wpid-C360_2013-01-06-17-57-26.jpg

Indikator Kerajinan


ulfiarahmi.wordpress.com
ulfiarahmi.wordpress.com

Liburan semester pertama baru saja berlalu. Nampaknya musim hujan pun membuat semangat belajar dan mengajar menjadi kendor. Apalagi jika hujan terjadi di pagi hari disaat akan berangkat sekolah. Rasanya kaki ini berat untuk dilangkahkan ke luar kamar sekalipun.

Di beberapa negeri tetangga konon indikator kerajinan seorang guru terlihat ketika awal masuk sekolah selepas liburan. Disitulah terlihat mana guru yang rajin dan sebaliknya. Penyakit pasca liburan memang bukan penyakit PNS semata. Hampir sama dan terjadi juga pada karyawan swasta. Tidak terlepas juga pada para siswa.

Begitu juga ketika masuk musim penghujan. Kedisiplinan seolah sudah lumrah kendor karena alasan hujan. Toh yang lain juga pasti telambat bukan? Begitulah alam bawah sadar kita melakukan pembenaran seolah apa yang kita lakukan sudah jamak dan lumrah jika terlambat masuk sekolah pada musim hujan.

Jadi buat apa masuk tepat waktu saat musim hujan? Lebih baik kemulan sebentar untuk merasakan nikmatnya, hangatnya selimut disaat orang lain rela hujan-hujanan, basah kuyup dan kedinginan hanya untuk mengejar waktu dan datang lebih awal. Toh tidak ada penghargaan bagi yang tepat waktu dan tidak ada hukuman bagi mereka yang terlambat.

Ini memang bicara rasa. Rasa malu. Malu jika datang terlambat. Malu jika harus izin pasca liburan. Malu kalau lagi-lagi beralasan. Malu sebagai guru tapi tidak memberikan teladan.

Ah biarlah, ngapain ngurusin orang lain. Urus saja diri sendiri. Toh belum tentu lebih benar dan lebih baik.

Salam pencinta hujan

7 thoughts on “Indikator Kerajinan

  1. Sejak ada whatsapp grup kantor.. jd ngandelin grup kalau hujan.. dngn pertanyaan “ada yg udah brangkat ? ” hihi.. kalo ada, malu deeh..yuk brangkat meskipun hujan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s