Cara Pengajuan Pemasangan Listrik Baru


image

Saya pikir mengurus pengajuan pemasangan listrik baru itu sulit. Eh tenyata prosesnya tidak terlalu sulit seperti yang saya bayangkan. Cukup datang ke kantor PLN terdekat dengan membawa fotocopy KTP.

Untuk pendaftaran pemasangan baru dengan daya 1300 VA dikenai biaya Rp. 1.450.000 sedangkan untuk pemasangan 2200 VA dikenai biaya sekitar Rp. 2.200.000. (Harga bulan September 2013 di daerah Pamulang, Tangerang Selatan).

Baca juga: Cara Melaporkan Gangguan Listrik Melalui Call Center 123 atau melalui aplikasi Qlue di Smartphone Android secara instan dengan sambungan internet online.

Semua sambungan baru menggunakan listrik prabayar dengan kwh elektrik. Kebetulan saat mendaftar, stock kwh sedang habis. Jadi pemasangan sedikit molor dari biasanya karena harus menunggu kwh.

Proses sambungan dilakukan oleh mitra kerja PLN. Jadi biaya yang di bayarkan sudah include semuanya. Kecuali jika kita ingin memberikan uang lelah seikhlasnya kepada petugas yang datang.

image

Proses instalasi bukan menjadi tanggung jawab PLN, semua diserahkan kepada pemilik rumah. Jadi sebelum listrik tersambung sebaiknya proses instalasi sudah selesai.

Prosesnya sangat cepat. Setelah selesai saya hanya tinggal dimintai tandatangan di beberapa lembar form yang menyatakan bahwa listrik sudah tersambung. Kemudian saya diberi sebuah kartu sebagai id pelanggan. Kartu tersebut harus ditunjukkan setiap kali ingin membeli pulsa listrik.

image

Salam Hangat
Diskusi bareng saya di twitter @DzulfikarAlala

Herry Herdian Koeswayo on March 23, 2014 at 9:30 AM said:

Pak DZulfikar, saya koreksi, memasang instalasi listrik itu tidak bisa nyuruh anak STM listrik saja…. aduuh tolong dibaca peraturan undang-undang no. 30, peraturan lembaga jasa konstruksi jangan sampai menyampaikan informasi yang sesat nanti yg korban konsumen.
Pak Ridho, jadi instalasi listrik milik pelanggan itu bukan menjadi urusan PLN tetapi menjadi urusan instalatur yang resmi, apa itu instalatir yang resmi yaitu perusahaan instalatir yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah seperti mempunyai SIUJK ( surat ijin jasa kontruksi ) dari Pemerintah, mempunya tenaga tehnik yang bersertifikat yang telah diuji oleh lembaga sertifikasi yang ditunjuk pemerintah, Nah…. perusahaan-perusahaan instalatir ini tergabung biasanya dalam suatu asosiasi misalnya AKLI, AKLINDO, K3N dan lain sebagainya.
Jangan asal main ambil Tenaga STM listrik saja Pak, karena mereka tidak mempunyai ijin untuk melakukan pemasangan instalasi listrik, nanti lama2 tukang tembok yang masang, Pak Ridho hubungi saja pihak instalatir kemudian dihitung berapa kebutuhan daya yang bapak butuhkan, kebutuhan materialnya berikut jasa pasangnya. nanti instalatir ini bisa juga menguruskan SLO, oh ya tentang SLO ( sertifikat laik operasi) sederhananya, seperti ini :
Pak Ridho meminta instalatir memasang instalasi, kemudian Bapak meminta kepada lembaga pemeriksa untuk memeriksa hasil kerja instalatir, jika pekerjaan instalatir ini sdh benar baik dari sisi kualitas material maupun dari sisi tehnis, maka Lemaga Pemeriksa akan mengeluarkan Sertifikat Laik Operasi yang intinya menyatakan bahwa instalasi listrik milik Pak Ridho apabila dialiri arus listrik sudah aman. Peraturan tentang tata cara pemasangan instalasi ada di Undang-undang No. 30 tahun 2009

99 thoughts on “Cara Pengajuan Pemasangan Listrik Baru

      1. mas, mau nanya maksudnya “Proses instalasi bukan menjadi tanggung jawab PLN, semua diserahkan kepada pemilik rumah. Jadi sebelum listrik tersambung sebaiknya proses instalasi sudah selesai.” itu gimana??? yg dimaksud instalasi tuh instalasi apa???
        mohon pencerahannya.

