wpid-uploads-1-2013-04-50861-uje-istri-ninja-ustad-jeffry-diduga-mengantuk-dan-ngebut-saat-mengendarai.jpeg

Helm Terlepas, Penyebab Meninggalnya Uje


image
Helm Uje Fullface dok.lensaindonesia.com

Jumat 26 April 2013 seperti hari berkabung nasional. Pasalnya Indonesia kehilangan seorang sosok ustad muda yang telah menginspirasi masyarakat Indonesia. Ustad Jeffry Al-Buchory meninggal dunia dalam kecelakaan tunggal di bilangan Pondok Indah, Jakarta. Kepergian Uje, sapaan akrabnya, diberitakan secara luas baik di media elektronik maupun televisi.
image

Meninggalnya Uje tentulah sudah merupakan ketentuan takdir yang tidak dapat dirubah lagi. Namun, penyebab meninggalnya Uje diduga karena helm yang dikenakannya terlepas yang mengakibatkan luka parah pada bagian wajah. Kejadian tersebut mengingatkan saya pada kecelakaan yang menimpa pembalap motogp Marco Simonchelli. Shimonchelli pun meregang nyawa karena trauma hebat di kepala dan punggungnya. Dani Pedrosa bahkan sudah mempunyai prediksi pasca kecelakaan Simonchelli, bahwa jika helm terlepas akan mustahil seseorang bisa selamat dari kecelakaan tersebut.

Motor yang digunakan Uje termasuk kategori motor besar. Motor Kawasaki dengan mesin 600 cc tersebut bisa dibilang sangat cepat karena bisa mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari satu menit.

Artinya bukan hanya bagian kepala saja yang harus dilindungi melainkan juga seluruh tubuh mulai dari ujung telapak tangan hingga ujung kaki. Alasannya adalah jika seorang pengendara motor terjatuh dari sebuah motor besar yang bisa mencapai kecepatan maksimal dalam beberapa detik saja dan mengalami tabrakan, otomatis langsung full body contact, semua langsung bersentuhan dengan badan karena tidak ada pelindung seperti halnya mobil.

Sangat disayangkan memang Uje tidak menutup helmnya dengan sempurna. Padahal kepala adalah hal yang sangat vital dan merupakan bagian yang paling fatal jika terkena benturan sekalipun. Bisa dilihat pada gambar pertama, Uje tengah mengenakan helm fullface dengan sempurna. Helm Nolan yang tengah digunakan Uje sebetulnya helm full face berstandar Internasional (DOT) namun bisa dibuka bagian depannya sehingga seperti helm semi full face.

Kebiasaan para pengguna motor sepertinya sejak dini harus dirubah. Pengguna motor wajib menggunakan helm full face ketimbang helm semi full face. Helm full face lebih direkomendasikan karena bisa melindungi seluruh bagian kepala hingga rahang dan wajah.

Ironisnya tidak sedikit pengendara moge terutama Harley Davidson yang hanya menggunakan helm yang tidak melindungi bagian wajah dan rahang. Alih-alih hanya menggunakan kacamata hitam dan masker saja. Belum lagi kelengkapan gear lainnya. Pengguna Motor HD lebih banyak yang berpakaian alakadarnya dengan kaus oblong khas Moge dan rompi kulit. Jarang sekali ada yang mengenakan gear lengkap seperti para blogger yang biasanya tengah menguji sepeda motor.

Perlindungan tersebut jelas sangat penting. Mulai dari sarung tangan, helm full face, pelindung siku dan lutut hingga sepatu khusus, bahkan ada yang sampai menggunakan baju khusus balap. Meskipun kerap di ejek seperti anak-anak yang baru belajar sepeda motor tapi perlindungan seperti itulah yang idealnya digunakan para pengemudi motor terlebih motor-motor yang memiliki cc besar.

image
Helm alm. Uje yang hilang bagian depannya dok.detik.com

Sudah saatnya kesadaran akan pentingnya keselamatan pengendara motor di tumbuhkan kembali agar kecelakaan fatal yang merenggut nyawa bisa diminimalisasi. Perlu upaya sosialisasi dan regulasi ketat agar tidak banyak korban yang meninggal karena jatuh dari si kuda besi.

Salam hangat

2 thoughts on “Helm Terlepas, Penyebab Meninggalnya Uje

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s