Green Hospital for Our Better Future


Illustrasi (eacheancandraw.blogspot.com )

Dewasa ini iklim bumi mulai kurang bersahabat, cuaca tidak dapat diprediksi secara akurat, bencana alam terjadi dimana-mana, dan kesemuanya bermuara pada ulah manusia sejak zaman dahulu hingga saat ini. Bisa jadi proporsi kerusakan yang ditimbulkan pada era digital ini berdampak lebih luas dan lebih hebat jika dibandingkan dengan masa kuda pertama kali mengenakan sepatu.

Salah satu solusi untuk menyelamatkan bumi yang semakin rapuh ini adalah dengan mengembalikannya pada alam, kembali kepada alam karena sesungguhnya semuanya berasal dari alam yang diciptakan agar bisa dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kepentingan makhluk hidup; manusia, hewan, tumbuhan dan lingkungan.

Sudah banyak program dilakukan, mulai dari penanaman kembali pohon-pohon yang semakin hari semakin banyak ditebang oleh tangan-tangan jahil hingga minimalisasi penggunaan bahan-bahan yang tidak dapat terurai seperti sampah plastik dan streofoam. Masyarakat kecil, para ahli, dan praktisi mulai menyebarkan “virus” peduli lingkungan dengan berbagai kegiatan. Penemuan-penemuan diciptakan oleh ilmuwan cilik hingga ilmuwan kaliber internasional demi menyelamatkan bumi.

Langkah yang paling nyata adalah membangun konsep Perumahan, Perkantoran bahkan Rumah Sakit didesain sedemikian rupa agar ramah lingkungan. Hingga terciptalah Green House, Green Office, Green School, hingga Green Hospital.

Green Hospital adalah konsep rumah sakit yang didesain sedemikian rupa dengan memberdayakan potensi alam sebagai sumber daya utama sehingga bisa lebih menghemat pengeluaran energi. Ada beberapa kriteria bagaimana sebuah rumah sakit bisa dinamakan sebagai rumah sakit yang ramah lingkungan.

illustrasi (neossonnic.deviantart.com)

Green Park

Alam terbuka berupa taman hijau merupakan indikator bahwa sebuah bangunan mendukung program gerakan ramah lingkungan. Perumahan elite dan premium selalu menyediakan fasilitas taman terbuka hijau bagi para penghuninya. Sebaiknya rumah sakit dimana terdapat banyak pasien lebih banyak memberikan space terbuka hijau agar pasien dapat menikmati kesegaran alam yang sesungguhnya. Apalagi jika taman tersebut memiliki danau buatan serta jogging track yang dapat digunakan oleh masyarakat rumah sakit, bukan sekedar dinikmati oleh pasien. Jarang sekali ada momen dimana dokter atau suster bisa jogging bersama pasien. Selain dapat meningkatkan hubungan antara pasien dan dokternya juga dapat meningkatkan hubungan antar pasien dan keluarga pasien melalui olahraga bersama.

Rumah Sakit boleh dibilang kurang ramah anak, meskipun tujuannya adalah untuk melindungi anak-anak dari penyebaran bakteri dan virus merugikan. Namun, sayangnya Rumah Sakit tidak memberikan alternatif tempat yang nyaman dimana anak-anak bisa bermain dan menunggu keluarganya menjenguk pasien. Disinilah fungsi ruang terbuka hijau yang dapat digunakan oleh anak-anak untuk bermain dan menuggu pembesuk.

illustrasi (solarcellstringer.com)

Solar Panel

Tidak sedikit Rumah Sakit yang dibangun sangat megah bak sebuah hotel sehingga tidak banyak rakyat menengah kebawah yang bisa berobat disana. Cirinya adalah gaya bangunannya penuh dengan kaca-kaca seperti sebuah gedung perkantoran. Padahal ada baiknya jika sebuah rumah sakit bisa mengubah kaca-kaca tersebut menjadi solar panel yang akan bermanfaat untuk menyimpan energi matahari sehingga dayanya bisa digunakan untuk menghidupkan seluruh lampu yang berada di Rumah Sakit tanpa harus membayar biaya listrik yang sangat besar setiap bulannya.

