Air Tajin dan Susu Formula.


Dua hari setelah melahirkan ternyata air susu ibunya belum juga lancar. Padahal menurut perawat dan bidan yang merawat air susunya sudah mulai banyak. Terpaksa dedenya di beri susu formula sementara asinya belum lancar.

Tapi sejak mbah kakung dan mbah puterinya dari Bandung datang susu formulanya di stop. Akhirnya pilihannya antara air tajin, air perasan kacang hijau dan air putih yang dicampur madu secukupnya.

Kadang bagi pasangan muda memandang air tajin sebagai suatu hal yang kuno. Tapi dilihat dari efeknya pemberian susu formula memang kurang baik. Bayi yang menyusu asi memang harus dipaksakan untuk merangsang agar asi bisa keluar dengan lancar. Tapi bayi yang kurang sabar malah menangis karena sudah pernah dengan mudah mendapatkan susu tanpa susah payah (susu formula).

Ada sebuah sumber yang pernah saya baca, bayi yang menyusu bukan hanya sekedar menyusu, tetapi disaat menyusu pada ibunya ia belajar mengenal wajah ibunya, ia belajar membaui ibunya, iya belajar mengenal kembali suara ibunya yang pernah ia dengar semenjak dalam rahim. Kedekatan inilah yang perlu dibangun sejak dini agar bayi lebih dekat dan bisa diarahkan oleh kedua orang tuanya kelak.

Pemberian susu formula jelas sangat instan. Cukup merebus botol susu kemudian menuangkan air kedalam botol dicampur dengan susu formula dan sesegera itu bisa diberikan pada sang bayi. Memang mudah tapi kedekatan antara ibu dan bayi tidak dapat tercipta. Bayi mulai belajar menerima/mendapatkan sesuatu dengan mudah jika terbiasa diberikan susu formula.

Asi eklusif diberikan rata-rata selama dua tahun. Semoga saja ibunya tetap sabar menyusui sang bayi dan bayinyapun tetap sabar berusaha untuk terus menyusu pada ibunya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s