Duh, Orang Tua Murid Ditipu Penelepon Gadungan!


Kejadian ini terjadi pada salah satu orang tua murid saya yang masih duduk di bangku SMP. Ceritanya suatu pagi katakanlah Ibu Susi mendapatkan telpon gelap yang menyatakan bahwa anaknya sedang berada di rumah sakit dalam kondisi kritis dan membutuhkan biaya jutaan rupiah untuk memulai operasi tempurung kepalanya.

Mendengar berita seperti itu Ibu Susi langsung panik. Tapi sebetulnya Ibu Sussi sempat tiga kali menghubungi telpon sekolah sebelum melakukan transfer. Sayangnya telpon sekolah selalu sibuk ketika dihubungi Ibu Susi. Sebetulnya Ibu Susi mengetahui beberapa nomor hape karyawan staff administrasi Sekolah. Namun karena dalam kondisi panik mungkin ibu Susi tidak berpikir sampai kesitu.

Akhirnya Ibu Susi mentransfer uang sejumlah 12 juta rupiah pada rekening yang telah di sebutkan oleh penelepon gelap tersebut. Penelepon gelap tersebut sebetulnya meyakinkan sekali. Karena memperkenalkan nama palsunya dengan nama Miss Eni. Padahal di Sekolah saya tidak ada guru ataupun karyawan yang bernama Miss Eni.

Untunglah ketika Ibu Susi akan mentransfer uang tahap kedua, suaminya berhasil menghubungi telpon sekolah dan menanyakan perihal kondisi anaknya. Pihak administrasi sekolah menyatakan cukup kaget juga dengan kejadian tersebut, karena siswa yang bersangkutan dalam kondisi baik-baik dan baru saja memang datang ke kantor administrasi.

Akhirnya orang tua siswa kami baru tersadar telah menjadi korban peniupan. Kejadin ini sudah berulang kali terjadi di semua sekolah. Tidak tertutup kemungkinan di sekolah negeri ataupun sekolah swasta.

Bila ada kejadian seperti ini yang perlu dilakukan orang tua adalah:

  1. Jangan PANIK!!!
  2. Usahakan berpikir rasional dan tidak menunjukkan kekagetan terlebih dahulu, karena biasanya penelpon akan membaca dari suara korban.
  3. Pastikan yang menelpon adalah pihak sekolah yang sudah dikenal. Jika belum dikenal mintalah untuk dihubungkan dengan wali kelas atau kepala sekolahnya.
  4. Cek dan simpan nomor-nomor penting sekolah, karena biasanya sekolah memiliki tidak hanya satu sambungan telpon. Catat pula nomor hape wali kelas, guru atau kepala sekolah.
  5. Pastikan kembali dengan menelpon ke nomor telpon sekolah tentang kejadian yang disebutkan.
  6. Buatlah pertanyaan-pertanyaan jebakan pada si penelpon gelap. Misalnya siapa nama wali kelas anaknya, nama kepala sekolah anaknya, alamat sekolahnya berada dimana. Pastikan sejelas-jelasnya bahwa memang yang menelpon tersebut benar-benar mengetahui semua informasi yang ditanyakan.
  7. Mintalah pendampingan orang lain di rumah atau hubungi orang lain sebelum memutuskan untuk mentransfer sejumlah uang apalagi diatas satu juta rupiah.
  8. Informasikan pada anak cara-cara berkomunikasi khusus hanya keluarga saja yang mengetahuinya misalnya dengan menggunakan sandi alfa dijawab beta agar anak pun bisa meyakinkan bahwa itu adalah dirinya, anggota keluarga sebenarnya jika harus berkomunikasi melalui telpon.

Sekolah harus selalu mensosialisasikan terhadap hal-hal seperti ini. Semua harus dilakukan satu atap. Misalnya orang tua hanya diizinkan untuk menghubungi sekolah, wali kelas dan kepala sekolah saja jika da terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Sebarkan juga kepada tetangga, saudara, kerabat dan keluarga tentang penipuan seperti ini yang ternyata masih kerap kali digunakan untuk mengeruk keuntungan secara jahat.

Jika sudah menjadi korban segera lakukan langkah-langkah nyata misalnya menelpon customer service bank yang dituju. Langsung laporkan juga pada kepolisian agar bisa ditindak lanjuti. Besar atau kecil harus dilaporkan pada kepolisian agar tidak terjadi kejadian serupa dan sebagai bahan evaluasi kepolisian untuk ikut serta melakukan tindakan-tindakan preventif.

Salam Hangat

http://gurubimbel.tumblr.com

@gurubimbel

Duh, Orang Tua Murid Ditipu Penelepon Gadungan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s