Sejauh Mana Tingkat Ketaqwaan Kita?


Kemarin siang saya iseng menawarkan kepada seorang office boy sekolah agar mencucikan motor saya. Maklumlah sejak dua pekan terakhir cuaca di daerah Pamulang, Tangerang Selatan, lebih didominasi hujan. Rasanya agak percuma jika mencuci ditengah kondisi curah hujan yang cukup tinggi. Walhasil bisa jadi setelah mencuci motor 30 menit, bisa kotor kembali dalam 5 menit karena hujan.

Tapi bukan masalah cuci motor itu yang ingin saya ceritakan. Saya memetik hikmah dari jawaban sang office boy.

“Maaf pak, sekarang gak bisa. Sudah ada cctv dimana-mana, jadi saya TAKUT jika dianggap menyalahi aturan”

Jawaban itu jelas sebuah penolakan tawaran menggiurkan, padahal saya sudah menyiapkan uang lelah yang sepadan jika ia menyanggupinya. Tapi apa daya, ia lebih takut cctv ketimbang yang DIATAS jika memang alasannya demikian.

Di bulan Ramadhan ini kita kembali diingatkan supaya lebih bertaqwa (takut) dengan segala tindak tanduk yang kita perbuat. Bulan puasa seolah menghadirkan kembali cctv di sekitar kita sehingga amal perbuatan kita terjaga dan dapat dipertanggung jawabkan.

Inilah yang seharusnya disadari para pemimpin agar tidak bekerja hanya sekedar mencari pemuas nafsu belaka. Mereka dan sebagaimana pula kita semua harus ingat bahwa segala perbuatan kita direkam oleh cctv tercanggih yang pernah ada dan rekamannya akan diputar ulang di akhirat nanti.

Sama seperti halnya puasa, seorang muslim yang bertaqwa tidak akan berani menyentuh makanannya meskipun itu halal hingga bedug maghrib tiba.

Sudah saatnya kita kembali merenungkan sejauh mana peningkatan ketaqwaan kita setelah beberapa kali diberikan kesempatan menikmati bulan seribu hikmah, bulan Ramadhan nan berkah.

Salam Hangat
Diskusi bareng saya di twitter @DzulfikarAlala

5 thoughts on “Sejauh Mana Tingkat Ketaqwaan Kita?

Leave a Reply