Konsep bukaan kaca dan jendela-jendela untuk beberapa bagian ruangan tertentu harus diberikan pencahayaan alami dari matahari langsung, sehingga penggunaan lampu listrik bisa diminimalisasi. Sudah banyak konsep mall yang menggunakan pencahayaan matahari dengan mendesain atapnya menjadi terbuka sehingga para pengunjungnya pun bisa bebas melihat langit dengan indah baik saat siang maupun malam hari.

illustrasi (www.apbnews.com)

Pengelolaan Sampah Secara Terpadu

Sampah merupakan musuh utama lingkungan, tapi sejujurnya sampah bisa menjadi sahabat bagi kita semua. Caranya tentu saja dengan pengelolaan yang benar. Sudah banyak berdiri bank sampah di beberapa daerah, fungsinya tentu saja untuk meminimalisasi penggunaan lahan bagi tempat sampah dan menanggulangi efek buruk sampah.

Bagi Rumah Sakit, tentu sampah adalah persoalan sehari-hari. Perlu ada penanganan secara khusus karena sampah dari rumah sakit bisa jadi mengandung bakteri merugikan dan virus mematikan. Oleh karena itu sterilisasi secara ketat harus terus dilakukan sementara sampah-sampah yang dapat diolah dikelola bersama masyarakat sekitar sehingga bisa menguntungkan dan memberdayakan masyarakat sekitar rumah sakit. Dengan demikian, masyarakat yang membutuhkan pekerjaan cukup dirangkul dan diberikan pendidikan agar dapat mengelola sampah rumah sakit sehingga keuntungannya bisa didapatkan oleh kedua belah pihak.

illustrasi (www.denverwater.org )

Pengelolaan Air Bersih dan Air Limbah

Air pada masa depan merupakan barang yang paling berharga setelah bahan bakar. Bahkan saat ini harga satu liter air lebih mahal jika dibandingkan dengan harga satu liter bahan bakar berkualitas. Inilah yang perlu di kaji oleh Rumah Sakit bagaimana caranya agar memiliki stasiun pengolahan air bersih dan air limbah. Air bersih sangat dibutuhkan selain untuk minum juga untuk kepentingan lainnya. Jika air tersebut tidak tercemar limbah beracun dan berbahaya tentunya akan lebih mudah didaur ulang/disuling. Sebaliknya harus ada penanganan tersendiri terhadap air limbah yang beracun agar ketika dibuang tidak mematikan kehidupan lingkungan dan ekosistem yang ada.

illustrasi (bandungbebassampah.wordpress.com)

Edukasi Masyarakat Tentang Pentingnya Green Hospital

Konsep baik namun minim sosialisasi akan menjadi sia-sia belaka. Salah satu pengalaman pribadi adalah ketika mendengar ada orang yang beranggapan bahwa Green School yang tidak memiliki AC dan hanya menggunakan kipas angin dianggap sebagai sekolah murahan. Padahal tidak demikian, justru mind set masyarakat harus terus menerus diedukasi betapa pentingnya bangunan-bangunan yang ramah lingkungan. AC bukan merupakan indikator sebuah bangunan tersebut berkualitas, mungkin beberapa ruangan tertentu memang membutuhkan AC, namun demikian, arsitektur kita dapat membuat konsep bangunan yang bisa meminimalisasi penggunaan AC sehingga lebih hemat energi dan mengurangi efek pemanasan global.

Edukasi inilah yang terpenting dari keseluruhan yang ada untuk mewujudkan green hospital for our better future. Jangan sampai tidak tersampaikan sehingga malahan menjadi buah simalakama. Konsep green hospital harus di terangkan manfaat dan tujuannya pada masyarakat, agar tidak ada anggapan bahwa green hospital adalah tempat layanan kesehatan hanya bagi golongan yang kurang mampu saja. Melayani golongan kurang mampu memang sangat penting, namun mengedukasi betapa pentingnya Green Hospital jauh lebih penting agar kesadaran masyarakat terhadap kelestarian dan kesinambungan jauh lebih penting agar kita dapat memberikan warisan berharga pada anak cucu kita.

Mensana En Corpore Sano (a healthy mind in a healthy body)

Oleh karena itu pepatah yang begitu mengakar inilah yang menjadi salah satu dasar mengapa Rumah Sakit perlu menyediakan lingkungan yang sehat. Salah satunya adalah agar mendukung pasien untuk kembali pulih dan sehat kembali. Tidak mungkin badan sehat tercipta dari lingkungan yang buruk. Didalam tubuh yang sehat pastilah lingkungannya juga sehat. Lingkungan sehat tersebut semoga didapat dari konsep Green Hospital RSUD Daya Makassar.

green

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s