1cd2a-sidebanner

Review Lebuy Digital Market Paling Interaktif


lebuy

Screen Shot 2013-06-12 at 11.41.27 AM

Nemu lapak baru untuk jualan yang mirip dengan sosial media, nah kira-kira isinya kayak gimana ya? Yuk kita ngulik bersama. Selama ini saya cuma coba-coba jualan di forum jual beli. Nah, feel sosial medianya kalau jualan di forum jelas beda banget kalau dibandingkan dengan facebook atau twitter, ya karena memang beda fungsi. Makanya sekarang banyak yang marah kalau facebook dijadikan ajang jualan dengan tag-tag tanpa izin. Belum lagi kalau akun jualan di twitter yang bikin flooding, sebel bukan?

Nah, Lebuy cukup kreatif karena menggabungkan dua fungsi tersebut. Transaksi sambil  berinteraksi. Jual belinya dapet tapi kenikmatan untuk ngobrolnya juga dapet. Kalau buat cewek-cewek pasti gak bosen ngunjungi Lebuy, karena semua dagangan disini wajib pake foto karena disitulah keunggulan Lebuy yang bermain di grafik🙂

Ternyata di situs Lebuy yang tampilannya mirip dengan Pinterest ini bikin jualan jadi kayak kenalan dan saling sharing and connecting seperti di sosial media. Bedanya di digital market ini khusus untuk lapak jualan tapi itu tadi tetep bisa juga sambil kenalan. Jadi rasanya penjual dan pembeli jadi makin akrab karena berbalas pantun eh komen😀

Langsung aja saya tancap gas untuk daftar. Sayang pas daftar lewat twitter ternyata gagal. Lalu coba daftar pake email, tapi kok selalu ditolak kode yang harus di masukkan. Padahal udah ngikutin huruf kecil dan huruf besar. Last but not least akhirnya coba daftar pake akun facebook. Yippiieee lolos juga akhirnya, berasa abis lulus SNMPTN gitu deh hehehe.

Screen Shot 2013-06-12 at 11.57.13 AM

Kebetulan emang saya punya barang dagangan. Akhirnya coba bikin postingan untuk gelar lapak pertama di Lebuy. Eh ternyata gak terlalu ribet bikinnya. Cukup simple dan mudah. Apalagi kalau udah pengalaman di forum jual beli datang ke Lebuy jadi makin dimudahkan. Upload gambar juga lancar jaya. Pastiin aja sebelumnya file foto yang dimasukkan memang sudah di compress khusus tampilan web biar gak ngedet-ngedet pas di buka sama pelanggan.

Dengan interface yang familiar memudahkan pengguna untuk memasukkan kategori barang yang dijual dengan ikon menarik. Ya ini emang khas Pinterest banget yang bermain di grafik atau gambar. Asyik dan cocok buat para buyer dan seller dengan tipe visual.

Lapak bisa langsung di share ke sosial media atau di kirim via email. Nah sayangnya pas coba share via twitter sepertinya masih belum sempurna karena yang keluar cuma kode http-nya aja, sedangkan judul jualannya harus ditambahkan secara manual. Sementara untuk share via facebook gak ada masalah.

Keunggulannya tampilan gak terlalu ribet atau penuh, cukup simple dan informasi yang disampaikan terakomodasi semua. Ada barang, ada kontak penjual, ada lokasi penjual dan utamanya related post yang bisa jadi bantuan buyer buat cari-cari barang sejenis sebagai alternatif. Jadi selain seller yang terkoneksi dengan kategori barang yang sama, buyer juga jadi banyak pilihan dan bisa langsung membandingkan apple to apple kalau kebetulan sama barang dagangannya.

Untuk memudahkan pembeli, kategori dagangan harus benar-benar sesuai dengan icon grafik yang disediakan. Meskipun masih cukup terbatas. Misalnya gimana masukin jualan barbel kalau gak ada kategori olahraga. Memang sih disitu ada kategori Health, tapi kadang orang ada yang berpikir secara terbalik. Ada juga loh yang olahraga karena hobi. Nah bingung kan? hehehe.

Lalu ada ikon yang dobel kayak properti. Bagusnya properti for sale atau for rent disatuin aja. Sisa spacenya bisa buat tambah kategori yang belum terakomodasi disitu. Jadi nantinya bisa lebih ringkes kes kes…

Ada keunggulan Lebuy selain related post tadi yaitu push mail. Gak berapa lama setelah saya posting dagangan ternyata ada notifikasi via email. Isinya ternyata ada buyer yang komen di lapak kita. Asyiknya kita gak perlu buka situs Lebuy dulu buat balesin komen satu-satu. Cukup bales via email dan klik REPLY SOON, jika gak dibales pelanggan bisa kaburrrrr hehehehe… Coba kalau di forum jual beli. Notifikasi memang ada tapi malah akhirnya jadi spam karena fungsinya sekedar pengingat saja. Beda dengan notifikasi Lebuy yang membuat seller dan buyer makin interaktif. Yah namanya juga Digital Market paling interaktif😉

Screen Shot 2013-06-13 at 11.03.39 PM

Fitur pencarian benar-benar memudahkan buyer sampai detail terkecil. Mulai dari kategori yang inin dicari, pilihan pencarian berdasarkan user atau postingan, lokasi seller hingga range harga yang diinginkan oleh buyer. Detail pencarian kayak gini cuma ada di website kurs mata uang hihihihihi

History lapak juga keren, kalau main photoshop kadang kita lupa untuk save atau kelebihan langkah. Apalagi kalau kita lupa untuk bookmarks. Nah jawabannya adalah history visit. History visit ini bisa jadi bookmarks sementara. Jadi suatu waktu pengen ngelihat lapak yang dibuka kemarin atau sebelumnya tinggal lihat history aja di kanan atas situs Lebuy. Syaratnya tentu saja harus jadi member dan login supaya history visit bisa kerekam. Tapi setelah coba tanpa login ternyata history visit masih bisa berfungsi dengan baik juga kok🙂

