wpid-20130412_163209.jpg

Kunjungan Sekolah Ehipassiko BSD ke @atamerica


image
Ucapan selamat datang

Sore tadi saya beserta para siswa mengunjungi pusat budaya Amerika @atamerica di Pacific Place, Jakarta. Ini adalah kunjungan yang pertama bagi anak-anak tapi yang kesekian kalinya bagi saya. Awal tahun 2013, saya baru saja menyelesaikan workshop yang diselenggarakan RELO @america selama tiga bulan lamanya.

Untuk kunjungan sekolah tentu saja ini adalah kunjungan pertama. Jadi saya tidak mengetahui kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan. Pastinya akan berbeda dengan workshop yang dulu pernah saya ikuti.

Seperti biasa saya menyiapkan anak-anak mulai dari kesiapan mental, kecakapan bertanya dalam Bahasa Inggris hingga menyiapkan performance untuk ditampilkan. Anak-anak yang diundang adalah kelas 7,8 SMP dan kelas 10 dari Sekolah Ehipassiko dan SMP 12 BSD.

Dalam bayangan saya setidaknya akan ada native speaker seperti ketika saya mengikuti workshop. Jadi, minimal anak-anak tidak kaget dengan kegiatan yang akan mereka ikuti.

Kami di jemput khusus oleh bus White Horse dari @america. Masing-masing sekolah menggunakan satu bus. Selain itu saya juga sudah membekali anak-anak situasi di @america. Didalam ruangan tidak diizinkan untuk membawa tas. Jadi hanya barang-barang yang bisa digenggam saja yang bisa masuk seperti dompet dan alat komunikasi.

@america menyediakan 100 iPad yang bisa digunakan didalam ruangan yang sudah dilengkapi dengan fasilitas wifi. Meskipun begitu ternyata masih ada juga anak-anak yang niat bawa iPad. Selain iPad ada juga semacam audio book yang berisi informasi dari ensiklopedi digital yang terpampang di papan layar LCD di seluruh bagian ruangan @america. Meskipun saya belun pernah mencobanya tapi audio book tersebut akan otomatis memutar informasi setelah kita berdiri dihadapan salah satu LCD yang terpampang. Menarik bukan?

image

@america menyediakan iPad sebagai perpustakaan digital. Jadi mereka memang mendorong siapapun untuk tidak terlalu banyak menggunakan kertas dan alat tulis. Semua bisa digantikan dengan koneksi internet atau notes yang tersedia dalam smartphone.

Ada banyak kegiatan yang diselenggarakan di @america selain workshop ada juga seminar, konser, talkshow, fashion, dan lain sebagainya. Weekend ini sepertinya akan ada kegiatan donor darah. Salah satu bintang tamunya adalah band Pee Wee Gaskin yang cukup dikenal dikalangan remaja.

Banyak orang terkenal baik dalam negeri dan luar negeri yang telah hadir di @america. Beberapa diantaranya adalah Dubes Indonesia di US Dino PatiJalal, Ilham Habibie (putera B.J.Habibie) bahkan hingga Ibu Maya Soetoro yang merupakan adik tiri dari presiden US Barrack Obama.

image
Bersama si Om Barrack

Saya jadi ingat almamater saya UIN Syarif Hidayatullah. Setelah peristiwa runtuhnya gedung kembar WTC, UIN memiliki American Corner. Bantuan pojok Amerika cukup membantu mahasiswa seperti saya yang sedang belajar Bahasa Inggris. Keberadaan Amcor ini banyak diduga untuk mengubah wajah Amerika dimata umat Islam.

Maka dibuatlah beberapa American Corner di beberapa Universitas. Salah satunya adalah di UIN Syahid. Saya paham bahwa orang berpikir bahwa US pasti memiliki motif dan misi tertentu dengan membangun American Corner dan @america. Tapi saya tidak mau berpikir terlalu jauh dan berspekulasi macam-macam. Yang saya tahu bagaimana tempat yang sudah ada itu bisa saya maksimalkan untuk menunjang akademik. Begitu juga keberadaan @america saya jadikan sebagai sumber dan tempat belajar baru bagi anak-anak.

Back to laptop hehehe….

Setibanya disana sudah ada petugas yang memberikan pengarahan mulai dari masuk Pacific Place hingga diantar kembali ke bus saat acara telah usai.

image
Siswa sedang mencoba Google Earth dengan layar yang lebar 180 derajat

Faktanya ternyata malah saya yang kaget dengan rangkaian acara yang telah saya ikuti. Kami dipandu oleh dua orang MC yang masih fresh graduate. Mereka tampaknya sudah sangat berpengalaman dan penampilannya memang enak dipandang.

Kegiatan dibagi beberapa sesi yaitu; perkenalan tentang apa itu @america, tanya jawab, performance dari siswa dan yang terakhir adalah quiz. Selama 120 menit kami merasakan acara memang begitu cepat karena dipandu oleh anak-anak muda yang kocak dan pintar menghidupkan suasana.

image
Guru Ehipassiko dan SMP 11 BSD

Pertanyaan salah satu murid saya “Sir, kok gak full English sih?” Saya ditanya demikian jadi agak sulit menjawab. “Iya nih biasanya sih full English” jawab saya sekenanya. Padahal anak-anak sudah saya kondisikan sedemikian rupa untuk lebih interaktif lagi dalam menggunakan Bahasa Inggris.

Pada akhir acara kemudian saya menanyakan kepada mas Ringgo yang merupakan salah satu MC. Mas Ringgo bilang bahwa sebetulnya mereka bisa full membawakan acara dalam Bahasa Inggris namun disampaikan di awal sebelum acara. Artinya ada permintaan sebelumnya di awal. “Takutnya kita udah full English anak-anak malah gak ngerti” jawab mas Ringgo singkat. “Woalah gitu toh” saya cuma bisa garuk-garuk kepala terus jedotin ke lantai sambil koprol hahahaha. “Yo wess mas next visiting aja kali yaa kita ulang lagi hehehe”.

image

Setelah acara kemudian kami pulang. Yang agak sulit memang letak restroom yang agak jauh dari lokasi @america. Selain itu musholla pun ada di lantai yang berbeda sehingga perlu effort lebih untuk mencapainya. Jika membawa anak-anak tentu harus ada pengaturan agar bisa bergantian ke restroom.

Overall, anak-anak sepertinya enjoy dan tidak mau pulang terlalu cepat. “Enak di kamu gak enak di saya dong” jawab saya. Hehehehe…

image

Oh ya, selain mendapatkan transportasi gratis dengan bus ternama White Horse, di akhir acara ternyata kami semua di bekali dengan sekotak makan berisi ayam goreng dan nasi Mcd dilengkapi dengan teh kotak sosro.

Kalau mau tau dan ingin melakukan kunjungan seperti sekolah kami cukup kirimkan email yang bisa di akses melalui website @america http://atamerica.or.id semua ditanggung free. Yah cukup siapkan saja tips untuk supir bus dan kernetnya.

Salam hangat

Leave a Reply

