Edmodo, Sosial Media Yang Ramah Anak


Sudah sejak lama saya mengetahui social media bernama Edmodo.com dari pak Agus Sampurno. Hanya saja saat itu saya masih mengajar di bimbingan belajar sehingga belum bisa seratus persen mensosialisasikan. Setelah saya mengajar di sekolah barulah saya memiliki keleluasaan dalam mengenalkan social media yang ramah anak ini. Edmodo adalah social media yang memang ditujukan untuk tujuan pendidikan.

Social media seperti facebook dan twitter rawan sekali terjadi cyberbullying. Bahkan tidak sedikit guru yang terjebak dengan status siswanya atau tweet siswanya yang memojokkan. Sehingga meresponnya secara reaktif terhadap status siswanya tersebut. Tidak menutup kemungkinan disinilah muncul bibit-bibit keretakan hubungan antara guru dan siswa.

Dengan edmodo ada beberapa hal yang dapat dilakukan soerang guru. Pertama, guru dapat membangun komunitas kelasnya. Baik tiap kelas yang diajar maupun secara keseluruhan. Dan yang paling penting adalah edmodo dapat dijadikan media sehingga siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Mereka bisa saling berbagi link menarik, bacaan menarik dan beberapa materi yang memang dapat disampaikan secara online oleh guru.

Edmodo saat ini mencatat ada 11 juta guru dan siswa yang tergabung didalamnya yang berasal dari seluruh dunia. Tidak menutup kemungkinan guru juga bisa membangun komunitas sesama bidang studi dan antar bidang studi dari lintas kota, provinsi bahkan lintas negara.

Jika sekolah tersebut memang sudah berbasis ICT tentu saja akan membantu sang guru ketika guru tersebut berhalangan mengajar. Komunikasi penugasan bisa dilakukan melalui Edmodo dan guru yang berhalangan tidak perlu mengandalkan lagi guru piket. Begitu juga sebaliknya, guru piket menjadi lebih ringan tugasnya.

Nah, apakah Bapak dan Ibu guru sudah mencoba social media Edmodo?

@gurubimbel

http://gurubimbel.tumblr.com

Edmodo, Sosial Media Yang Ramah Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s