wpid-C360_2012-12-07-14-25-08.jpg

Inilah Acara Pengumuman Pemenang #lombablogkpk


image

Inilah kali pertama saya datang ke gedung kpk di Kuningan, Jakarta. Usai Jumatan (7/11) saya langsung meluncur ke kpk untuk memenuhi undangan karena saya termasuk dalam 150 peserta lomba blog kpk yang lolos seleksi. Awalnya saya tidak berminat datang, tapi teman saya bilang bahwa kesempatan ini tidak mungkin didapatkan blogger lain. Akhirnya saya jadi berubah pikiran dan menguatkan tekad untuk tetap datang ke kpk meski harus izin pulang kantor lebih awal.

image

Ketika datang terus terang saya salah pintu masuk. Untunglah bapak satpam menunjukkan pintu yang harus saya lewati. Setelah melalui pemeriksaan tanpa menyerahkan ktp saya diminta menunggu di sayap kiri gedung kpk. Disitu ternyata ada kantin jujur dan sebuah almari yang penuh dengan barang-barang gratifikasi yang telah disita oleh kpk. Tentu saja semua barang yang di pajang berharga dan memikat mata hehe.

image

Tak berapa lama akhirnya para blogger dipersilahkan masuk ke auditorium kpk. Auditoriumnya tergolong kecil dan sempit untuk ukuran kantor pemerintahan. Jadi saya sangat paham mengapa kpk mengajukan pembangunan gedung baru.

Setelah itu kami melakukan daftar ulang. Sambil antre saya ikut foto di booth yang sudah disediakan. Sepertinya saya yang pertama kali foto disitu karena yang lainnya masih banyak yang jaim.

image

Setelah itu kami semua duduk. Kpk memberikan goody bags dengan berbagai macam isinya yang tidak mengecewakan. Ada tumblr, tshirt, sticker, pin, gantungan kunci sampai dengan buku sosialisasi tentang antikorupsi.

Setelah itu sambil menunggu acara dimulia kami berfoto-foto dan saling berkenalan. Saya berkenalan dengan Galih, seorang mahasiswa dari Bekasi. Selain itu saya juga menunggu teman saya Intan, rekan blogger yang saya kenal di Kompasiana.

image

Akhirnya acara dibuka dan dimoderasi oleh @ndorokakung atau mas Wicaksono. Narasumbernya adalah bapak Johan Budi, jubir kpk. Thariq Hadad dari tempo dan mbak Nia dari CoinofChange.

Lebih lengkapnya sila simak live tweet saya dengan tagar #talkshow dan #lombablogkpk disitu lengkap sekali paparan para narasumber dan info-info hangat yang disampaikan pak Johan Budi terkait sekali dengan penangkapan status tersangkan Menpora dan respon terhadap isu-isu upaya pelemahan KPK.

image

Bahkan Johan Budi terlihat sedikit kesal ketika ada seorang ibu yang mempertanyakan biaya 36 M/kasus yang ditangani kpk. Semua dibantah dengan lugas oleh Johan Budi sampai2 ia menantang untuk fair-fairan dengan anggaran Kepolisian, Kejaksaan dalam hubungannya antara budget pertahun dengan target penyelesaian kasus korupsi. Kpk dianggap terlalu boros dan lamban dalam menyelesaikan kasus korupsi.

image

Tak jarang juga Johan Budi malah jadi bulan-bulanan Busyro Muqoddas dan @ndorokakung. Tapi yang disinggung malah lenggang kangkung. Johan Budi dianggap pimpinan kpk “sesungguhnya” karena lebih terkenal dan lebih lama mengabdibdi kpk dibandingkan lima pimpinan kpk yang lain.

Akhirnya setelah talkshow usai MC memberikan mini games. Alhamdulillah saya mendaptkan iPod shuffle karena berhasil menyebutkan nama lima pimpinan kpk.

image

Ternyata livetweet yang saya lakukan banyak dipantau oleh beberapa tweeps. Banyak juga yang menanyakan tentang pengumuman lomba blog kpk.

Akhirnya diumumkan juga pemenangnya. Rekan saya Intan berhasil menggondol juara harapan kedua dengan hadiah samsung galaxy tab dua. Sedangkan juara lainnya bisa lebih lengkap lihat di web http://lombablogkpk.tempo.co

image

Pak Bambang Widjayanto diberikan kesempatan untuk menyerahkan hadiah kepada para pemenang. Juara pertama diraih oleh seorang blogger asal Kalimantan.

Diakhir acara saya malah asyik berbincang banyak hal bersama rekan saya Intan. Banyak poin penting yang bisa saya petik dari pengalamannya menyusun tulisannya yang memenangi juara harapan kedua. Meski paling bontot Intan patut berbangga karena lomba blog kpk ini diikuti lebih dari 1000 peserta.

Lucunya sebelum pengumuman, saya malah sempat ditawari rekan saya untuk screening blog-blog yang turut serta dalam lomba blog kpk.

Ada kebanggaan tersendiri meski hanya masuk 150 besar dari ribuan peserta. Syukur alhamdulilah saya tidak pulang sia-sia karena bisa menjejakkan kaki di gedung kpk.

image

image
Parkir gratis lho!
image
Bahasa yang santun agar orang tidak pipis ditempat wudhu
image
Kpk malam hari

Malam itu memang banyak jurnalis yang berkumpul di lobby gedung kpk. Karena pada hari yang sama banyak orang mengira bahwa menpora (status tersangka) akan dijebloskan di hotel predeo kpk.

Johan Budi sempat curcol tentang celetukan diluar sana. Jendral sudah, Menteri sudah, terus Wapres kapan? Disambut gerrr para blogger.

Salam hangat @DzulfikarAlala

4 thoughts on “Inilah Acara Pengumuman Pemenang #lombablogkpk

  1. Baru sempat komen sekarang, setelah beberapa kali baca dan terlupa *maklum ingatan sudah mulai mengabur hahahaha* thanks a lot buat liputannya yang jadi postingan blog menarik ini, bang🙂 semangat terus ngeblog, taun depan pasti kamu menangin lebih banyak lagi lomba nulis… amiiinn🙂

    1. Hahaha iya intan. Gw hrs lbh banyak riset dulu nih. Gara2 terlalu pede krn pernah menang jd nyombong hahaha. Makasih juga sharenya.
      Stay foolish and stay hungry lah skrg mah🙂

Leave a Reply

