Memperbaiki Sendiri Kabel Magsafe yang Putus


magsafe

Entah apa dosa saya, baru saja melakukan percobaan dengan seal tape eh ternyata arus listrik di kantor sedang bermasalah. Selain satu PC di lab komputer down, kabel charger/magsafe pun ketiban sialnya. Lapisan luar kabel magsafe akhirnya melepuh dan menghitam di bagian ujung adaptornya. Inilah kelemahan magsafe yang pernah di bahas om Nurul pada postingan sebelumnya yang membuat saya terinspirasi membuat tulisan disini.

Pemakai gadget Apple memang kadang selalu di bikin meringis melihat harga beberapa spare part-nya yang selangit. Bulan lalu, baru saja saya membeli batre yang harganya hampir setengah dari gaji saya. Wal hasil setelah mengumpulkan beberapa rupiah akhinya bisa juga terbeli.

Setelah youtuban ternyata banyak juga yang pernah mengalami kendala yang sama. Awalnya saya coba ke tukang reparasi televisi, siapa tahu teknisinya bisa memperbaiki sambungan kabel magsafe yang sudah tidak bisa digunakan lagi. Hitung-hitung jika membeli baru, harganya sekitar satu juta rupiah. Dari pada membeli baru lebih baik diakalin saja, toh lagipula garansinya sudah tidak berlaku.

Akhirnya si teknisi menyerah, karena kabel magsafe isinya serabut yang sulit jika di sambung dengan menggunakan solder dan konon memang tidak bisa disambung. Setelah konsultasi sama si teknisi saya disuruh sambung saja dengan cara manual. Yang penting sambungan dalam dan sambungan luar tidak menyatu dan tetap dipisahkan dengan electric tape/selotip listrik.

Untuk membuka adaptor saya gunakan tang dengan membalik penggunaannya. Saya buka adaptor ke arah luar. Setelah terbuka adaptor tidak akan bisa di sambung lagi, jadi saya siapkan tali nylon yang cukup panjang. Harga tali nylon satu set sekitar 15.000 rupiah saja. Sedangkan harga tang tak berbeda jauh. Untuk selotip listriknya saya khususkan beli yang khusus untuk menyambung kabel seharga tiga ribu rupiah saja.

magsafe

Setelah terbuka, kemudian kabel saya gunting untuk mencari serabut baru. Kemudian tinggal di buka lapisan kulit luarnya saja, sementara sisakan serabutnya. Karena ada dua jalur serabut, harus hati-hati dalam menggunting lapisan kulit penutupnya. Untuk lapisan luar tidak terlalu susah, sedangkan untuk lapisan dalam butuh ketelitian dan kehati-hatian.

Setelah semua terkelupas kemudian saya sambung dulu serabut yang paling dalam. Setelah dirasa kuat dan saling mencengkram kuat kemudian saya lapisi dengan selotip secukupnya supaya tidak tercampur dengan serabut yang terluar. Setelah dikira cukup kemudian saya sambungkan serabut luar satu sama lain. Setelah terpasang dengan baik kemudian saya lapisi kembali dengan selotip.

Prosesnya sederhana, yang paling sulit hanya mengambil bagian serabut yang paling dekat dengan adaptor, karena bagian itulah yang terbakar habis dan sedikit hangus. Untuk mensiasatinya saya panjangkan serabut dari kabel pasangannya agar sambungan lebih panjang dan mencengkram dengan baik.

Setelah semua selesai tinggal menutup adaptor kembali dan di ikat dengan tali nylon yang otomatis memiliki kunci. Jika talinya terlalu panjang tinggal di gunting saja.

Oh yaa saya melapisi lebih banyak beberapa sentimeter dan lebih tebal di bagian ujung kabel charger tempat sambungan, supaya lebih kuat saja dan tidak mudah terlipat saat dimasukkan ke dalam tas atau pouch magsafe.

Setelah selesai tinggal mencobanya. Dan Horeee ternyata magsafe berfungsi dengan baik. Semoga bermanfaat yaa kawan-kawan. Jika masih bingung prosesnya tinggal lihat saja videonya di youtube.  Di Video sebetulnya pengerjaannya lebih rapi, tapi kalau gak punya solder bisa coba cara saya. Banyak cara dan sesuaikan dengan skill saja. Yang jelas budget memperbaiki magsafe sendiri lebih murah dibandingkan dengan harus membeli. Insya Alloh selama listrik stabil, magsafe yang sudah di reparasi sendiri akan aman.

Modal yang dibutuhkan:
Tang 15.000
Selotip hitam untuk sambungan kabel 3.000
Tali Nylon 15.000

Total 33.000,-

Salam Hangat

@DzulfikarAlala

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s