Antara Mouse dan Touchscreen Bagi Batita


Mana sih yang harus lebih dulu dikenalkan sama anak-anak terutama batita? Itu kayaknya PR banget buat orang tua jaman sekarang. Contohnya anak saya sekarang usianya sudah masuk tiga tahun Nopember nanti.

Kalau soal touchscreen sih dia jago banget. Yah, jelas dia udah terbiasa karena hape saya dan istri saya udah touchscreen dua-duanya. Jadi dia gak begitu akrab sama hape keypad. Apalagi sama yang namanya mouse, soalnya laptop kan pake trackpad.

Ebeb tuh kalau saya pulang pasti yang ditanya “Daddy pinjam Tabnya dong” sambil merajuk dan memonyongkan bibirnya. Kalau sudah gitu hati siapa yang gak bakal leleh. Nyessss…

Nah, untungnya sih dia tuh cuma suka sama tari tradisional atau lagu tradisional. Untuk lagu yang kontemporer paling banter dia cuma dengerin irama tabuhan drumnya aja. Jadi tab saya isinya ya cuma video kesukaan ebeb. Ada sih dua lagi band yang dia suka. Noah sama Armada. Ceritanya panjang kalau saya tulis disini.

Ebeb tuh emang doyan banget sama marawis. Makanya di rumah, semua barang dan peralatan bisa jadi alat musik dan stick apapun bisa jadi alat pukul.

Kemarin-kemarin sih masih pake sumpit mie ayam. Tapi ternyata dia kesura (terkena serabut bamboo) jadinya sampai kesakitan. Saya, istri dan ibu mertua sampai susah benget nyabutnya.

Yah ebebnya kejer nangis. Untungnya istri saya bisa ngeluarin serpihan bambunya setelah pakai peniti. Sumpah saya gak tega pas permukaan kulitnya di kelupas sedikit. Maksudnya ya emang supaya bisa tarik buntutnya.

Gara-gara kejadian itu akhirnya semua sumpit bamboo saya buang. Eh kakeknya kreatif banget matahin batang jemuran yang berbentuk lingkaran. Biasanya jemuran model kayak gitu buat jemurin pakaian bayi. Jelas lebih aman karena terbuat dari plastic, tapi gak aman bagi sepupunya yang suka kena samber ebeb pake stik barunya. Hadeh PR banget kan?

Balik lagi ke mouse dan touchscreen yah, hehehe. Intinya Ebeb udah master banget dah kalau soal mengoperasikan tablet. Tapi celakanya pas dihadapkan dengan laptop, dia kira layarnya juga bisa di sentuh. Makanya gak heran layar laptop saya gak pernah bersih. Ebeb tuh juga kadang masih gak nyadar kalau laptopnya gak bisa touchscreen.

Okelah, laptop saya meskipun macbook tapi boleh dianggap jadul karena gak bisa touchscreen. Inilah gagalnya ‘produk; touchscreen yang gak bisa ngegunain trackpad.

Sebenernya trackpad lebih enak dibandingin sama mouse. Tapi gara-gara game smartyants yang ngajarin ebeb alphabet bikin ebeb harus menguasai laptop pakai mouse. Itu juga sih yang diragukan sang penemu game smartyants saat saya ngobrol dengan dia di sekolah. Dian usia ebeb dan apakah ebeb sudah bisa menggunakan mouse.

Sekarang saya malah rencana mau beli mouse. Ya itu tadi buat bantu ebeb main game alphabet.

Jadi saran saya sih, kalau anak memang lebih dahulu kenal mouse akan lebih baik. Soalnya kalau kenal touchscreen duluan, siap-siap aja TV dan laptop tuh layarnya penuh dengan bekas sidik jari anak kita.

Salam Hangat
@DzulfikarAlala

4 thoughts on “Antara Mouse dan Touchscreen Bagi Batita

  1. untungnya sih anak2 saya lahir di generasi blm touchscreen dulu, jd mulai dari maen game manual sampe pakai mouse dan touchscreen
    sampe2 di warung padang pun pake touchscreen, nunjuk mau makan yang itu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s