Aplikasi Pendidikan Dalam Google Chrome Browser


Google chrome adalah browser yang selalu saya gunakan. Ada kelebihan lain ketika saya menggunakan browser ini. Salah satunya adalah fasilitas aplikasi online yang disediakan secara gratis dan bisa di unduh dari chrome web store.

Aplikasi-aplikasi yang dapat diunduh atau tepatnya di sematkan sebagai adds on sangat mudah di unduh dan beragam. Mulai dari aplikasi hiburan sampai dengan yang kaitannya dengan pendidikan.

Tak heran jika saya lebih memilih google chrome sebagai browser yang paling sering saya gunakan selain Safari dan Firefox. Kelebihan Google Chrome inilah yang saya gunakan sebagai nilai plus dibandingkan dengan browser lainnya.

Cara untuk mencari aplikasi pendidikan di web crome store pun sangat mudah. Karena aplikasi sudah di klasifikasikan berdasarkan peruntukannya. Seperti dalam gambar aplikasi pendidikan tersedia Academic Resource hingga untuk Teacher and Admin Tools.

Aplikasi lain dapat di cari dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan. Misalnya dengan kata kunci "teacher" maka muncullah beberapa aplikasi yang berkaitan dengan kata kunci "teacher" tadi.

Maka tidak perlu heran jika browser google chrome saya sudah penuh dengan deretan beragam aplikasi mulai dari yang berkaitan dengan pendidikan sampai dengan yang bersifat hiburan seperti twitter, aplikasi fotografi dan sebagainya.

Nah, untuk pembelajaran anak-anak saya mendapatkan aplikasi sederhana berbentuk flash game tentang pembelajaran matematika. Memang kelemahannya aplikasi ini semua harus diakses secara online. Sehingga tidak bisa di akses atau dijalankan dalam kondisi offline. Sebabnya karena semua aplikasi terhubung dengan beberapa web yang berbeda-beda.

Mat Lab ini adalah game matematika sederhana di peruntukkan untuk anak-anak yang baru belajar matematika. Perhitungan penambahan dengan menggunakan alat bantu gambar di munculkan dalam layar. Seperti gambar diatas terdapat sebuah soal kemudian disediakan tiga jawaban dibawahnya.

Siswa hanya tinggal klik jawabannya. Panduan jawaban di berikan dengan menunjukkan jumlah benda (gambar bintang) sesuai dengan jawaban yang tepat. Jadi siswa belajar dengan menghitung jumlah bintang untuk mengetahui jawabannya. Sederhana bukan?

Memang aplikasi ini di buat dengan bahasa pengantar Bahasa Inggris. Namun, sangat mudah dipahami.

Setelah mengerjakan sepuluh soal diberikan lembar evaluasi. Lembar evaluasi menununjukkan waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan masing-masing soal. Jika salah akan ada tanda berapa kali percobaan yang telah dilakukan untuk menjawab soal.

Karena berbentuk game, semua di sediakan dalam berbagai level. Contoh yang saya kerjakan hanya saya tampilkan pengerjaan level satu dan level dua. Seperti gambar diatas, ada dua jenis benda yang ditampilkan yaitu bintang dan apel.

Nah, masih banyak lagi aplikasi sederhana yang bisa bapak/ibu dapatkan di web chrome store. Syaratnya hanya satu, bapak/ibu harus mengunduh browser google chrome. Lagi pula semua aplikasi yang disediakan bisa diakses melaui google chrome saja.

Semoga bermanfaat🙂

 

Aplikasi Pendidikan Dalam Google Chrome Browser

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s