Learning English Through Pinterest


Pinterest adalah social media yang lebih banyak menyediakan gambar. Gambar-gambar tersebut biasanya di ambil kemudian kita tandai. Itulah mengapa social media ini dinamakan Pinterest.

Meskipun saya kurang aktif mengikuti perkembangan social media pinterest namun sesekali saya masih menggunakannya terutama mencari berita dalam bentuk infografis. Infografis sangat mudah dipahami dengan bentuk grafik dan gambar. Nah, disinilah peran pinterest menyediakan infografik yang beragam tentang hal-hal yang kita ingin ketahui.

Misalnya saya mengajar di bidang Bahasa Inggris. Kemudian saya ketik kata kuncinya berupa "Learn English" atau "Teach English" hanya menunggu beberapa detik saja semua informasi tentang tags tersebut langsung muncul seperti gambar yang saya contohkan.

Nah, pinteresest ini memanjakan pembelajar tipe visual. Karena semua berhubungan dengan gambar dan video. 

Kategori yang paling banyak menarik minat adalah mode. Karena awalnya Pinterest memang dikenal dan digandrungi oleh kaum hawa teruatam yang mengikuti perkembangan mode dunia. 

Di social media seperti pinterest kita bisa berkomentar tentang gambar yang kita lihat dan memberikan vote likes.

Khususnya Bahasa Inggris saya hanya menggunakan kata kunci dengan hal-hal yang berhubungan dengan Bahasa Inggris. Misalnya info grafis dibawah ini:

Source: bitrebels.com via Lu on Pinterest

 

 

 

Lihat betapa mudahnya mendapatkan informasi dari sebuah gambar. Hanya dengan mengetik kata kunci yang kita inginkan kemudian ada jutaan gambar yang bisa kita manfaatkan sebagai media belajar dan informasi penting. Pinterest bisa lebih bermanfaat bila kita bisa memanfaatkannya dengan baik dan benar.

Namun, dibalik manfaat tersebut memang tersimpan sesuatu yang membahayakan. Jika social media seperti ini di manfaatkan untuk hal-hal yang tidak baik justru akan menjadi tidak bermanfaat. Kita tahu semua bahwa untuk mengakses pornografi  melalui social media sangatlah mudah. Maka sebagai pendidik kita harus bijaksana membimbing anak didik kita agar mampu memanfaatkan social media untuk sesuatu hal yang bermanfaat dan bukan malah sebaliknya.

Apakah anda sudah menjadi member Pinterest?

Silahkan add saya http://pinterest.com/gurubimbel

Http://gurubimbel.tumblr.com

@gurubimbel

Learning English Through Pinterest

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s