      2. Maksudnya pemasangan stop kontak, ncb, steker, saklar gitu. Jd PLN cuma pasang dr tiang ke rumah aja. Instalasi di dalam rumah udh harus di atur dan dipasang sblm PLN masang sambungan listrik.

      3. Tukangnya cari aja anak smk jurusan listrik. Ato bs juga cr info ke pegawai pln. Biasanya mrk py rekanan. Klo mau pasang sendiri googling aja. Minimal buat pengetahuan.

    1. Pgi pak,sye cume ingin tau…smlam saye baru ambil mteran listrik yg 4 titik..jdi meteran yg 4 titik tdi ktny meteran bersubsidi jdi sye harus ad surat miskin.karena saye mmang orng susah jdi sye ad surat tersebut…yg ingin saye tahu ….setelah surat miskin saye berikan,sye jge mmbyar uang sbesar 2,9 jt…apkah mmang bgitu y pak?

      1. rasanya gak logis ya klo sudah ada surat miskin tapi masih harus bayar 2.9jt. lbh jelasnya langsung tanya aja ke customer service pln 123. maaf sy blm pernah py pengalaman seperti itu. trims

      2. maaf beri komen dikit niee untuk listrik pemasangan 450 va/ biasa di sebut di masyarakat watt dan 900 va / itu di subsidi dari pemerintah
        450 va = Rp. 475.000,- + matrai 6000 + map pink/ merah+ gambar ( kalo ada / dari koperasinya ( tergantung rayon PLN masing masing ) sebenarnya di gak ada ) + Rp 80.000,- konsuil / ijin kelayakan instalasi ( untuk antisipasi ke pln bila terjadi kebakaran ( dengan syarat tertentu ) bisa minta ganti rugi ke PLN pergantian kerugian bila kebakaran ( rumah , dll ) di ajukan saja.,, di ganti bila jelas dan gak ada kendala ( asuransi ) .
        dan 900 va = 680.000,- + matrai 6000+ map pink/ merah+ gambar+ 80.000 konsul…( sama semua ya fungsi penjelasan di atas.
        dan seterus y 1300va = 980.000,- / 2200va = 1.250.000,-
        diatas pemasangan 900 va tidak di subsidi pemerintah pemakaian / KWH y… tuk sehari hari ( bukan biaya pasang baru ya)
        Sekarang PLN tidak terima suap lagi bila ada laporkan saja ke Call Center PLN 123
        catat nama petugasnya dan dari rayon PLN mana …
        minta aja no hp petugas y….
        ganti KWH / mutasi KWH dari paska bayar ke prabayar gratis juga….. uang rokok ya wajar,,, tapi jangan di peras ya……. laporkan saja ke media masa/ call center 123
        gangguan rumah juga … bila padam PLN menggratiskan ke pelanggan untuk pergantian kabel TC , MCB kwh, tupping, KWH meter nya juga. untuk instalasi dalam rumah pelanggan ya tanggungan pelanggan… tapi bila terjadi kebakaran clem aja ke pln terdekat… tapi ingat tolong baca konsuil y dulu.. sesuai gak titik penerangannya dalam perjanjian kontrak konsuil y…
        PLN logonya no suap ya… tapi pelanggan ihlas karena seneng ya di terima… bila pelanggan gak ngasi di sumpahin dan di marah2hin..
        tuk pasang listrik baru bisa online dan melalui gray PLN.. tapi salah juga fungsi Gray itu bila kita teliti dari segi pelayanan PLN… intinya konsumen baru mao di tipu PLN lagi … bisa dilihat secara logis….gray itukan calo resmi PLN…. harga yang di tetapkan PLN yang di bayar di gray….. banyak syarat…
        pake uang pendaftaran lagi.. sebenernya ya gratis… calo resmi intinya….
        bila mau comen comen aja ke surat kabar harian lokal.. kalian.. lihat apa tanggapan bapak2 yang bekerja di pln.. logis apa tegas..
        pasti tegas jawabnya… tapi y di lapangannya… cari makan.. pln gak mikir mitra kerjanya,, pekerja tuk PLN salary/ gajinya kecill.. di bandingkan dengan pegawainya…4 : 1.. pegawai kernyanya cuma ngawas mitrakerjanya banting tulang.. di tambah lagi gak di perhatikan.. ya wajar mitra kerjanya cari unang dengan begitu caranya,,,,,mitra kerja di maksut di sini outsoussing nya.. PLN perusahaan negara… tapi kok tenaga lepas/ kontraknya banyak… tukan gak sesuai dengan undang2 tenaga kerja… sila ke 4…..
        jadi pln intinya… menyatakan sikap tegas akan tetapi… takut salah ngomong…. jadi konsumen.. di bebankan… pada intinya gak langsung… jadi jangan di salahkan mitra kerjanya yang di lapangan…
        mereka itu tertekan juga…

