Fenomena Ritual Bersih Kubur hingga Mayat Berjalan Toraja


Media sosial memang luar biasa. Bagaimanapun jua, kebenaran harus diterusakan dan disebarluaskan. Inilah yang sebenarnya tentang Mayat Berjalan yang heboh itu.

My Passion

Siang tadi seorang kawan mendadak memanggil nama saya untuk memberi penjelasan benar tidaknya keterangan yang disebutkan pada sebuah gambar yang diunggah dan menjadi perbincangan di media sosial seharian tadi. Pada gambar tersebut si pengunggah memberi keterangan berikut:

*foto yang anda lihat ini adalah jenazah seorang perempuan (berbaju biru) yang dikondisikan oleh keluarganya untuk berjalan sendiri menuju makamnya, dengan menggunakan mantra tertentu. walau tak lagi kerap dilakukan, tetapi ritual ini terjaga hingga kini.*

Di bawah keterangan itu ditambahkan sebuah tulisan dengan judul yang ditulis  dalam huruf besar RITUAL MAYAT BERJALAN (ALUK TODOLO) TORAJA BARAT, MAMASA.

Sebagai anak Toraja yang lahir dan besar di bumi Lakipadada, Tondok lan Lilikna Lepongan Bulan Gontingna Matarik Allo; gemes juga melihat gambar dan keterangan pada gambar yang tidak sesuai dengan konteksnya. Akhirnya turut meninggalkan komentar pada gambar tersebut,”Hadeeeeeeeeuuuuuuuuuh, ini acara Ma’Nenek alias ritual bersih kubur BUKAN mayat berjalan.”

View original post 409 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s