wpid-PhotoGrid_1376900055896.png

Halal bi Halal di Sekolah Buddhist


image

Pagi tadi (19/8) ada pemandangan yang cukup menarik di Sekolah saya, Ehipassiko School BSD. Meskipun sekolah nasional berbasis agama Budha, halal bi halal setelah libur lebaran merupakan budaya sekolah yang sudah dipraktikkan sejak lama sebagai wujud toleransi beragama. Saya sebagai seorang muslim cukup terharu dengan kegiatan sederhana ini. Semua murid dan rekan guru bersalam-salaman mengucapkan selamat berlebaran kepada guru dan karyawan muslim.

Ditengah-tengah kaum muslimin yang saling fitnah dan saling mengkafirkan belakangan ini, justru saya merasa malu karena anak-anak didik saya dari level paling kecil, TK hingga SMA diajarkan secara langsung untuk saling menghormati meskipun berbeda agama. Selain saya, ada beberapa guru muslim lain dan karyawan Sekolah yang pagi itu merasakan kehangatan toleransi beragama.

Rekan-rekan guru yang beragama Budha, Konghucu, Katolik dan Kristen pun turut serta bersalam-salaman saling memaafkan satu sama lain. Tampaknya pemandangan yang lumrah jika terjadi di sekolah negeri atau sekolah berbasis agama Islam.

Di lingkungan sekolah inilah saya merasakan kekeluargaan dan kehangatan toleransi beragama.

Kegiatan pagi hari yang berlangsung setengah jam tersebut merupakan sebuah perhatian sekolah betapa toleransi beragama itu sangat penting. Apalagi ketika sudah bermasyarakat. Disinilah pentingnya anak-anak membuka mata dan pikirannya bahwa mereka dapat hidup berdampingan secara damai meskipun berbeda-beda dengan satu tujuan yang bersifat universal yaitu berjuang dalam bidang pendidikan.

Kegiatan ini tentu saja harapannya bisa dipraktikkan para peserta didik di lingkungannya masing-masing.  

Salam Hangat
Diskusi bareng saya di twitter @DzulfikarAlala

2 thoughts on “Halal bi Halal di Sekolah Buddhist

Leave a Reply