        hormat saya call center 123

      3. wuiihhhh bener juga tuh, kebanyakan yg turun ke lapangan malah outsourcenya. cmiiw

        *Regards,Dzulfikar* *081322929329*

        [image: Dzulfikar Al-A’la on about.me]

        Dzulfikar Al-A’la about.me/dzulfikar

        2015-04-17 2:05 GMT+07:00 Creative Learner :

        >

  1. ki mesti pegawe pln iki mas beneran mas gampang ,???????????/ bohooong besar nih
    agus sudjati mengatakan…

    seharus nya PLN menerangkan semua biaya yg dikeluarkan,krn konsumen itu kan buta ttg PLN,jd jgn dianggap sama dg pegawainya.
    ibarat konsumen hendak makan diwarung nasi ,kan standartnya sdh dg air minum nya,kecuali konsumen minta es teh manis misal nya . Jd konsumen byr apa yg dia makan sdh termasuk dg minum klo prl dg dia duduk disitu.
    tarip PLN yg tertera disitu hanya menjelaskan ,bhw harga 900va itu seharga Rp.675.000, tp blm bisa dipasang/terpasang klo blm dpt ijin dari badan tertentu bernama konsuil yg letak nya g jauh dr kntor PLN itu.
    dari Konsuil itu kita mendaftar dan bayar lagi utk dpt ijin kelaikan pemasangan ,dan dikeluarkan kwitansi ber kop surat PPILN (Perkumpulam Perlindungan InstalasiListrik Nasional) sebesar Rp 70.000.
    Ditempat itu jg hrs mendaftar dan membayar pada AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik dan mMekanikal Indonesia) sebesar Rp.200,000.
    Jd judul seharus nya Jika anda mau pasang listrik baru sebesar 900VA adalah sebesar Rp.945.000, itu utk yg pemasangan yg 900VA ,g tau klo lebih kecil atau lebih besar dr 900VA,jd bukan sebesar 675.000 spt yg dipasang diatas berkali2 dan berhari2.
    nah klo spt itu baru spt diwarung nasi ,makanan sdh dipiring berisi nasi,sayur,lauk komplit dg sendok garpu,minuman ada disamping,duduk dimeja …siap dimasukan mulut….
    hrsnya PLN jg begitu ,informasikan dg jelas,jgn masih tetap menimbulkan kecurigaan, buktinya yg komen bnyak yg mencibir … ….pasamg lgs siap dipakai…bukan nya dikasih meter tp dilarang masang, klo soal bohlam lampu dari konsumen yg menyediakan sih mereka jg tau ….,anak2 jg tau …
    13 September 2013 06.17

    1. hahaha terserah deh apa katamu😀

      oh iya for your information kayaknya skrg udh standard 1300 deh. klo dibawah itu berarti harga subsidi bro. Klo di Pamulang, Tangsel sih udah gak ada tuh yang 900 VA. Nah, klo emg ada mungkin di pedalaman yg baru tersentuh listrik. Btw ini sy posting bukan dalam rangka lomba yah. Jadi bener saya alamin sendiri. So kalo gak percaya sih itu terserah anda hehehe.

    2. Ia bner bgt..saya pasang daya 1300 VA biayanya 1218000.trs konsuilnya 85.000.dan biaya gambar instalasinya 400000..saya pikir cuma 85000 .pemberitahuannya gak jelas

  2. Mas Dzul saya rencana mau pasang listrik baru utk kamar atas, lokasi saya di Pasar Minggu, Jaksel. Biaya utk pasang listrik Pascabayar baru kira2 brp n syaratny apa biar bs pke yg Pascabayar? Trims.

