wpid-20121117_190345.jpg

Blogger Pasti Butuh Cloud Storage


image
Bersama blogger

Saat menghadiri Kompasianival 2012, 17 November lalu ada kejadian yang cukup unik. Berkat kecanggihan internet ternyata hidup lebih mudah. Apalagi internet sudah pasti banyak membantu dunia pendidikan.

Saat itu saya sedang asyik chit-chat bareng teman-teman lain. Kebetulan saya juga mengajak serta anak dan istri saya. Satu persatu booth di Kompasianival saya kunjungi.

Tiba-tiba ada telpon dari salah satu teman saya di Yogyakarta. Dia mendadak meminta beberapa data diri saya untuk keperluan sekolah, almamater kami. Wah tentu saja saya bingung karena saat itu saya tidak membawa laptop maupun flash disk. Niat ke Kompasianival memang cuma buat jalan-jalan. Jadi nggak kepikiran sama sekali buat bawa yang berat-berat.

Eh tapi saya inget kalau saya pernah membackup beberapa data diri. Lengkap mulai dari scan ktp, sim, ijazah, curriculum vitae sampai beberapa portofolio. Sebetulnya hal itu saya lakukan karena laptop saya pernah rusak dan saya harus memindahkan datanya ke tempat lain, salah satunya cloud storage.

Dan kebetulan sekali saat itu, disana sudah ada jaringan Indosat superwifi. Nah, akhirnya saya coba deh pakai fasilitas superwifi Indosat. Ternyata asyik loh. Setelah log in ke cloud lalu saya tentukan beberapa data yang dikirimkan. Tidak perlu menunggu lama karena prosesnya sangat cepat. Jadi gak bikin bete harus nunggu proses transfer file-file tersebut.

Nah, sejak saat itu saya membackup data-data saya di penyimpanan cloud. Supaya sewaktu-waktu saya butuh bisa saya ambil secara mudah hanya dengan menggunakan layanan internet. Jadi gak perlu ribet harus bawa-bawa laptop segala. Bawa hape atau smartphone aja sudah cukup. Karena semua data sudah tersedia di Cloud.

Salam hangat @DzulfikarAlala

7 thoughts on “Blogger Pasti Butuh Cloud Storage

    1. Cloud storage itu kayak google drive, dropbox, evernote, 4shared dll. Jd semua kita simpan di ‘awan’ yg bisa sewaktu-waktu di recall

Leave a Reply

