wpid-20130424_061143.jpg

Tanggali Lampu Sebelum dipasang


image
Sejak tahun 2011

Kebiasaan memberikan tanggal pada bola lampu terinspirasi dari seorang pagawai PLN. Beliau adalah orang tua dari salah satu murid privat saya. Awalnya saya berpikir untuk apa menanggali bola lampu? Oh ternyata kita bisa tahu sampai berapa lama daya tahan lampu tersebut.

Kemarin akhirnya saya harus mengganti bola lampu yang sudah dipasang sejak tanggal 19 Januari 2011. Artinya daya tahan bola lampu sebesar 8 watt tersebut bisa mencapai usia hingga 2 tahun lebih. Lampu asal Belanda itu memang sebuah jaminan kualitas. Memang meskipun harganya cukup mahal tapi sangat sebanding dengan durabilitasnya.

image

Meskipun pabrikan asal Belanda tapi ternyata lampu tersebut di rakit di China. Salah satu alasan ke apa China dipilih bisa jadi karena bayaran untuk para pekerja tidak lebih mahal dibandingkan jika harus di rakit di Belanda. Apalagi dengan pasar sebesar Indonesia tentu dibutuhkan jutaan lampu intuk menerangi seisinya.

image

13 tahun yll sebetulnya guru fisika saya memberikan sebuah pengalaman yang seharusnya di praktikkan. Beliau bilang bahwa bola lampu yang telah mati dan menghitam di bagian bawahnya bisa dihidupkan kembali. Caranya tentu perlu ketelitian dan ketelatenan. Sayang memang, teori tanpa praktik akhirnya hanya jadi angan dan imajinasi belaka.

Hingga akhirnya saya membuktikan sendiri bahwa apa yang dikatakan guru saya bukan omong kosong belaka. Kini banyak penjual bola lampu bekas di pinggir jalan dengan harga sangat miring. Bagaimana pun saya percaya bahwa mereka sudah memiliki ilmunya. Ilmu yang seharusnya kitapun bisa melakukannya. Bayangkan jika kita bisa menghidupkan kembali sebuah bola lampu yang telah mati. Rasanya seperti seorang sakti mandra guna yang bisa menjadikan bola lampu mati menjadi hidup kembali hahaha.

Apapun alasannya akhirnya saya mengganti bola lampu itu dengan bola lampu bekas yang dihidupkan kembali. Bola lampu bekas seharga 6000 rupiah itu berkekuatan sebesar 8 watt, cukup untuk penerangan sebuah kamar mandi. Tapi apakah bisa bertahan sampai 2 tahun juga? Hanya waktu yang bisa membuktikannya.

Salam hangat

7 thoughts on “Tanggali Lampu Sebelum dipasang

  1. Thanks tipsnya Mas.. mau coba dipraktekkan memberi tanggal ah..pengen tahu kekuatannya juga.
    Btw itu bola lampu bekas, hitam2nya menghilang dan bisa dipakai lagi gimana caranya ?

    1. Nah itu dia saya gak ngerti. klo yg digambar ini bola lampu yg baru saya ganti. Klo yg ini udh mati. Klo nanya caranya di hidupkan kembali itu juga yg jadi pertanyaan saya hehehe.

Leave a Reply