    1. Untuk pascabayar, agak ribet dan susah. Soalnya pln lbh prefer pake pascabayar bebas pemeliharaan (cek kwh) untuk pascabayar kurang lebih hampir sama syaratnya tp biaya lbh mahal. Dan jgn lupa pascabayar ada abodemennya juga.

      Langsung dtg aja ke kantor pln terdekat. Tarifnya pasti udh di pasang di loket secara resmi koq. Untuk besaraannya sy kurang tahu.

      1. Oia mas saya kan pelanggan lama (existing user) pln dgn daya 1300 watt Pascabayar, drpd pasang baru utk kamar atas saya mauny Tambah daya dr 1300 watt jd 2200 watt tetep Pascabayar ms bisa kan?

      2. Nah klo itu lbh aman. Kmrn tambah daya sempat gratis loh. Coba cari info apa masih gratis apa nggak. Klo g salah program tambah daya gratis di perpanjang.

  3. bgmn dengan pasang baru di kebumen,smentara aku udh daftar dg persyaratan ktp n biaya sdh aku siapkan,tapi ternyata gk di nyala2in dg alasan aksesoris kwh di pln kebumen lg kosong jd tunggu 3 bln lg,apa benar pak klo demikian,moso aksesoris kwh di toko bnyak bngt mlah pln sndiri kekurangan,bgmn dg kerja orng2 pln klo demikian ?

  4. Maaf pak mau tanya kalau pemasangan baru jatah kabel dari pln berapa meter, soalnya rumah saya jauh dari tihang rumah penduduk -/+200m, dan solusinya bgmana? Trim’s

    1. Waduh jauh banget. Biasanya jatahnya setahu saya cuma 5 meter. Klo yg dibutuhkan misalnya 7 meter jadi dikenai biaya u 2 meter sisanya. Kisaran penambahannya 15-30rb/meter kayaknya. Lbh pastinya cek aja di kantor plnnya langsung.

      Solusinya, Jd mas hrs ngajuin pemasangan tiang baru kayaknya. Klo sampe 200 meter bukan kabel aja tp juga tiang listriknya. Rada susah mas klo kondisinya demikian. Harus RT/RW setempat juga yg bergerak. Klo pemohon perorangan kayaknya sulit.

  5. maz mau tanya ya drmh saya kan daya nya 1300 ,kbetulan drmh sy ada 2 kepala Rt.jd kalo byr patungan.kalo sy mw pisah listriknya itu pemasangan baru ato gmn ya.krn sy buta bgt ttg listrik.makasih sblmnya

    1. bisa banget klo di pisah. jadi kayak kontrakan. sambungan yg sudah ada tinggal di ganti kwh. sementara sambungan lain seperti pasang baru. silahkan hub pln terdekat. ini hanya opini saya saja. berdasar pengalaman waktu ngekost dulu.

  6. Mas, bisa minta penjelasan mengenai Peran SAP dalam akuntansi pendapatan listrik prabayar gk?? trs jurnal/ catatan akuntansi pasang baru listrik prabayar itu apa ya??

  7. Pak DZulfikar, saya koreksi, memasang instalasi listrik itu tidak bisa nyuruh anak STM listrik saja…. aduuh tolong dibaca peraturan undang-undang no. 30, peraturan lembaga jasa konstruksi jangan sampai menyampaikan informasi yang sesat nanti yg korban konsumen.
    Pak Ridho, jadi instalasi listrik milik pelanggan itu bukan menjadi urusan PLN tetapi menjadi urusan instalatur yang resmi, apa itu instalatir yang resmi yaitu perusahaan instalatir yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah seperti mempunyai SIUJK ( surat ijin jasa kontruksi ) dari Pemerintah, mempunya tenaga tehnik yang bersertifikat yang telah diuji oleh lembaga sertifikasi yang ditunjuk pemerintah, Nah…. perusahaan-perusahaan instalatir ini tergabung biasanya dalam suatu asosiasi misalnya AKLI, AKLINDO, K3N dan lain sebagainya.
    Jangan asal main ambil Tenaga STM listrik saja Pak, karena mereka tidak mempunyai ijin untuk melakukan pemasangan instalasi listrik, nanti lama2 tukang tembok yang masang, Pak Ridho hubungi saja pihak instalatir kemudian dihitung berapa kebutuhan daya yang bapak butuhkan, kebutuhan materialnya berikut jasa pasangnya. nanti instalatir ini bisa juga menguruskan SLO, oh ya tentang SLO ( sertifikat laik operasi) sederhananya, seperti ini :
    Pak Ridho meminta instalatir memasang instalasi, kemudian Bapak meminta kepada lembaga pemeriksa untuk memeriksa hasil kerja instalatir, jika pekerjaan instalatir ini sdh benar baik dari sisi kualitas material maupun dari sisi tehnis, maka Lemaga Pemeriksa akan mengeluarkan Sertifikat Laik Operasi yang intinya menyatakan bahwa instalasi listrik milik Pak Ridho apabila dialiri arus listrik sudah aman. Peraturan tentang tata cara pemasangan instalasi ada di Undang-undang No. 30 tahun 2009

