Sempatkan Perawatan Motor Secara Berkala


image

Hal yang sebetulnya paling malas saya lakukan tapi perlu adalah perawatan motor. Bagaimanapun, tanpa kendaraan ini saya tidak bisa mencari nafkah. Boleh dibilang inilah moda transportasi andalan saya selama hampir lebih dari 10 tahun. Sejak kuliah, saya sudah terbiasa naik metro mini dan KRL. Tapi lambat laun daya jelajah yang harus saya tempuh semakin banyak dan semakin jauh dalam satu hari di tempat berbeda. Jadilah pilihan saya yang paling affordable adalah kendaraan roda dua.

Biasanya saya melakukan perawatan motor secara berkala. Indikatornya tinggal lihat kilometer. Ukurannya setiap 2500 km dan kelipatannya saya memasukkan motor saya ke bengkel terdekat. Yang dilakukan adalah pembersihan saringan udara, setting karburator dan penggantian oli mesin.

Hal tersebut biasanya jadi kegiatan rutin tiap bulan. Tapi ada kalanya ketika sibuk, saya hanya melakukannya sekali dalam dua bulan.

Ada trik khusus yang memang sedikit mahal tapi berhasil saya lakukan adalah mengganti bahan bakar dengan bbm tanpa timbal. Secara khusus memang mesin lebih bersih dan bertenaga. Bahkan satu waktu saya enggan melakukan perawatan servica besar karena saya rutin membelikan motor saya bensin tanpa timbal.

Namun seiring waktu berjalan, kenaikan harga bensin tanpa timbal tak bisa diprediksi. Inilah yang membuat istri saya semaput mengatur keuangan. Akhirnya terpaksa harus balik lagi ke premium. Wal hasil mesin cepat kotor dan terasa tidak bertenaga. Pada akhirnya minimal selama satu tahun sekali saya memanjakan motor saya dengan service besar.

Yang dilakukan selama perawatan service besar adalah membersihkan piston dari kerak, mengganti saringan oli dan mengganti packing mesin yang biasanya sudah aus. Hal ini mencegah kebocoran oli melalui pori2 kecil yang terbuka.

Perawatan service besar memang cukup mahal. Tapi dengan begitu usia pakai menjadi dua kali lipat lebih lama dibandingkan usia maksimal 5 tahun penggunaan. Apalagi jika kilometernya masih rendah.

Untuk teknologi karburator memang perlu perawatan khusus dan terkesan manja. Berbeda dengan teknologi injeksi yang tidak memerlukan settingan ulang setiap bulan saat perawatan. Yang penting motor injeksi lebih tepat dan cocok menggunakan bahan bakar tanpa timbal.

Wal hasil, sehari dalam satu bulan, bikers selalu akrab dengan bengkel. Minimal jika tidak sempat ke bengkel saya melakukan penggantian oli mesin sendiri. Oli mesin yang sudah terlalu lama digunakan berpotensi merusak mesin dan tentu saja kerusakan yang timbul akan lebih serius lagi.

Sekedar saran, pilihlah bengkel yang resmi. Karena mereka telah memiliki standar pelayanan terhadap produk mereka sendiri. Jika memang memungkinkan, pilihlah montor tetap di bengkel tersebut. Meskipun sudah melalui proses pendidikan dan sertifikasi, masalah skill tiap orang sudah pasti berbeda. Disinilah konsumen harus jeli. Komunikasikan dengan petugas penerima bahwa anda sudah cocok dengan montir tertentu. Hal ini ada alasannya. Ibarat jodoh, motor pun akan lebih baik di pegang oleh satu montir saja. Jadi, tidak terlalu banyak tangan yang akan merawat motor kita.  Berikan tips sewajarnya sebagai bukti apresiasi dan kepuasan kita karena ‘memilih’ montir yang menurut kita lebih skillfull dan mengerti apa yang dibutuhkan motor kita.

Last but not least, antri pagi hari atau lebih awal karena semakin banyaknya populasi motor kadang tidak berimbang dengan jumlah bengkel resmi yang tersedia. Montir pun lebih fresh ketika pagi hari. Tentu akan berpengaruh terhadap layanannya. Jangan lupa bawa camilan, iPod dan smartphone atau buku untuk mengisi waktu luang sambil menunggu motor kita dirawat.

Salam Hangat 

@DzulfikarAlala

Leave a Reply

