Legalisir Ijazah Ribet


Legalisir Ijazah untuk digunakan di luar nagreg emang ribet. Hal yang pertama harus di lakukan adalah menerjemahkan ijazah tersebut ke dalam bahasa inggris. Bukan sembarang terjemah, harus menggunakan jasa penerjemah tersumpah. Satu dokumen biasanya di hitung 80-100rb dengan ukuran spasi dua. Klo satu spasi tentu lebih mahal lagi.
Beres terjemah tersumpah dokumen tersebut harus di legalisir oleh departemen kehakiman kemudian baru bisa dilegalisir departemen luar negeri. Rata-rata dokumen tersebut bisa selesai dalam waktu tiga hari kerja.
Sebetulnya sebulan bisa beres tapi yang bikin lambat adalah beberapa persyaratan yang harus dilengkapi seperti ktp, materai, copy ijazah yg telah dilegalisir, surat kuasa jika itu diwakilkan dsb.
Well tidak ada yang simple di negeri ini. Selain biaya habis untuk menunggu, pikiran dan tenaga tentunya terkuras dengan segala macam birokrasi yang melelahkan.
Akhirnya semua itu bisa saya selesaikan.
Tak usah ditanya jika di Singapura membuat sebuah perusahaan cukup hanya sehari saja tak heran jika di negeri kita perlu makan waktu berbulan bahkan bertahun lamanya belum ditambah dengan uang pelicin.
Sent from BlackBerry® on 3

One thought on “Legalisir Ijazah Ribet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s