    1. Simpel aja pak….mang siapa yg bener jalani peraturan itu….SLO tanpa pemeriksaan….bisa keluar yg penting di bayar, kalau terjadi kebakaran mang akli pernah tanggng jawab?

  8. mau nanya ni gan,,saya mau pasang kwh, jarak tetangga terdekat sekitar 500m,,
    kira² habis berapa ya gan,semua nya,,pokoknya hidup,

    1. Wah klw jaraknya segitu banyak keluar biaya pak. Utk bisa pasang meter sampai di rumah diperlukan 10 tiang beserta jaringan baru. Bisa makan biay puluhan juta.

      1. Pak mau tanya untuk pasanf baru di daerah malang kabupaten yg tegangan 1300v/a berapa ya trims .

  9. biaya resmi penyambungan baru: http://www.pln.co.id/simulasi/pasangbaru/index.php?pg=sambung
    yg perlu diperhatikan disini adalah tanggung jwb pln adalah hanya sebatas menyambung kabel dan meteran doank. instalasi dlm rumah tanggung jwb pemilik rumah. mau panggil siapa aja menurut saya gpp. asal orgnya terampil saja. dan alat2 materialnya berlabel SNI.
    cara mendapatkan sertifikat SLO bs dilihat disini: http://www.ppiln.or.id/?show=page&act=view&id=6
    dr kenyataan yg ada biaya instalasi oleh pihak ketiga yg biasanya ditunjuk oleh petugas pln berlipat2 lbh mahal dr harga material yg dibutuhkan untuk instalasi dlm rmh. mending panggil org luar aja, ato pasang sndiri klo bs. ntar malah bs milih material yg lebih berkualitas. kalo ngomongin peraturan. pada kenyataanya mereka (instalatur resmi) ga prnah ngasih sertifikat SLO kpd pelanggan. trus material2nya kebanyakan bermerk abal2. mengatasnamakan peraturan tp ga dijalankan. bahkan aturan mainnya tidak sama dg aturan yg diterapkan AKLI, AKLINDO, K3N, dll. memberi tarif selangit tp ga sesuai dg apa yg diberikan/dikerjakannya.

  10. hmmm bukan maksud menghasud, tapi kalo di tempat saya, biasanya kita pake calo aja(pegawe pln atau rekanan nya)untuk yang 900 cuma 1,75 jt +- 2 minggu,,heheehe lokasi pulau sumbawa NTB..

  11. Saya sendiri kebetulan seorang instalatir di jawa timur. Mau saya tambahkan, klw utk pln distribusi jatim. Pengadaan jaringan baru bisa gratis dibiayai pln tp dgn catatan, 1 tiang daya yg tersambung minimal hrs 2200 va. Jadi klw jarak 500 mtr kurang lbh perlu 10 tiang tambahan, tinggal kalikan saja 2200 kali 10 = 22000. Anda pasang listrik minimal daya tsb. Daya di pln 22000 tdk ada, yg ada 23000 va biaya pln Rp.17.825.000. Itu blm termasuk materai, ujl, instalasi, slo dll. Nmr saya 081547227714

  12. Lain lagi kalau di daerah saya, barusan telpon pegawai PLN, tanya biaya Daya 900 VA menggunakan Token, Jawabanya Rp. 2.500.000, kemudian saya check di pln.co.id ternyata Daya 900 VA 698.000. saya tanya lagi kenapa harga nya jauh dari harga standar, pak PLN menjawab silahkan bapak urus sendiri, Meteran akan di pasang, tapi jangan harap dapat Aliran Listrik.He..he..he…, Lokasi Soroako, Luwu-Timur Sul-Sel.

