20130816_173732

Cara Melindungi Kabel Charger Macbook


20130816_165048

Setelah membaca postingan Nurul di Kompasiana (http://teknologi.kompasiana.com/gadget/2013/08/15/cara-mengatasi-kabel-charger-iphone-dan-macbook-yang-rusak-581330.html) akhirnya saya memutuskan untuk membeli seal tape atau selotip untuk sambungan pipa pvc. Harganya sangat murah sekitar 3 ribu rupiah saja. Kadang ada yang gulungannya tipis ada juga yang tebal. Sebelum membeli tanyakan saja apakah selotipnya yang versi tipis atau tebal.

Alhamdulillah sih sejak 2009 menggunakan macbook relatif belum ada kerusakan yang berarti baik dari laptop maupun kabel charger. Hanya saja membaca postingan Nurul tersebut saya jadi tahu ternyata kabel charger rentan rusak juga. Nah, sebelum rusak saya lakukan tindakan preventif dengan memperkuat atau melindungi kabel charger dengan seal tape. Rusak atau tidaknya kabel memang tergantung pemakaian dan cara merapihkan kabel dengan baik dan benar. Kebetulan sebelum membelinya, saya memang diberitahu oleh kakak saya bagaimana cara merapihkan kabel charger dengan baik dan benar.

Seal Tape (anekamaju.com)

Memang benar apa yang dikatakan Nurul, aksesoris gadget Apple harganya memang selangit. Bahkan baru-baru ini saya baru saja mengganti batre Macbook. Harganya naudzubilleh dah. Tapi karena memang butuh ya harus dibeli juga. Yah kalau dihitung-hitung pemakaian lebih dari 4 tahun wajar lah kalau sekedar mengganti batre.  Untungnya saya dapet seri Macbook tahun 2009 akhir yang batrenya masih bisa dicabut sendiri. Seri selanjutnya, Macbook mengunci batre didalam body. Untungnya lagi saya dapet seri Macbook White sebelum produksinya discontinue. Sekarang makanya Macbook kebanyakan udah warna silver baik yang Macbook Air maupun yang Macbook Pro. Konon sih katanya yg silver suka nyetrum kalau dipakai sambil di charger.

20130816_173732

Balik lagi ke charger, akhirnya saya lapis ulang kabel charger dengan seal tape. Prosesnya memang butuh kesabaran. Lapisan cukup satu lapis aja. Tapi kalau mau dua lapis juga boleh. Paling kabelnya jadi kaku dan gak bisa digulung hehehe.

Proses melapis kudu sabar dan telaten biar hasilnya bagus dan enak dilihat. Setelah selesai yaa pergunakan aja seperti biasa. Nah, minusnya kalau sudah di lapis seal tape kotoran lebih kentara dan sepertinya susah di bersihkan kecuali seal tapenya diganti dan dilapis ulang. Bisanya sebelum dilapis cukup di bersihkan menggunakan minyak kayu putih menggunakan kain kering atau tissue.

Karena masih ada sisa akhirnya saya pakai juga buat melapisi charger hape dan kabel konektor VGA. Anak saya sampe nanya kok dilapisin seal tape hehee. Ya saya jelasin secara sederhana supaya gak di gigit tikus.

Makasih ya tipsnya Om Nurul🙂

Salam hangat

@DzulfikarAlala

http://DzulfikarAlala.Wordpress.com

2 thoughts on “Cara Melindungi Kabel Charger Macbook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s