wpid-20130719_203038.jpg

Malaikat Kecil Pengganggu Salat


Si kecil ebeb (2,7 thn) selalu saja meminta perhatian saya. Kadang kala ketika salat pun saya masih diganggunya. Inilah gaya dia saat menganggu salat saya.

Rasulullah saw sendiri sering kali diganggu salatnya oleh cucu-cucunya, Hasan dan Husein. Namun, Rasulullah saw tak pernah marah. Bahkan suatu waktu Rasul sujud cukup lama karena harus menunggu salah satu cucunya turun dari punggungnya saat beliau sujud.

Nah, si ebeb kecil seringkali cerdas juga saat ‘mengerjai’ saya. Ketika ia menempatkan jimbenya (alat musik seperti rebana berukuran kecil) di tampat sujud, saya bergeser sedikit ke sebelah kanan agar bisa tetap sujud.

Ketika ia tahu bahwa saya tidak bisa masuk ‘jebakannya’ dia mencari akal bagaimana caranya agar saya tidak bisa sujud. Jika sudah kehabisan akal sudah dipastikan ia akan menunggu saya sujud dan ‘hap’ dia meloncat bak seorang cowboy yang menaiki kudanya, keatas punggung saya.

image

Malam ini ebeb belum kehabisan akal, ia membawa sebuah kursi. Awalnya dia pura-pura minum susu. Nah ketika saya mulai sujud , barulah dia beraksi dengan kursinya.

Tanpa ragu dia tempatkan kursi itu dihadapan saya. Untunglah saat saya mau sujud masih ada space untuk mundur. Jadilah saya tetap bisa sujud. Tak kehabisan akal di rakaat kedua dia menghabiskan space baik untuk sujud maupun untuk rukuk. Saya tak hilang akal juga. Akhirnya saya bergeser ke sebelah kanan. Wah jadi gak konsen bener deh salatnya. Terpaksa harus mengulang lagi.

Begitulah kalau memiliki ‘malaikat’ kecil. Tawanya membuat penat menjadi sirna, namun kelakuannya kadang tak terduga. Melakukan hal-hal yang tak terpikirkan oleh orang tuanya.

Salam hangat dari Ebeb

image

Salam Hangat
Diskusi bareng saya di twitter @DzulfikarAlala

2 thoughts on “Malaikat Kecil Pengganggu Salat

Leave a Reply

