wpid-C360_2012-12-14-15-23-57.jpg

Jangan Lakukan Ini Ketika Gunakan Closet Duduk


image

Closet duduk bukan barang baru di Indonesia. Namun, ternyata masih banyak yang salah menggunakannya atau memang sengaja tidak menggunakannya sebagai mana mestinya dalam kondisi tertentu.

Menurut beberapa penelitian memang closet duduk lebih mudah menularkan kuman dibandingkan closet jongkok. Maka ada orang yang sengaja jongkok ketika menggunakan closet duduk demi menghindari terpapar kuman. Sebetulnya cara seperti itu memang tidak lazim.

Ada baiknya kita selalu membawa tissu sendiri jika bepergian terutama jika memang harus menggunakan toilet umum. Di rest area km. 57 Cikampek sudah tersedia layanan tissu khusus untuk menggunakan closet jongkok.

Hal ini perlu diapresiasi dan ditiru oleh layanan toilet umum lainnya. Terutama ditempat-tempat strategis seperti Airport, Terminal, Stasiun Kereta bahkan di Pelabuhan sekalipun. Kebersihan toilet sudah merupakan harga mati di tempat umum. Bahkan di Airport sekalipun kebersihan toilet bisa jadi merupakan ciri budaya bangsa. Kebersihan toilet bisa direpresentasikan budaya sebuah bangsa.

Jika toiletnya bersih tentu akan membawa harum bangsa ini, namun sebaliknya jika toiletnya kotor, nama bangsa juga kotor seperti kotornya toilet tersebut. Gerakan toilet bersih harus dimulai dari rumah kita sendiri.

Orang tua bertanggung jawab dalam toilet training kepada anak-anaknya sejak balita. Diharapkan kebiasaan bersih tersebut akan menjadi budaya yang baik. Masih banyak memang orang tua yang acuh tak acuh membiarkan anaknya kencing di pinggir jalan bahkan buang air besar. Tentu saja hal tersebut tidak mendidik dan menjadi pemandangan yang tidak sedap.

Sudah selayaknya kita bisa menjaga toilet dengan bersih. Setiap kali sehabis menggunakan toilet umum upayakan bersihkan seperti semula. Jangan lenggang kakung dan lepas tanggung jawab begitu saja.
Hal tersebut jelas perilaku yang tidak beradab karena membuat orang lain menjadi susah bahkan berpotensi membuat orang lain tidak jadi buang hajat. Ayo latih dan ajak orang disekitar kita agar sadar diri dan bersih-bersih terhadap toilet yang digunakan bersama.

Salam bersih

6 thoughts on “Jangan Lakukan Ini Ketika Gunakan Closet Duduk

  1. kuot: “Hal tersebut jelas perilaku yang tidak beradab karena membuat orang lain menjadi susah bahkan berpotensi membuat orang lain tidak jadi buang hajat.”

    haha yuk sama-sama biasakan tanggung jawab di toilet🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s