalipun sampai saya meninggalkan restauran tersebut.

Saya bisa saja akting gebrak meja saat itu juga, untuk menyatakan ketidakpuasan. Tapi untuk apa? Di beberapa restauran cepat saji selalu ada kompensasi atas kelalain hal seperti ini. Tapi bukan kompensasi yang saya inginkan! Saya hanya menunggu permintaan maaf dari mereka bahwa mereka lalai menyediakan sajian yang layak dan higienis.

Sungguh saya sebagai pelanggan setia merasakan kekecewaan yang amat mendalam. Apalagi istri saya sampai saat ini tidak mau lagi jika diajak untuk sekedar mampir kembali. Sejujurnya saya sudah mau melupakan hal ini. Tapi saya rasa hal ini pun perlu diketahui orang lain, ternyata media-media poster barangkali hanya sekedar pencitraan.

Sampai detik ini sms komplain kami pun tidak ditanggapi. Entah itu mendapatkan balasan permohonan maaf dan akan memperbaiki layanan mereka, tidak sama sekali! Padahal status sms sudah terkirim. Lalu utuk apa spesial sambal menempelkan nomor sms untuk komplain para pelanggannya?

Bagi saya di setiap restauran selalu ada kelalain kecil seperti ini. Jika saya makan di sebuah warteg tentu ceritanya akan berbeda. Dan saya makan bukan di sebuah warteg. Bagi saya Spesial Sambal memiliki kelas tersendiri. Tapi sayangnya pelayanan komplainnya masih sekelas warteg.

@DzulfikarAlala

2 thoughts on “Payah, Komplain via SMS di Spesial Sambal Tidak di Tanggapi!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s