Contoh Pengorbanan Hakiki dari Keluarga Pemulung


image

Apa yang dilakukan oleh ibu ini sungguh membuat kita harus menunduk malu. Meskipun berprofesi sebagai pemulung, namun kesungguhannya untuk berkurban tak ada yang bisa menghalanginya. Meskipun harus menabung selama tiga tahun lamanya akhirnya keluarga pemulung ini berhasil berkurban dua ekor kambing.

Ibu Yati dan suaminya sempat jadi bahan olok-olok rekan seprofesinya yang lain. Tapi hal tersebut tidak menyurutkan niatnya untuk berkurban tiga tahun lalu. Ibu Yati dan suaminya menyisihkan uang sehari-hari yang mereka dapatkan. Mereka sisihkan pendapatan mereka dari penghasilan sebesar dua puluh lima ribu rupiah perhari.


Setelah uang tabungan terkumpul mereka membeli dua ekor kambing. Yang besar seharga dua juta dan yang kecil seharga satu juta.

Mungkin bukan dari besar kecilnya kita menilai kesungguhan keluarga pemulung ini. Tapi usaha yang mereka lakukan selama hampir tiga tahun. Ini benar-benar wujud pengorbanan yang nyata dari seorang keluarga pemulung.

Mereka ternyata malu jika setiap tahun harus mengantri daging kurban. Hingga akhirnya mereka tergerak untuk berkurban meski harus menunggu hingga uangnya cukup.

Mungkin masih banyak diantara kita yang rela berkorban untuk membeli sebuah gadget sampai dibela-belain kredit. Tapi apakah ada sosok yang seperti ibu Yati ini? Dia rela berkurban dalam arti yang sesungguhnya. Mengorbankan apa yang dia cintai dari penghasilannya memulung yang mungkin tidak seberapa besarnya.

Semoga semakin banyak yang tergerak dan merasa malu jika harus selalu menjadi penerima daging qurban.

Allohu akbar allohu akbar

Salam hangat

Dipublish juga di Kompasiana

4 thoughts on “Contoh Pengorbanan Hakiki dari Keluarga Pemulung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s