  13. mekanisme Pasang baru sangat tidak memudahkan konsumen, berandai-andai dan dapat disimpulkan untuk dapat aliran listrik misalnya daya 900VA, pihak pihak yang terkait :
    1. PLN, biaya pasang baru Rp 675.000
    2. Perusahaan instalatir, pendaftaran AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik dan mMekanikal Indonesia) sebesar Rp.200,000, ketika disurvey dirumah tersebut butuh 5 titik @Rp 200.000 / titik = Rp 1.000.000 total Rp 1.200.000,00
    3. SLO ( sertifikat laik operasi) ijin kelaikan pemasangan ,dan dikeluarkan kwitansi ber kop surat PPILN (Perkumpulam Perlindungan InstalasiListrik Nasional) sebesar Rp 70.000.

    Total biaya Rp 675.000 +1.200.000+70.0000= 1.945.000 untuk daya 900VA, bukan biaya yang sedikit bagi ekonomi lemah. belum lagi tatacara mekanisme yang harus dilakukan tidak semua orang dapat memahami. dengan beberapa keterlibatan pihak-pihak yang terkait. untuk indonesia bersih apakah mekanisme tersebut akan benar-benar bersih dari pungli pihak – pihak yang terkait?

    mohon koreksi dan penjelasan, bagaimana jika installatur dikerjakan oleh teknisi yang kompeten namun bukan dari AKLI, apakah dapat diurus langsung ke SLO ( sertifikat laik operasi) ?

    1. Boleh aja sih klo menurut saya. Tp pastikan pembagiannya aman. Sy juga masang sendiri koq. Cm klo ikut prosedur ya begitu itu.

  14. Mohon maaf mas dzul atw mas indra yg mngkin tau tentang pln. Atw pembaca yg lain yg mgkin tau.
    Rumah saya kan dekat dgn aliran listrik, pekarangan sya dilewati arus listrik yg masuk 8meter dari jalan. Nah, demi keamanan saya, saya mau minta pln membungkus beberapa kabel yg melewati samping dinding rumah saya. Lanatai 2. Ada 3 kabel arus 3 phase yg mau dibungkus. Kira2 prosessnya ribet gak ya? Dan butuh biaya berapa ya? Terima kasih sebelumnya…

    1. tidak pak, cm klo listrik luar mmg sdh dibungkus. tp bpk bisa mengajukan keberatan jika kabel itu bukan masuk ke rumah bapak hanya lewat saja. bisa jadi itu rekanan PLN yang kurang rapi dalam pengerjaannya.

  15. Lokasi saya di ujung berung bandung. Masukan pada pihak pln, ketika pemasangan listrik baru, biaya SLO masuk pada pembayaran total di online. Sehingga akan memudahkan konsumen tanpa harus mencari alamat SLO yang menyita waktu.

  16. Mas saya mo tnya saya ud bayar untuk pendaftaran listrik 1300 sebesar 2 jt Tp ud 1 bln lebih listrik na blm dipasang kt pihak pln tinggal pasang kwh na,maksud na apa y mas makasi

  17. Saya mau pasang baru.tapi jaringan sudah habis.saya tanya ama btl .kok disuruh beli jaringan sendiri ya.solusinya gimana pak

  18. mau nanyak pak..di tanah saya kan ada tiang listrik yang mengganggu,,soalnya mau saya buat rumah,apa bisa di pindah jaraknya 2 meter dari lokasi rumah saya..?

    1. ada biaya khusus untuk memindahkan tiang, dan biayanya sangat tidak murah. kecuali jika permintaan dilakukan berdasarkan kepentingan masnyarakat umum silahkan ajukan saja mealalui perangkat desa.

  19. saya mau pasang listrik daya 900v tpi prsyaratanx hrus punx kartu KIS/KIp/KKS soalx itu subsidi pemeruntah sdngkan sya tdk punx kartu KIP/KKS/KIS.trus saya pilih daya 1300v smua administrasi udh beres sertivikat listrik jg udah ad tpi saat mau pasang meteran petugasx g jadi pasang soalnya itu untuk kalangan pengusaha.kok dipersulit gini y?pdhl biayax udh beres tpi listrik nya kok msh blm dipasang.gmana solusix?

