Cara Perbaiki Kaca Helm yang Kendor


image

Artikel ini terinspirasi salah satu postingan di kaskus. Kemudian saya mencoba untuk menerapkannya dan menuliskannya kembali dalam blog saya.

Pernah nggak kamu ngerasain kaca helm kamu koplok koplok terutama saat jalanan berlubang. Tentu rasanya annoying banget kan? Apalagi kalau kaca helmnya berwarna hitam dan jadi menghalangi pandangan. Berikut tips singkat mengatasi kaca helm yang sudah kendor.
Barang yang dibutuhkan adalah sendok untuk membuka baut kuping helm, gunting dan seal tape atau selotip khusus pembungkus kabel listrik. Kenapa seal tape listrik? Karena ia memiliki ketebalan namun elastis. Jadi nantinya lebih mengigit gerigi helm yang sudah aus.

image

Pertama, buka kuping helm dengan bantuan sendok secara perlahan. Buka kedua sisinya sehingga kaca helm terlepas.

image

Setelah terlepas, cobalah bersihkan dulu debu debu yang menempel. Karena biasanya disitulah sarang debu dan sulit untuk dibersihkan.

Carilah bekas gerigi kaca helm. Biasanya ada tanda bekas putaran kaca helm. Tandai dan rekatkan seal tape satu lapisan saja dulu. Jika dirasa kurang mengigit, baru boleh ditambahkan lapisan kedua.

image

Jangan lupa pastikan seal tape tidak menutupi lubang kuping helm atau bahkan mengganjal topi helm. Karena biasanya sudah ada alurnya. Fokus saja pada geligi kaca helm yah.

Nah, proses terakhir cukup bersihkan dengan menggunakan tissue basah, kanebo setengah basah dan keringkan. Setelah dirasa cukup bersih, kemudian pasang kembali kaca helm dan topinya kembali ke posisi semula. Sekarang helm kamu sudah bisa dipergunakan kembali dan kacanya seperti baru lagi dan dijamin tidak akan kendor.

image

Salam hangat

22 thoughts on “Cara Perbaiki Kaca Helm yang Kendor

    1. helm sebetulnya ada usianya win. antara 3-4 tahun. jadi setelah itu kualitas busa akan berkurang terutama dalam impactnya melindungi kepala saat jatuh atau terjadi kecelakaan. Jadi kalau kaca helm kendor bisa di berikan tips ini. tp klo sudah kedaluwarsa sudah harus di ganti demi keselamatan win.

      1. klo pengaruh ke kesehatan sih gak ada asal rutin di cuci minimal sebulan sekali. tp busa pelindungnya udh pasti gak bakalan maksimal melindungi tempurung kepala klo sewaktu-waktu terjadi benturan hebat. jadi usia ideal antara 3-4 tahun untuk yg SNI atau standar luar DOT.

    1. yes, great. tipsnya bermanfaat🙂

      *Regards,Dzulfikar Al-A’la* *081322929329*

      Facebook Dzulfikar Twitter @DzulfikarAlala Google Plus http://www.dzulfikaralala.com

      [image: Dzulfikar Al-A’la on about.me]

      Dzulfikar Al-A’la about.me/dzulfikar

      On Sat, Aug 8, 2015 at 4:16 PM, Creative Learner wrote:

      >

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s