Sering Hadir, Pelajar Australia Akan Diganjar iPod.


Apa yang dilakukan oleh pemerintah Australia ini benar-benar unik. Mereka memberikan iming-iming hadiah bagi pelajar yang rajin sekolah.

Menurut beberapa survey di Australia banyak pelajar yang bolos sekolah karena alasan-alasan sepele seperti nonton teve hingga larut malam, kelelahan karena malamnya berbelanja dan alasan-alasan lain yang tidak masuk akal. Orang tua dianggap sebagai kambing hitam karena tidak memberikan teladan dan kurang mendukung anak-anaknya untuk bersekolah.
Kerena betapa pentingnya pendidikan, pemerintah Australia merasa perlu turun tangan dengan memberikan hadiah bagi para pelajar agar rajin bersekolah. Mulai dari iPod hingga voucher makan siang.

Kondisi demikian benar-benar ironis setelah seorang remaja putri asal Pakistan yang ingin tetap bersekolah meskipun harus beralaskan lantai tanpa kursi dan meja. Sayangnya gadis kecil bernama Malala Yosafzai harus tertembus peluru tepat bersarang di kepalanya.

I don’t mind if I have to sit on the floor at school. All I want is Education. I am afraid of no one.

Begitulah potret pendidikan dibelahan dunia. Kesenjangan pendidikan masih sangat jauh dan kedua hal tersebut bisa kita temukan di Indonesia yang kita cintai ini.

Pelajar dari keluarga berkecukupan ada kecenderungan bermalas-malasan. Sedangkan sebaliknya pelajar dari keluarga tidak mampu memiliki motivasi tinggi untuk sekolah namun banyak hal yang menghambat mereka untuk mendapatkan.

Lalu dimana peran guru?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s