wpid-wp-1373085641637.jpg

Acer Guraru, Mendorong Guru Melek Teknologi


image

Oleh: Dzulfikar Alala

Melalui Guraru Award, Acer Indonesia ingin mengapresiasi guru yang disela kesibukannya aktif berbagi di blog dan sosial media kepada murid atau guru lain di dunia maya. Bentuk apresiasi itulah yang dikemas menjadi Acer Guraru Award.


Acer Guraru Award ingin juga menjaring guru yang aktif berjejaring dan sharing secara offline, baik di acara-acara seminar ataupun workshop. Peserta Acer Guraru Award tiap tahun bertambah, artinya guru semakin berkembang menggunakan teknologi setiap tahunnya. Tahun 2010 ada sekitar 72 orang pendaftar hingga pada penyelenggaraan pada tahun 2012 mencapai lebih dari 300 peserta.

Acer Award Guraru dimulai 2010 yang ditujukan bagi guru yang aktif ngeblog. Blog dan sosial media bukan hanya digunakan secara pribadi menceritakan kegiatan sehari-hari tetapi juga digunakan aktif untuk kegiatan belajar dan mengajar.

Guru yang telah menerima Award Acer Guraru berpartner aktif untuk menginspirasi para guru lain baik secara online maupun secara offline. Guraru juga bekerja sama dengan Akber Berbagi, SalingSilang dan komunitas online lainnya untuk mendorong para guru agar lebih aktif menggunakan teknologi dalam kbm.

Guraru memiliki kegiatan #GuraruTalk sebagai wadah untuk sharing antar guru di sosial media twitter. Guru bisa saling berbagi tentang sebuah tema yang diangkat tiap pekannya. Guru juga bebas memberikan rekomendasi tema yang bisa diangkat.

Pada akhir 2011 talkshow dan seminar yang diselenggarakan Guraru di follow up dengan membuat website komunitas Guru Era Baru (guraru.org). Sifatnya interaktif dan partisipatif, admin mendorong guru untuk sharing di web komunitas tersebut tentang kegiatan sehari-hari dengan tujuan untuk berbagi.

Dalam rangka memperingati hari-hari besar pendidikan, Guraru juga aktif menyelenggarakan lomba menulis artikel yang ditujukan bagi para guru.

Komunitas Guraru bukan hanya di web, tetapi juga di sosial media seperti twitter dan facebook. Banyak artikel yang ditulis dan di publish secara aktif di website Guraru.

Bukan sekedar sharing tulisan tetapi guru juga bisa sharing tentang ebook dan video yang bisa dijadikan sumber belajar untuk membantu kbm agar lebih menyenangkan.

Admin Guraru juga aktif merekomendasikan apps smartphone yang bisa digunakan bagi para guru di website.

Guraru juga mensupport nitzen untuk merekomendasikan blog gurunya yg inspiratif. Acer Guraru Award akan diselenggarakan kembali untuk yang keempat kalinya sekitar bulan Agustus sampai Septembet tahun 2013 ini.

Pemenang Acer Guraru Award dari tahun ketahun adalah;
Urip Kalteng – 2010
Agus Sampurno – 2011
Dedi Dwitagama – 2012
Anda – 2013

Beberapa masukan untuk Guraru beberapa diantaranya adalah web yang belum beroperasi secara maksimal. Masih banyak guru yang mengalami kendala teknis misalnya seperti update profile dan dalam proses posting. Dengan adanya mendala seperti itu justu membuat guru jadi frustasi dan bisa jadi malah akan menurunkan motivasi untuk menulis. Oleh karena itu diharapka ada perbaikan dan pembenahan sesegera mungkin terutama dalam menghadapi Acer Guraru Award keempat tahun 2013 ini.

Kedepan, Guraru juga perlu membuat aplikasi mobile seperti yang dimiliki wordpress agar para guru yang sudah memiliki tablet atau smartphone dapat dengan mudah posting di Guraru.org dengan mudah kapan saja dan dimana saja.

Mari bergabung dan berbagi bersama Guraru.org dan juga melalui blog dan sosial media.🙂

Salam Hangat
Teacher Writing Camp 2 6-7 Juli 2013
Wisma UNJ Jakarta
Empowered by Acer

Salam Hangat
Diskusi bareng saya di twitter @DzulfikarAlala

3 thoughts on “Acer Guraru, Mendorong Guru Melek Teknologi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s