Tips Mengajarkan Simple Present


simple present

Jika ditanya tenses apa yang paling susah, rerata murid saya menjawab simple present. Simple present dalam tenses memang sedikit spesial dibandingkan tenses lainnya. Terutama ketika kalimat dalam simple present dengan menggunakan subjek orang ketiga tunggal (He, She, It). Jika merujuk pada model pembelajaran di Indonesia masih banyak guru yang gemar memberikan rumus tenses. Biasanya rumus tenses untuk simple present adalah Subject + V1 (s/es).

Penggunaan simple present untuk menyatakan fakta umum dan yang kedua biasanya digunakan untuk menceritakan kegiatan sehari-hari atau kegiatan yang dilakukan secara berulang kali. Meskipun bentuknya sederhana namun penggunaannya memang agak rumit terutama untuk subjek orang ketiga tunggal.

Fakta umum misalnya, The Sun rises in the east. Karena jika terbitnya di barat sudah pasti kiamat lah dunia ini hehehe. Sedangkan contoh yang paling sering sekali digunakan oleh para guru selama tiga zaman dari zaman orde lama hingga reformasi adalah I go to school, everyday. Meskipun tidak salah namun contoh tersebut menunjukkan tingkat kreatifitas seorang guru. Ibarat guru seni lukis pasti akan bosan jika muridnya disuruh menggambar dua buah gunung kemudian ditengah-tengahnya ada matahari dan dibawah gunung sudah berderet kotak-kotak yang membentuk sawah.

Di tingkat SMA sekalipun masih banyak yang gagal dalam mengidentifikasi kalimat dalam bentuk simple present. Padahal cara identifikasi kalimat dalam bentuk tenses bisa dilihat dari adverb of time atau adverb of frequency. Karena tenses sendiri memang sangat berkaitan dengan waktu.

Tips yang pertama tentu saja adalah dengan menjelaskan simple present sesederhana mungkin dengan penggunaan mind map seperti contoh diatas. Dengan menggunakan mind map di awal pembelajaran, otak kanan anak-anak diaktifkan terlebih dahulu untuk melihat gambar dan berbagai macam warna. Biarkan mereka menelaah terlebih dahulu mind mapsnya kemudian di bahas bersama-sama.

Untuk mengecek tingkat pemahaman tips yang kedua adalah berikan daftar pekerjaan dengan kalimat dalam bentuk simple present, lalu mintalah anak-anak untuk berkomunikasi dengan warga sekolah dalam Bahasa Inggirs untuk menanyakan kegiatan-kegiatan yang ada dan tertulis dalam daftar. Jadi mereka harus mencari orang-orang yang memiliki kegiatan seperti yang sudah ditulisakan dalam kalimat di daftar yang kita sediakan sebelumnya.

Misalnya berikut contoh beberapa kalimatnya;

  • work in the night
  • do not have cell phone
  • have brothers / a brother

Nah dari ketiga kalimat tersebut siswa diminta untuk mencari orang yang berkerja pada malam hari, orang yang tidak mempunyai handphone dan orang yang memiliki saudara laki-laki. Warga sekolah bisa dilibatkan dalam kegiatan ini. Seperti satpam sekolah, penjaga kantin, tukang kebun bahkan guru bidang studi lain. Tentu saja siswa harus meminta informasi dari informan yang ditanya dengan menggunakan bahasa Inggris.

  • Do you work in the night? Yes, I do / No, I don’t
  • Do you have a cell phone? Yes, I do / No, I don’t
  • Do you have brothers? Yes, I do / No, I don’t

Kemudian setelah mereka mendapatkan semua informasi tersebut masing-masing siswa bisa saling bertukar informasi tentang orang lain.

  • Does he work in the night? Yes, He does. He works in the night
  • Does she have a cell phone? No, he doesn’t. He doesn’t have any cell phone,
  • Does he have brothers? Yes, he does. He has brothers.

Dengan cara seperti ini ternyata menjadikan anak-anak tertarik untuk lebih memahami simple present. Terlebih bukan hanya siswa yang belajar Bahasa Inggris tapi warga sekolah pun terpaksa harus menjawab dengan Bahasa Inggris.

Salam hangat dari @gurubimbel

https://dzulfikaralala.wordpress.com

Sumber gambar: tt-group.net

Sumber bacaan: Cambridge Interchange

Tips Mengajarkan Simple Present

5 thoughts on “Tips Mengajarkan Simple Present

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s