wpid-IMG_1229.JPG

[Harmoni Indonesiaku – TokoOn.com] Patung, Saksi Bisu Sejarah Kemakmuran Indonesia


image
Anjungan Jawa tengah

Mengunjungi anjungan Jawa Tengah mengingatkan saya akan Magelang, Jawa Tengah. Di pesisir jalan terdapat pedagang kulekan dan berbagai macam seni patung. Patung saat ini merupakan sebuah karya seni yang juga merupakan warisan sejarah budaya Indonesia.

Sayangnya, patung-patung langka di Indonesia banyak diperjualbelikan di pedagang gelap hingga pasar internasional. Ini jelas merugikan bangsa kita. Maka tidak heran jika kekayaan alam dan kekayaan budaya Indonesia selama ini tidak dimanfaatkan dan tidak dirasakan oleh bangsa Indonesia sendiri.

image

Patung patung asli Indonesia memiliki ciri khas masing-masing sesuai sentuhan budaya dan daerahnya masing-masing. Patung pada zaman kerajaan Hindu Budha merupakan representasi dari Dewa Dewi sebagai sesembahan. Bahkan merupakan sebuah pertanda keberuntungan. Kini patung merupakan karya seni yang monumental dan banyak dijadikan landmark baik di negara berkembang maupun negara maju sekalipun.

Patung-patung asli Indonesia 7 kental dengan budaya dan warisan Indonesia. Di TMII banyak terdapat patung-patung yang mirip yang menunjukkan bahwa memang kerajaan Hindu Budha pada zaman dahulu itu memang benar adanya. Bahkan beberapa artefak yang ditemukan secara tidak sengaja oleh masyarakat bisa berpindah tangan dengan mudah hingga ke tangan kolektor Internasional.

Meskipun Indonesia akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar pada tahun 2030 apakah negara ini akan menjadi pemain utama? Belum tentu. Karena selama ini warisan dan kekayaan budaya malah tidak dijaga dan bahkan diperjual belikan. Tinggallah kita hanya memiliki replikanya belaka yang tidak memiliki nilai sejarah. Padahal nilai sejarah itulah yang penting dan memiliki makna untuk diajarkan dan diteruskan pada anak cucu kita kelak.

image

Warisan budaya Indonesia sangat banyak ragamnya. Tapi kita kadang lupa dan gagal untuk melestarikannya dan bahkan menjaganya. Sudah saatnya kita kembali kepada khittah kita masing-masing sebagai bangsa yang berbudaya dengan menjaga warisan bangsa agar kelak menguntungkan bangsa kita sendiri.

Patung-patung asli peninggalan kerajaan-kerajaan hendaknya diselamatkan dari tangan-tangan kolektor asing. Biarlah mereka yang ingin memilikinya membeli replikanya saja seperti yang disediakan di TokoOn.com
Banyak patung-patung yang bisa dijual ke luar negeri karena memiliki eksotisme budaya ciri khas Indonesia seperti patung penari Bali, Patung Hanoman, Patung Gajah Mada dan sebagainya.

image

Dengan demikian anak cucu kita memiliki warisannya kelak. Karena apa yang diwariskan oleh nenek moyang kita bukan untuk diperjual belikan bahkan untuk dihabiskan melainkan untuk diteruskan kepada penerusnya kelak demi eksistensi bangsa dan estafeta kepemimpinan Indonesia. Bangsa yang berhasil menjaga warisan budayanya adalah bangsa yang memilik martabat dan pasti akan dihormati dalam pergaulan Internasional.

Salam Hangat

4 thoughts on “[Harmoni Indonesiaku – TokoOn.com] Patung, Saksi Bisu Sejarah Kemakmuran Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s