  20. Ah pusing banyak aturanya skarang mau punya listrik di rumah sendiri susah itulah inilah kalo geatis boleh ini bayar ko masih di per sulit makin susah udah susah kamojang garut penghasil energi listrik kok orang garut sendiri susah pingin pasang listrik. Dad

  21. Betul om khalimatus saya jga bingung ko gini pemerintahan kita saya di golongkan orang miskin ternyta saya ga dapat kartu subsidi apapun jdi gmana solusinya pasang yg 1300 buat apa rumah kecil 4 titik untuk biaya pun ga kebayang berapa per minggunya habis sudah gaji kuli untuk beli token ga ada buat makan tolong solusinya yg mantap kami orang kampung tapi maaf kami tida bodoh…

  22. Apa benar jika ada kekurangan uang pndaftar listrik, dan yg brsangkutan listrik akan di putus…?

  23. Gmn dgn kejadian d kendari sultra pendaftaran sy dari 2014 sampai hari ini blm terpasang sementara tetangga sy baru mendaftar langsung d pasang.padahal kelengkapan berkas Sy udah semuannya,tolong d periksa pln kendari cabang lepo2!!!!!

    1. coba bapak call ke 123, klo ada kwitansi pembayaran kan bisa di cek dari nomor kwitansinya pak. Semoga bisa cepat terpasang ya pak.

    1. Gampang pak, klo yg butuh banyak ajukan lwt RT. Tp klo cm bapak sendirian agak sulit. Nanti beban pemasangan tiang listrik dibebankan ke bapak, terlalu mahal. Saran saya ajukan bersama sama warga lain yg blm dpt akses listrik.

      Semoga membantu ya pak

      1. berapa perkiraan biaya yg di keluarkan pasang tiang listrik+ongkos kerjanya pasang tiang listrik jarak 200m untuk rumah saya sendiri pak???

  24. Pak mau nanya,alamat sya kan DKI,tapi sya mau masang listrik di Bogor,itu kalau pakai alamat saya bisa ke pasang nggx ya pak,mohon infonya.

  25. Kemarin rumah tua sy kebakaran habis tak satu pun barang di selamatkan. Dan sy bingung penyebab kebakaran karena aliran listrik kerumah itu saya sdh putuskan, aktivitas dlm rmh itu sdh tdk ad cmn sambungan listrik untuk org yg d belakang rmh saya ad d atas rumah yg terbakar. Dan setelah kebakaran pihak PLN Menyambung lagi di poto ngan sisa yg terbakar dan lucunya di lagi di ikat d kaso rmh sy yg baru. Saya katakan sama yg pasang kabel sayA keberatan satu aliran dengan pelanggan yg d belakang rumah tlg sambungkan saja masing2 dari tiang utama. Menurut andA bmgn solusi terbaik

    1. Anda sudah benar, Anda berhak mengajukan keberatan. Sila lanjutkan keluhan anda ke 123. Semoga bisa direspon dgn baik.

  26. Maaf mau tanya,saya/nama saya sdh ada buat bikin meteran listrik yg 900 whatt dulu,dan mau bikin metran listrik baru lagi dan beda rumah dan lokasinya,namanta tetap satu,bisa ga ya,trmksh.

  27. Pak…saya mau pasang listrik, saya telpon pegawai pln, trus bapak tuh minta no.ktp ma nik..trus bpak tuh bilang no.nik dan atas nama itu sudah mnjadi pelanggan listrik dgan idpel xxxxxxx..lah, jd klo mau pasang listrik lg yg 4amper jdinya nti tergitung yg 6amper. sya jd bingung..kami belum pernah pasang listrik smaskali tpo kok bisa sudah punya idpel di pln ya??

  28. Malam pak, saya mau nanya
    Kalo ada yang pasang KWH baru tapi kabel nya diseting k kabel kwh rumah saya, tapi tidak ke tiang listrik itu gimana?padahal jarak tiang listrik ke rumah orang itu tidak terlalu jauh
    Itu gimana ya, soalnya saya gk.begitu paham

    1. Aturannya saya kurang pasti betul boleh tidaknya. Tp tetangga saya tidak ada satupun kabelnya yang terhubung langsung ke rumah saya.

      Dari tiang listrik punya kabel masing-masing. Coba ibu laporkan langsung ke (kode-area)123.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s