wpid-20121110_142407.jpg

Belajar Jurnalistik Bersama Berani Kids Academy


image

Tepatnya kemarin siang (10/11) Ehipassiko School dikunjungi oleh kakak-kakak dari koran BeraniKids. Siswa Ehipassiko memang berlangganan koran BeraniKids. BeraniKids adalah koran yang terbit secara mingguan. Siang itu siswa kelas 3 – 6 SD diberikan pelatihan sederhana tentang Majalah Dinding.

Sejauh ini majalah dinding yang sudah dibuat anak-anak Ehipassiko School dianggap cukup baik dan berpotensi lebih baik lagi. Begitu tutur kakak trainer dari BeraniKids. Dalam membuat mading, siswa harus menentukan judul madingnya.

Jika judulnya butterlfy maka setiap pernak-pernik tulisan bisa dikatikan dengan hal-hal yang berhubungan dengan butterrly. Misalnya ditambahkan gambar atau pola butterfly. Selain itu bisa juga ditambahkan dedaunan. Isi atau content majalah dinding bisa berupa gambar, puisi, cerita pendek, opini dan berita di lingkungan sekitar.

Tak menutup kemungkinan bisa juga isi wawancara bersama salah satu tokoh. Setiap tulisan dalam mading tidak boleh menggunakan tulisan yang sudah diketik di komputer kemudian di print out. Hal tersebut sangat tabu dan sebaiknya dihindari. Apalagi jika sumbernya hanya copy paste dari internet.
Tulisan sebaiknya ditulis tangan, selain menunjukkan kreatifitas juga menunjukkan bahwa ada nilai lain yang diajarkan dalam membuat majalah dinding yaitu kesungguhan dan kerja keras. Jika memang sumbernya pun dari internet, sebaiknya ditulis ulang dengan menggunakan tulisan tangan.

Tulisan di majalah dinding sebaiknya tidak terlalu banyak untuk setiap satu judul berita, opini atau feature. Karena majalah dinding hanya bisa dibaca oleh siswa lain pada sesi istirahat. Jadi cukup hanya tiga sampai empat paragraf saja.

Upayakan tulisannya dapat dibaca dari jarak 30 sentimeter. Tidak terlalu besar dan tidak juga terlalu kecil. Yang paling penting adalah siswa diharapkan membuat tulisannya sendiri tentang lingkungan sekitar dari pada mengambilnya dari internet. Kakak dari

BeraniKids juga bilang bahwa setiap majalah dinding ada baiknya memiliki satu tema sesuai dengan hari peringatan dalam setiap bulannya. Misalnya dalam memperingati hari Pahlawan. Maka isinya juga tentu bisa dibuat berkaitan dengan pahlawan. Jangan lupa cantumkan juga anggota redaksi, salam pengantar dari redaksi, tanggal terbit, dan bisa juga ditambahkan motto yang menarik dan unik.

Meskipun penjelasannya menarik tapi memang agak berat dicerna anak-anak terutama kelas 3 dan kelas 4. Ada kata-kata yang belum mereka pahami seperti tema, isi, dan lain sebagainya.

Setelah penjelasan dari kakak BeraniKids, kemudain semua siswa diminta membuat puisi, gambar, dan berita yang berkaitan dengan Open House Ehipassiko School. Nantinya beberapa karya mereka akan dipilih untuk ditampilkan diwebsite Berani Kids.

BeraniKids. Salam hangat dari @gurubimbel

https://dzulfikaralala.wordpress.com

Likes Fan Page Facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s