Screen Shot 2013-06-12 at 11.58.28 AM

Kalau secara bahasa Lebuy itu agaknya adalah bahasa Prancis, dari dua kata Le dan Buy yang berarti The Buy. Jadi boleh jadi ini memang lapak buat jual beli. Terus kenapa Header situs Lebuy ini mencolok dengan warna merah dan diselingi dengan warna utama putih. Merah itu banyak maknanya seperti berani. Kalau kita tahu restoran cepat saji banyak juga yang menggunakan warna merah, dasarnya warna merah itu memang merangsang mata agar menimbulkan selera makan. Nah kaitannya dengan situs Lebuy adalah supaya para buyer memang laper belanja hehehehe. Yang diuntungkan ya buyer ya seller juga dong. Namanya juga transaksi, harus saling menguntungkan. Betul apa betul?

Kalau di twitter ada fitur following. Nah di Lebuy juga ada fitur follow memfollow. Fungsinya jelas ada dong. Misalnya kita udah punya toko atau seller langganan dengan barang-barangnya yang yahud bin berkualitas kita pasti bakal dapet info terupdate begitu si seller gelar lapak dengan dagangan baru. Asyik bukan, kayak dimanjain sama remainder. Asal bukan remainder bangun pagi di hari libur yaa hehehehe.

Ada lagi fitur widget, apa sih fungsinya buat seller? Kalau buat seller dia bisa mencari posisi market dia ada dimana sekarang. Yah simplenya ini bisa jadi marketing intelligent gitu deh. Kalau lapak lain punya barang baru apa, nah seller harus kreatif melihat langkah kompetitor agar tidak ditinggalkan pelanggang atau buyer.

Terus apa untungnya widget buat buyer, jelas ada dong. Buyer bisa lihat komparasi harga diantara lapak-lapak yang ada. Misalnya kita pilih widget fotografi. Kita bakal dapet update lapak-lapak baru yang jualan barang-barang yang sesuai dengan kategori fotografi. Asyik bukan? Jadi kita gak bakalan ditipu dengan harga yang terlalu mahal. Kalau ada barang yang terlalu murah pun harus waspada karena bisa jadi penipuan karena barang harga murah buyer harus curiga kenapa gak sesuai dengan harga pasaran. Boleh murah tapi rasional, kalau udah jauh perbedaannya mending skip aja dan jangan coba-coba pesan. Kecuali seller udah kenal atau teman sendiri kali ya hehehehe.

Nah, seperti yang sedikit saya ulas diatas ada sekitar 25 kategori yang tersedia di Lebuy. Ikonnya menarik dan sesuai dengan judulnya. Cuma kalau ada jualan jasa kayak penerjemah agak bingung juga yaa masuk kategori mana. Bisa aja sih jualan jasa bisa masuk kategori bisnis.

Nah, gimana udah puas belum ngulik Digital Market Lebuy? kalau belum puas mendingan coba buka sekarang deh. Boleh jualan barang baru atau barang second asal yang masih layak jual. Jangan juga jual barang-barang terlarang yah karena ada term and condition yang harus dipatuhi oleh seller tak terkecuali juga buat para buyer yang memang tujuannya buat window shopping atau belanja.

Kesimpulan saya bisa dibilang push mail inilah keunggulan utama Lebuy yang paling kentara diantara keunggulan lainnya. Ada forum jual beli tapi gak bisa bales komen lewat email. Ada toko jual beli online tapi gak bisa komen dan berinteraksi, nah di Lebuy lah kita bisa mendapatkan keduanya. Cara mudah bertransaksi dan berinteraksi. Cobain deh🙂

Oh iya ada satu lagi fitur bookmarks yang diganti dengan likes, lagi-lagi ini Pinterest banget. Lebuy emang pinter bikin cara buat bookmarks lapak. Jadi gak perlu repot pencet Ctrl + D lagi deh. Happy kan?

This slideshow requires JavaScript.

 

Kalau mau lebih jeli lagi sebenernya Lebuy ini sudah menerapkan teknologi Responsive Web Design, artinya sebesar apapun gadget yang dipakai untuk mengakses lebuy.co.id, layout website akan secara otomatis mengikuti dimensi layar gadget. Jadi bener-bener maksimal melihat lapak yang ditawarkan. Gambar gak kan kepotong. Meskipun layarnya seukuran TV layar datar 32″ juga layoutnya bakal otomatis menyesuaikan. Atau sebaliknya dengan layar mini sekalipun buyer ataupun seller bakal dapet informasi sesuai dengan tampilan seperti dalam layar desktop. Nah, toko online atau forum lain sementara ini baru menggunakan dua versi. Layout khusus desktop dan mobile. Dengan teknologi ini Lebuy mengungguli web lapak lainnya🙂

Screen Shot 2013-06-12 at 11.58.41 AM

Website : Lebuy.co.id
Facebook : Lebuy
Twitter : @LeBuyKu

7 thoughts on “Review Lebuy Digital Market Paling Interaktif

  1. Thanks Atas Partisipasinya… Semoga menang yah Kak… Goodluck.. pengumuman pemenang akan di umumkan pada tanggal 27 Juni 2013 di website LeBuy dan Blog Tomkuu… serta di facebook dan Twitter juga…

    1. Alhamdulillah mbak, yuks kita belajar sama2🙂 pokoke nulis terus di Kompasiana spy tulisan terasah. Menang ga menang kita pasti belajar dr tulisan kita sendiri.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s