Workshop Membuat Pengajaran yang Menarik dengan TIK


Selasa lalu saya dikirim oleh Sekolah untuk mengikuti workshop di  gedung Kompas Gramedia, Palmerah, Jakarta. Kompas Gramedia memiliki anak perusahaan bernama Bangun Satya Wacana atau disingkat BSW yang bergerak di bidang teknologi pendidikan. Workshop ini hanya dihadiri sekitar 20 orang peserta yang di undang secara eklusif. Inilah pertama kalinya saya mengikuti workshop sebagai guru TIK.

Meskipun background saya Bahasa Inggris, tapi tahun ini saya diminta untuk mengajar TIK di unit SMP. Kebetulan sekolah kami belum sepenuhnya menerapkan kurikulum 2013. Tahun ini kami baru mengadopsi kurikulum TIK, jadi mata pelajaran TIK masih tetap di berikan dengan porsi yang lebih sedikit dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Jika melihat komposisi peserta lebih banyak di dominasi guru-guru senior. Sebetulnya bukan hanya guru TIK saja yang ikut workshop melainkan guru Bahasa Inggris pun turut diundang. Nah, materi yang diberikan saya rasa sangat sederhana namun bisa membantu dalam pembelajaran. Materinya tentang penggunaan animasi di Microsoft Power Point dan penggunaan Movie Maker dalam pembelajaran.

Kami di bantu seorang trainer dari BSW. Kebetulan materi-materinya sudah lengkap di siapkan jadi hanya tinggal mengikuti langkah-langkah yang diberikan yang dapat dilihat langsung di screen proyektor. Bagi rekan-rekan guraru yang sudah lama bersentuhan dengan ICT, saya pikir materi ini cukup sederhana atau dengan kata lain mudah. Namun, bagi rekan-rekan senior yang hadir disana tidak semudah itu. Beberapa kali saya melihat ada peserta yang masih kesulitan dalam menerapakan beberapa langkah baik ketika dalam pembuatan materi di PPT maupun di Movie Maker.

Artinya, selama ini barangkali masih banyak rekan-rekan kita yang belum sepenuhnya melek ICT. Sebagai orang yang mengetahuil lebih awal dan lebih mampu, sudah kewajiban kita semua untuk berbagi ilmu dengan menyebarkan virus ICT pada sesama. Tak terkecuali rekan guru senior sekalipun. Ada tanggung jawab moral yang diemban, agar mereka bisa lebih baik memberikan pengajaran kepada anak-anak.

Saya masih kerap mendengar ruangan multimedia kurang dimanfaatkan dengan maksimal. Bisa jadi yang menguasai komputer gurunya hanya itu-itu saja. Nah, sebaiknya ada pertemuan berkala untuk saling sharing materi kepada rekan pengajar lainnya. Hal ini tentu saja agar kita semua bisa maju bersama dan mencerdaskan murid-murid kita agar dapat berkaya demi bangsa dan negara.

Jikalau ada yang menolak rasanya kita tidak perlu patah arang. Lakukan pendekatan terus menerus agar anak didik kita bisa mendapatkan pengajaran lebih baik lagi. Saya yakin kegemaran rekan guraru dalam menulispun merupakan bukti bahwa rekan-rekan guraru gemar berbagi pengajaran bukan hanya kepada siswa tapi kepada sesama guru.

Salam hangat

@DzulfikarAlala

4 thoughts on “Workshop Membuat Pengajaran yang Menarik dengan TIK

  1. kalo di sini gak pernah saya lihat dan baca tentang workshop TIK buat guru. padahal ini sangat penting untuk meningkatkan profesionalisme guru. tapi walau gak pernah ikut workshop TIK, saya gak mati kutu, dari sistem ubuntu yang saya tempel di notbuk jadul ini, lewat terminal atau ubuntu software center, saya tinggal unduh dan pasang aplikasi tuxmath dll. di kelas tinggal pasang di proyektor

      1. tapi gak seru ah kalo gak ikut pelatihan kayak pak dzulfikar. kalo gak buat aplikasi sendiri, cuman tinggal unduh saja kan gak nantang banget

Leave a Reply

