Cara Mudah Install Aplikasi - Game di HP Android

Memaksimalkan Aplikasi Android Dalam Kegiatan Belajar Mengajar


Android adalah salah satu sistem operasi yang sedang booming. Android sudah disematkan ke dalam berbagai jenis device. Mulai dari sebuah smartphone sampai dengan tablet. Android sangat menguntungkan karena banyak sekali pengembang aplikasi yang memberikan secara cuma-cuma aplikasinya kepada para user. Aplikasi tersebut dapat di unduh dengan mudah dengan mengunjungi Google Play. Dulu toko online ini dikenal dengan Android Market.

Melihat perkembangan tersebut kemudian saya mencoba membeli sebuah tablet untuk menunjukkan ketangguhan Android. Ternyata banyak sekali aplikasi pendidikan dan pembelajaran yang dapat di unduh secara gratis. Apalagi seorang user atau pengguna Android pun bisa belajar menjadi seorang pengembang atau developer.

Salah satu aplikasi yang saya gunakan dalam membantu saya ketika mengajar adalah Practice English Grammar (PEG). Aplikasi ini adalah aplikasi yang membantu siswa untuk belajar Bahasa Inggris. Aplikasi ini dapat di gunakan oleh siswa maupun orang lain secara umum terutama bagi mereka yang baru belajar Bahasa Inggris. Dengan aplikasi ini praktis seseorang dapat belajar dimana saja.

Aplikasi ini menyediakan beberapa latihan tergantung dengan materi yang dibahas. Misalnya ada materi tenses, tobe, noun, posessive dan lain sebagainya. Materi-materi yang disediakan terus menerus di update sesuai dengan keinginan pengembangnya sebagai pemilik aplikasi ini. Jika ada update terbaru, google play secara otomatis akan memberikan notifikasi atau pemberitahuan. Dengan demikian kita tidak perlu khawatir ketinggalan perkembangannya.

Keunggulannya adalah aplikasi ini sudah disediakan konsep dasar atau teorinya. Artinya jika memang kita lupa atau belum mengetahui soal yang akan di kerjakan terdapat meteri ringkas yang bisa di lihat dan dipelajari. Seluruh kegiatan dengan menggunakan aplikasi ini bisa dilakukan secara offline. Artinya tidak memerlukan koneksi internet. Kecuali jika melakukan update tentu saja membutuhkan koneksi internet. Bahkan beberapa paket materi memang harus di unduh.

Aplikasi ini sangat membantu sekali ketika saya harus mengulang sebuah materi yang sebetulnya sudah pernah saya ajarkan dikelas. Sehingga ketika ada siswa yang menanyakan hal yang serupa saya tidak perlu repot-repot lagi mencatat teorinya. Karena teorinya bisa saya tunjukkan secara langsung pada murid saya. Setelah itu saya mempersilahkan murid saya untuk mengerjakan latihan-latihannya untuk mengukur pemahamannya dalam menyerap materi. Hasilnya bisa langsung di cek secara otomatis. Apalagi hasil tersebut disajikan dalam sebuah tabel statistik. Cukup interaktif bukan?

Sayanngnya memang tidak semua jawaban dalam aplikasi ini benar. Ada beberapa kesalahan dalam isi atau kunci jawaban. Sehingga disinilah peran guru untuk meluruskan. Saya berkeyakinan bahwa pengembang yang membuat aplikasi ini bukanlah seorang yang mengajar Bahasa Inggris atau tidak memiliki latar belakang sebagai pengajar Bahasa Inggris. Karena teori yang di tampilkan memang di kutip juga dari beberapa website di internet. Mereka bahkan memberikan sumber kutipan. Sehingga bisa kita telusuri teori-teori dasar yang digunakan dalam aplikasi ini.

Terus terang aplikasi ini sangat sederhana dan sangat mudah dioperasikan. Kendalanya adalah aplikasi ini baru bisa dinikmati secara personal. Sehingga jika ingin di presentasi kan di sebuah kelas, kita memerlukan sebuah konektor yang menghubungkan dengan sebuah proyektor. Dengan demikian semua siswa dalam kelas bisa belajar bersama-sama dengan menggunakan aplikasi ini.

Secara keseluruhan aplikasi ini sangat cocok bagi siswa dan guru. Dengan aplikasi ini belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Guru juga dapat terinspirasi untuk menjadi pengembang aplikasi android terutama untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan di kelas sebagai media belajar. Masih banyak aplikasi pembelajaran dalam sistem Android yang akan saya jelaskan di sini. Semoga bisa bermanfaat.

Artikel ini dikut sertakan dalam lomba penulisan artikel Guraru. Info bisa di lihat disini.

Semua gambar adalah dokumen pribadi.

Memaksimalkan Aplikasi Android Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

9 thoughts on “Memaksimalkan Aplikasi Android Dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s