5 cara memilih ikan segar


Pagi ini kebetulan saya menyimak acara semangat pagi di trans tv. Nah saat menonton acara tersebut ada tips yang dibagikan bagaimana caranya memilih ikan dan udang yang masih fresh.

Yang pertama adalah lihat mata ikannya. Ciri ikan yang masih segar adalah matanya masih cembung dan berwarna bening. Yang kedua sisiknya masih kuat dan tidak mudah dicabut dari kulitnya. Ketiga adalah insangnya masih berlendir. Jadi pastikan dengan merogoh kedalam insang ikan yang akan kita pilih. Keempat adalah dagingnya masih elastis, jika di tekan akan kembali ke sepeti semula. Dan yang terakhir adalah jangan tertipi dengan warna ikan, karena warna ikan bisa dikelabui dengan memberikan pewarna. Nah ibu-ibu pastikan memeriksa ikan dengan teliti agar hidangan yang dihidangkan untuk keluarga benar-benar yang terbaik.

Jika ikan tidak langsung diolah sebaiknya disimpan di freezer maksimal selama 3 hari kerja, lho! Hehe ya pokoknya jangan lebih dari 3 hari. Tekstur ikan dan dagingnya akan berkurang kualitasnya.

Yang terakhir adalah cara memilih udang. Yang pertama di punuk udang ada bulatan berwarna hitam. Jika sudah berubah menjadi orange atau merah artinya udang sudah tidak segar. Lalu sisiknya berwarna hitam. Jika sisiknya sudah berwarna merah atau oranye artinya udah tersebut bisa saja sisa kemarin.

Nah itulah tips memilih ikan dan udang segar. Silahkan memberikan komentar atau bisa sapa saya di twitter @gurubimbel

Pamulang, 8 Maret 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s